[Project Peradaban 3] Ngaji (Menghafal) Alquran bersama Pasukan Bermain

Jpeg

Lagi ngaji bareng abang Shali, kakak Shalihah

Zahran punya beberapa teman bermain dirumah. Ada Kumi (meong), Abang Shali, Kakak Shaliha dan Robot. Sebenarnya boneka – boneka ini sudah ada sejak beberapa bulan yang lalu dapat dari Paket buku halo balita. Tapi baru beberapa minggu ini selama Ramadhan Zahran mulai asyik dengan boneka – boneka tangannya ini. Zahran memposisikan boneka – boneka tangan itu seperti temannya sendiri apalagi Kumi yang biasa dipanggi Meong oleh Zahran. Meong ini benar-benar paling disayang oleh Zahran bahkan diperlakukan seperti adik nya sendiri. Jika meong lapar, dia meminta umi untuk mimik in meong seperti dia mimik sama umi, Zahran suka bilang gini “mi, meong mimik mi, tutup mi”, akhirnya meong nya dimasukkan kedalam jilbab umi nya ga boleh keluar dari jilbab umi persis seperti ketika ia mimik sama umi. Dilain kesempatan meong diajak bobok bareng Zahran, dipakein selimut, dan ketika Zahran mandi meong juga diajak main air bareng.

Selama Ramadhan Zahran mulai kami perkenalkan secara intens dengan ibadah rutin. Seperti shalat, mengaji dan baca doa. Sebelum Ramadhan pun selalu juga diperkenalkan, tapi Zahran belum terlalu paham makna shalat, mengaji dan lainnya jadinya masih sering menangis ketika kami ajak shalat berjamaah dirumah. Bertepatan dengan Ramadhan, Zahran yang memasuki usia 22 bulan sedikit demi sedikit tahu dan bisa melafazkan sendiri kata “Shalat”, “Mengaji”. Walaupun yang dia tahu shalat itu, umi sama abi berdiri, rukuk sujud, duduk terus mulut komat kamit dan jari telunjuk bergerak. Dan dia sudah bisa ngikutin gerakan – gerakan shalat. Kalau ngaji itu yang Zahran tahu umi abi buka seperti buku terus suara nya dikeraskan, nah kalau ngaji dia sering coba ikuti gaya abi nya ngaji suara di iramakan terus sambil kening mengernyit dan kepala geleng-geleng, lucu kalau liat Zahran coba ngikutin abi nya ngaji.

Selama syawal, karena kami tidak mudik jadi punya banyak waktu bertiga dirumah. Momen ini kami manfaatkan untuk mengajak Zahran bermain sambil belajar. Momen yang menarik Zahran sekarang suka melibatkan pasukan bermainnya ketika Shalat, Mengaji dan berdoa. Berikut beberapa video yang sempat saya dokumentasikan ketika Zahran mengaji dengan meong, Abang Shali, Kakak Shali dan Robot.

Jpeg

Meong diajak ngaji

Dengan cara ini Zahran merasa belajar bersama, sehingga tidak membuat dia cepat bosan. Setelah video ini didokumentasikan, saya  putarkan  berulang – ulang video belajar menghafal ini kepada Zahran, tiap kali lihat video itu dia juga melafazkan ayat seperti divideo, sehingga secara tidak disadari 1 ayat di alfalaq jadi hafal sama Zahran.

Alhamdulillah sekarang Zahran kalau dipandu udah bisa ngikuti bacaan “Bismillahirrahmanirrahim”, satu ayat Alfalaq, dan doa sebelum tidur. Semoga seterusnya bisa sedikit demi sedikit bertambah hafalannya dan akhirnya bisa hafal 30 juz Alquran. Aamiin.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s