Ngeblog Selalu Buat Happy

Sampai sekarang saya masih yakin, bahwa selalu ada korelasi antara blog dan pendidikan. Begitupun masih ada korelasi yang kuat antara blog dan menulis. Begitupun masih ada korelasi yang erat antara blog dan memberi. Dan pastinya ada korelasi antara blog dan kebahagiaan. Jika bercerita korelasi dengan dunia pendidikan, ini terkait dengan penelitian S-1 saya mengenai “pemanfaatan media blog dalam pembelajaran TIK”. Dan saya sudah menerapkan ini pada siswa SMA.  Jika bercerita korelasi dengan menulis, pastinya ada. Karena aktifitas ngeblog sendiri adalah aktifitas menulis. Dengan sering mengupdate blog, lambat laun kita akan terlatih untuk terbiasa menulis dengan baik dan benar. Dulu saya bukanlah orang yang suka dan bisa menulis, kalau tidak percaya silahkan baca tulisan pertama saya di disini. Sengaja tidak pernah saya edit struktur dan cara penulisannya, biar menjadi bukti betapa kacau balau nya saya menulis di awal. Dan sedikit demi sedikit, seiring dengan bertambahnya posting-an di blog setidaknya ada perubahan dari struktur dan cara saya menulis.

Yaps, itulah alasan kenapa sampai sekarang, saya selalu dengan menggebu – menggebu mengajarkan ketika ada orang yang minta di ajarkan buat blog. Yaps, itulah alasan saya selalu bahagia ketika melihat siswa/mahasiswa/teman atau siapapun yang minta diajarkan blog dan ternyata mereka sangat rajin update blog ( walau saya juga masih sering tidak konsisten update..hehe).  Mungkin saya bisa bilang, itulah salah satu kebahagiaan seorang guru, ketika murid nya bisa lebih pintar dari nya. Dan bahkan dulu jadi ingat sering becanda dengan senior saya di Karisma yang juga suka ngeblog, kita tidak segan – segan menyebut diri sebagai “aktifis blog” atau lebih khususnya “aktifis wordpress”.. hehe (kerjaannya ngomporin orang buat ngeblog terus soalnya). Dan saking seneng nya ngompor – ngomporin buat ngeblog, di Karisma kita buat lomba blog untuk pembina yang bertema ” Pembina Karisma Go Blog” (ini sempat kontroversi karena penggunaan bahasa yang memiliki makna lain yang kasar..hehe.. Padahal sengaja biar pada banyak yang ikut)

Berawal dari pertengahan 2008, saya jatuh cinta pada media ini. Saya belajar banyak dari media ini, saya belajar menulis, saya terbiasa membaca, saya bisa memberi, saya kenal banyak orang, saya dapat keluarga blogger, dan bahkan saya bisa mendapat gelar S1 pun menggunakan media ini.

Berawal dari belajar menulis, berawal dari sharing cerita, kebahagiaan kenal banyak teman, ada semangat berbagi,  diterapkan di pembelajaran, dan akhirnya saya jadikan sebuah penelitian. Yaps, sampai sekarang ketika berada di dunia kerja, ketika saya mengajar, semangat itu dengan sekuat tenaga selalu saya bawa. Semangat itu selalu saya coba tularkan pada siswa/mahasiswa – mahasiswa saya untuk mulai menulis dari blog. Minimal itu menjadi titik awal bagi mereka untuk belajar menulis dan membiasakan membaca.

Tentang manfaat ngeblog, rasanya sudah sangat sering saya tulis disini. Dan pastinya teman-teman blogger semua juga sudah merasakan manfaatnya masing – masing. Tapi satu hal yang sangat penting, selalu saja ada kebahagiaan yang tiba – tiba mengalir dalam tubuh ini setiap satu postingan selesai. Selalu ada kepuasan ketika kita bisa berbagi sesuatu pada orang lain, walau sekecil apapun itu. Dan kemaren, kebahagiaan itu semakin bertambah ketika membaca tulisan Randy,teman satu kantor saya, yang baru – baru ini mulai semangat dan rajin ngeblog. Tulisannya berjudul ” Dampak Blog buat Gue“. Walaupun sebenarnya blog bukanlah segala – gala nya, tapi minimal seperti tulisannya randy, dari blog dia mengalami perubahan pola penggunaan internet dari yang awalnya konsumtif menjadi produktif. Bukankah itu dampak yang sangat positif? Dan saya yakin, masing – masing blogger bisa menemukan sendiri manfaat lain ngeblog dari pengalaman masing – masing.

Jadi tunggu apalagi. Yuka ah minimal kita awali dengang menulis di blog, setelah itu kita bisa mengarahkan mau nulis buku, nulis jurnal atau lainnya insya Allah akan mudah. Karena kita sudah terlatih menuangkan apa yang kita fikirkan dalam sebuah postingan di blog. Happy blogging ^^

Gambar diambil dari sini

12 thoughts on “Ngeblog Selalu Buat Happy

  1. salam blogger,,

    yap benar.. menulislah kita hari ini untuk orang banyak.. siapa tahu suatu saat nanti nama kita yang akan ditulis banyak orang…

    terkadang ketika kita telah lelah bersuara… alangkah baiknya biarkan pena yang menguraikannya.. rangkaian kata lewat suara terkadang membias, menguap tanpa ada jejak yang tak terlihat…namun ketika kita menggoreskannya lewat tulisan, maka akan tetap ada bukti keabadian yang disimpannya… mari budayakan menulis..Mari lawan diam tidak hanya melulu dengan suara, tapi fungsikan seluruh panca indra, salahsatunya dengan menulis… GO BLOG

Leave a Reply

