Tahun/Bulan/Tanggal Lahir Mungkinkah Bisa Lupa?

Saya juga tidak tahu, tulisan ini ungkapan kemarahan, kesedihan, atau keprihatinan? Tapi yang jelas, saat menulis ini saya hanya bisa ketawa – ketawa sendiri saking tidak tahu lagi harus bagaimana respon menghadapi mahasiswa – mahasiswa dari papua ini. Bagi yang ingin tahu tentang latarbelakang mahasiswa itu bisa baca tulisan saya yang berjudul [STKIP SURYA] Mereka Unik. Kebetulan saya membantu mereka dalam perkuliahan pengenalan komputer. Dan sekedar informasi kebanyakan dari mereka adalah mahasiswa yang tidak pernah mengenal komputer sebelumnya. Belum pernah pegang keyboard, belum tahu apa itu mouse, apalagi facebook. (itu adalah istilah asing bagi mereka)

Oke, disemester awal mereka masuk perkuliahan kami bisa paham dan mengerti dengan kebingungan mereka pada komputer. Dalam satu kelas pengenalan komputer yang terdiri dari 30 anak, di handle oleh 1 dosen dan 3 tutor itu masih sangat painful. Jangan pernah bandingkan/samakan mengajar mereka seperti mengajar siswa SMA di kota yang sudah sangat familiar dengan komputer/IT. Sangat berbeda, karena kami mengajarkan semuanya dari dasar, dari bagaimana menggunakan keyboard, dari bagaimana klik kiri dan kanan, dari seperti apa itu block tulisan dan hal – hal sepele lainnya yang terkadang bagi kita tidak perlu untuk dipelajari lagi. Tapi ternyata, hal – hal kecil itu yang sering mengganggu perkuliahan jika tidak detail dijelaskan ke mereka.

Baik, sore ini apa yang membuat saya tertawa – tawa miris sendiri? Ini tentang moodle, sebuah media pembelajaran seperti E-learning yang digunakan untuk membantu perkuliahan di STKIP Surya. Dari pertengahan semester 1, mereka sudah dibiasakan belajar menggunakan media ini. Untuk masuk Moodle, masing – masing mahasiswa harus memasukkan username dan password. Agar mereka tidak lupa, semua tim IT Support kampus sudah men-set username dan password seragam untuk semua mahasiswa. Username pakai NIM mereka dan Password menggunakan Tahun/bulan/tanggal lahir mereka. Bagi kita itu gampang bukan? Hanya menghafalkan NIM dan tahun/bulan/tanggal lahir pasti secara otomatis sudah hafal. Bagi mereka?, tidak segampang itu ternyata. Butuh perjuangan yang cukup panjang dan sanggup mempermainkan emosi kami jika sudah dihadapkan pada kasus yang satu ini.

Semester satu sudah lewat, moodle pun sudah tiap minggu digunakan dalam proses pembelajaran, dalam ujian, dan dalam mengerjakan tugas. Jika intensitas penggunaan moodle sudah sangat sering digunakan, seharusnya mereka tidak pernah lupa lagi dengan hal utama yang akan dimasukkan di awal masuk moodle bukan? Ya, maksud saya mereka seharusnya sudah sangat hafal memasukkan NIM dan Tahun/bulan/tanggal lahir mereka pada username dan password mereka. Tapi bayangkan, sampai saat ini, sampai saat saya menulis tulisan ini, masih saja ada diantara mereka yang bermasalah dengan hal yang satu itu. Lupa tahun/bulan/tanggal lahir sendiri, kalau bukan lupa pasti salah mengetikkan angka nol dengan huruf O. Yang jelas ketika saya dekati, mereka sudah memasang tampang bloon dengan layar dilaptop mereka bertuliskan “Kesalahan saat login, silahkan ulang lagi”  sambil bilang ” maaf ibu, saya lupa…”. Jika seperti itu, rasanya pengen teriak, pengen marah – marah saat itu juga pada mereka. Tapi karena hal itu sudah sangat sering terjadi, akhirnya agar tidak buang – buang waktu, saya ambil kertas sakti yang berisikan daftar username dan password yang sudah di print sebelumnya, lalu mengetikkan ulang username dan password mereka

Laka, saat melihat cataan NIM dan Password yang sudah dia tulis di buku nya..
(tapi masih saja error memasukkannya)

Kertas Ajaib yang berisikan data NIM dan Tahun/Bulan/Tgl lahir mereka

Dan sore ini, akhirnya saya hanya bisa tertawa – tawa miris pada mereka. Tapi jauh dari hati yang paling dalam, saya selalu berharap semoga ke depan mereka bisa seperti mahasiswa lainnya, mereka bisa dengan cepat mengetik apa yang ingin mereka ketikkan, mereka dengan lancar berselancar di Internet, mereka berhasil di kuliahnya dan tentunya mereka bisa jadi guru yang baik untuk murid – murid di daerahnya kelak. Amiin 

13 thoughts on “Tahun/Bulan/Tanggal Lahir Mungkinkah Bisa Lupa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s