[STKIP SURYA] Mereka Unik

SUMBER : METANEWS.COM

Waaaah, hari ini adalah hari ke-2 saya berada di lingkungan baru ini. Lingkungan baru apa? Dimana? Kok ga pernah kasih kabar sih sil? Hehe, baiklah saya akan mulai sedikit berbagi cerita disini.

Alhamdulillah, setelah lulus kuliah saya diterima bekerja di Surya Institute for Science, Computer and Math Education atau STKIP (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Surya. Ada yang tahu Bapak Yohanes Surya, ya beliaulah yang punya Sekolah Tinggi ini. Sebenarnya ada banyak alasan yang membuat saya tertarik dengan sekolah ini. Salah satu nya dari ke unikan sekolah ini yang mengajar anak – anak dari pedalaman papua. Mahasiswa disini bukanlah seperti mahasiswa di kebanyakan kampus yang beragam dengan kemampuan diatas rata-rata, melainkan anak – anak dari daerah papua yang dianggap paling bodoh.

Bapak Yohanes menyakini, bila metode pembelajaran diberikan dengan baik, anak-anak itu pun bisa menyerap pelajaran secara baik. Selain itu, dia percaya anak-anak Papua memiliki kemampuan yang tidak kalah oleh siswa di Jawa atau daerah lain di Indonesia yang lebih maju, asalkan diberi kesempatan yang sama. Dia ingin membuktikan bahwa keyakinannya tersebut bukanlah sebuah kesalahan. Karena itu, dia memilih Papua -daerah yang dinilai terbelakang dalam banyak hal. Dengan persetujuan sekolah, orang tua, serta pemda setempat, 27 anak Papua dibawa ke Surya Institute, Tangerang. Mereka dipilih secara acak dari Kabupaten Tolikara, Waropen, Sorong Selatan, Lani Jaya, dan Wamena. (dikutip dari www. stkipsurya.ac.id)

Ya, inilah lingkungan baru saya sekarang. Status baru di lingkungan yang baru dengan teman – teman dan rekan kerja baru. Semuanya serba baru, dan saya harus berjuang untuk bisa beradaptasi disini. Sehari kemaren, saya berkenalan dengan semua civitas kampus. Mulai dari bagian administrasi, HRD, teman -teman sesama tutor, dosen – dosen sampai petinggi kampus. Untuk pertama kali, masih ada perasaan canggung, waas – was, grogi dan dll.

Dan hari ini, saya mulai berkenalan sedikit demi sedikit dengan mahasiswa – mahasiswa yang dari papua. Mereka sangat unik, mereka berbeda itu kesan pertama saya melihat mereka. Tapi saya senang bisa berkenalan dengan mereka, saya bisa membaca bagaimana sifat mereka, semangat ingin belajar dari mereka, dan keluguan mereka. Kalau dari fisik, mereka jauh lebih besar dari saya, tapi mereka tetap menghormati saya dengan memanggil ibu.

Dengar cerita dari para tutor – tutor disini, ada begitu banyak keunikan mereka yang semakin membuat saya penasaran ingin tahu. Tidak sabar untuk ingin menyaksikan proses pembelajaran disini. Kebetulan pembelajaran dimulai minggu depan, jadi seminggu ini saya bisa beradaptasi dulu dengan lingkungan ini.

Terakhir, dan yang tak pernah henti – hentinya doa saya ucapkan adalah semoga saya diberi kemudahan untuk bisa beradaptasi disini. Seperti tulisan saya terdahulu, saya termasuk tipe orang yang sedikit susah untuk beradaptasi di lingkungan yang baru. Tapi saya yakin, saya punya Tuhan yang pasti mendengarkan ketika hamba nya memohon. Itu juga kekuatan dan modal saya hingga berada disini.

27 thoughts on “[STKIP SURYA] Mereka Unik

  1. hehehe,,tunggu tanggal mainnya yah sill…siapkan mental kamu selama disini akan banyak hal-hal luar biasa yang gak akan kamu dapatin diluar sana…selamat bergabung!!!
    Dan jangan takut ma anak-anaknya yang luar biasa…mereka baik2 kok🙂

  2. Semua orang itu Unik Sil …

    Saya berharap … selain bisa mengajarkan sesuatu kepada mereka …
    Kamu pun bisa belajar banyak hal dari mereka …
    belajar banyak hal dari siapa saja …

    Salam saya …
    Waahhh … sekarang di Tangerang dong mukimnya ?

    • setuju banget om
      semua orang itu unik tak ada yang sama satu sama lain, tapi mereka berbeda dengan kebanyakan penduduk indonesia yang sering saya temui. Makanya banyak hal pastinya yang bisa sil ambil pelajaran dari mereka. setuju om, sil bisa belajar banyak dari mereka

      iya om, sekrang di tangerang tepatnya di serpong
      deket ga ya dari ciputat om??
      hoho maklum belum tahu jalan disini

  3. aih! anak gadih pulang dari pariaman sudah bawa bekal semangat yang penuh.. menjalani tantangan baru.

    tantangan yang menyenangkan isil
    seperti om Nh bilang, yang hebat itu adalah saling belajarnya
    belajar dari anak pedaaman papua sana? kesempatan istimewa ini..!

  4. Subhanallah, Sil…
    Menjadi guru saja sudah sangat bagus, ditambah lagi ada yang spesial, yaitu semangat tinggi dari institusi tempat kerja Isil untuk memberikan yang terbaik kepada murid2 dari Papua🙂
    Semoga sukses selalu ya, Sil🙂

  5. Pingback: Tahun/Bulan/Tanggal Lahir Mungkinkah Bisa Lupa? « Try To Be Better

Leave a Reply

