[Project Peradaban 2] Mendengarkan Alquran sedini Mungkin

Mari melanjutkan tulisan “Project Peradaban”. Mungkin ada yang ingat tulisan saya terdahulu yang berjudul “Impian untuk Zahran”.  Sebenarnya Project besar kami seperti yang tertulis di tulisan “Impian untuk Zahran” itu. Yaitu menghantarkannya jadi seorang penghafal Quran. Impian besar yang berat sekali rasanya bagi kami, tapi semoga Allah perkenankan impian kami itu jadi kenyataan. Aamiin

Sedikit banyak kami terinspirasi dengan setiap keluarga yang punya anak penghafal quran. Apalagi dalam satu keluarga ada 10 putra putri mereka yang hafal alquran. Sejak hamil saya beli buku kisah salah satu keluarga penghafal quran dan coba baca metode yang mereka gunakan.

Nah salah satu kesimpulan yang saya dapatkan dari keluarga – keluarga penghafal quran itu adalah mereka memperkenalkan anak – anak mereka sedini mungkin dengan Alquran. Yaps bahkan sejak dari kandungan Alquran sudah sering diperdengarkan pada janin yang ada diperut. Mengikuti metode tersebut, dari sejak dikandungan kami biasakan Zahran mendengarkan Alquran, baik saya yang baca langsung ataupun suami yang membacakan ke perut saya. Alhamdulillah setelah Zahran lahir kebiasaan itu kami coba teruskan. Berikut beberapa media yang kami gunakan untuk mendengarkan  Alquran pada Zahran :

1. Membacakan langsung

Saya dan suami membiasakan membacakan langsung ayat – ayat pendek di Alquran kepada Zahran. Zahran suka merespon bacaan itu dengan sebisanya. Saya sempat mendokumentasikan beberapa video saat Zahran kami bacakan langsung ayat Alquran.

2. Mendengarkan dari VCD

Saya sempat melupakan media ini, dulu sebelum melahirkan,kami sempat beli VCD juz 30 Al Juned. Saat menanti kelahiran sampai Zahran lahir saya  sering mendengarkan bacaan quran dari VCD Al-Juned tersebut. Saya suka bacaan beliau apalagi suaranya masih suara anak – anak jadi enak ngikutinnya.

3. Mendengarkan dari Laptop

Selain membacakan langsung, setelah Zahran lahir sampai usia 3 bulan saya biasakan memutar murotal Alquran dari laptop. Sampai – sampai laptop tidak mati seharian karena dibiarkan berputar terus sampai sore. Selain alasan diatas juga  agar tidak terasa sepi karena kondisi nya waktu itu siang hari saya dan Zahran cuma berdua dirumah. Abi Zahran di Depok, nenek dan kakek nya kerja. Alhamdulillah Zahran anteng dengernya.

 4. Mendengarkan dari Speaker Mini

Ketika usia Zahran sudah 3 bulan keatas, akhirnya Zahran dibawa ke depok. Ketika di depok tiap pagi Zahran sering kami ajak keliling komplek dengan stroller nya, rasanya jalan kurang lengkap – muter dengan stroller tanpa ada murotalnya. Nah karena laptop tidak compatible untuk dibawa – bawa, sedangkan hp khawatir radiasi nya akhirnya kami menemukanlah speaker mini ini. Jadilah tiap pagi Zahran berkeliling komplek dengan speaker murotalnya Al Juned yang berisi surat Annas, Al Falaq dan Al-Ikhlas yang diputar berulang – ulang. Mungkin karena tiap pagi sering liat Zahran bersepeda dengan murotal dari speakernya, ketika pindah banyak tetangga yang merindukan Zahran dengan lantunan murotal dari speakernya.

5. Mendengarkan dari bonek Hafiz Talking Doll

Setelah di Tangerang, alhamdulillah saya membelikan Zahran boneka Hafiz Talking Doll. Boneka yang sangat kekinian berisikan banyak konten islami dari murotal 30 juz, cerita 25 nabi, doa harian, asmaul husna, kisah teladan nabi muhammad dan masih banyak lagi. Alhamdulillah ini media terakhir pengganti speaker yang terbatas sekali fitur dan menu nya. Boneka ini sangat membantu Zahran dalam menghafal quran dan doa – doa harian. Alhamdulilah karena benar – benar merasakan manfaatnya, sekarang saya membantu ibu – ibu yang menginginkan juga media ini bisa dengan cash, arisan atau kredit.

Itu beberapa media yang kami gunakan dalam rangka membiasakan Zahran mendengar Alquran sedini mungkin. Di usia yang menjelang 2 tahun ini semakin asyik lagi ngajak Zahran belajar Alquran, tidak hanya mendengarkan tapi ia mulai bisa melafazkan..Ingin tahu?? Saya lanjutkan di postingan “Project Peradaban” Selanjutnya ya..

2 thoughts on “[Project Peradaban 2] Mendengarkan Alquran sedini Mungkin

  1. Semoga cita-cita Isil dan suami untuk sang buah hati tercinta tercapai ya.. Sungguh, itu sebuah cita-cita yang sangat mulia..🙂

    Selamat Idul Fitri ya Sil..
    Maafkan atas segala salah dan khilaf

    • Uda vizon masih sempat aja berkunjung ke blog sil yang sudah lama ditinggal ini..
      makasih uda

      aamiin ya Allah..makasih doa nya uda
      Selamat idul fitri juga uda Vizon
      Mohon maaf lahir dan bathin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s