Belajar Banyak dari Pak Onno W Purbo

Setelah hampir 3 bulan kenal dan belajar dengan Pak Onno, baru sekarang kesampain foto bareng. hehehe

Bagi mahasiswa Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Pecinta Opensource, atau para pemerhati dan praktisi IT, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Onno W Purbo. Saya sendiri, mulai mengenal nama bapak yang identik dengan senyum lebarnya ini adalah ketika tingkat 2 di bangku kuliah. Itupun karena Pak Onno, begitu beliau akrab disapa, sedang mengisi seminar nasional yang di adakan oleh himpunan jurusan ilmu komputer. Beliau menyampaikan materi hacking (kalau ga salah) di depan ratusan orang, dan sempat mencobakan langsung dengan PC yang beliau bawa sendiri. Saat itu, yang saya tahu bapak itu adalah orang yang sangat terkenal dan sudah banyak mengisi seminar diman – mana. Hanya sekedar itu.

Pak Onno W Purbo adalah seorang pakar IT yang sudah banyak menulis buku – buku teknik di bidang IT, Opensource, dan jaringan. Sering di undang jadi pembicara di seluruh Indonesia. Dan yang terpenting, bapak ini adalah penggerak opensource di Indonesia, jangan pernah coba – coba pake windows kalau di depan pak Onno. Bisa – bisa di di caci habis-habisan sama beliau. Hoho (piss pak). Jika mau tahu lebih detail tentang profil mantan dosen itb ini, silahkan baca disini.

Bisa dibayangkan, bagaimana persepsi saya dan teman – teman waktu itu pada beliau. Pak Onno seorang public figure, yang sudah punya banyak pengalaman luas di bidang IT, tidak pernah sedikitpun terbayangkan oleh saya bisa belajar langsung secara privat dengan bapak ini.

Ternyata tidak ada yang tidak mungkin jika tuhan yang berkehendak, menjadi tutor di STKIP Surya ternyata bukan sekedar pekerjaan yang saya dapatkan, ada yang lebih mahal dari itu yaitu ilmu dan cerita pengalaman – pengalaman sukses orang – orang hebat yang ada disini. Termasuk salah satu nya dari Pak Onno W Purbo. Bapak yang pernah jadi lulusan terbaik di teknik elektro itb  tahun 1987 ini, juga bergabung di tempat saya bekerja sebagai dosen tamu. Dimana setiap hari senin, adalah hari upgrade ilmu bersama pak Onno dan dosen – dosen TIK lainnya. Budaya ini yang paling saya suka disini, budaya saling berbagi.

Pak Onno, ketika bisa kenal lebih dekat ternyata orangnya sangat low profile, humoris dan ceria. Bayangkan, saya yang waktu itu baru masuk di STKIP Surya, masih sangat awam dengan ubuntu dan opensource, dengan senang hati di tuntun dan diajarkan langkah demi langkah untuk menggunakan ubuntu oleh pak Onno. Yang awalnya saya sangat anti dengan terminal dan text, sekarang sudah biasa melihat dunia hitam putih (command prompt) itu. Tiap minggu, selalu ada  yang di ajarkan beliau untuk di oprek di ubuntu. Tidak hanya seputar ubuntu, jaringan dan opensource, pak Onno sambil santai selalu menyemangati saya dan tutor-tutor TIK yang lain, untuk selalu membiasakan budaya menulis. Bahkan tanpa bosan beliau selalu menyuruh kami untuk membuat buku dari setiap hal yang pernah dipelajari, dan apapun yang kami sukai (inipun dalam progress, semoga mimpi itupun bisa tercapai).

Saya yang masih minim pengetahuan ini, apalagi dibidang oprek mengoprek ubuntu, menyambut dengan senang hati setiap ilmu – ilmu yang diajarkan pak Onno di pengajian senin nya. Pikiran beliau yang luas, pengalaman yang sudah lama, ditambah lagi jaringan yang tersebar dimana – mana, tidak membuat beliau gila hormat. Pak Onno tetap sederhana dan apa adanya menurut saya, tiap senin beliau tetap kumpul di lab bersama kami para tutor – tutor dan tidak pernah mau diberikan sebuah ruangan khusus. “ Saya tidak butuh ruangan khusus, bahkan ketika dulu di ITB dikasih ruangan, ruangan itu ga pernah saya pake” begitu kata beliau ketika tanpa sengaja bicara soal ruangan ini. Bahkan ketika makan siang pun, pak Onno tidak pernah gengsi ketika harus pergi makan di sebuah warteg sederhana dibelakang kantor bersama kami para tutor.

Dan setelah hampir 3 bulan kenal dan belajar tiap senin dengan pak Onno, baru hari ini kesampaian bisa foto bareng pak Onno karena kebetulan saya bawa kamera. “Kapan lagi foto bareng orang terkenal”, begitu becandaan kami kalau mau foto sama pak Onno (hehehe). Tentunya dengan senyum lebarnya pak Onno berpose di depan kamera.

Dan untuk kesekian kalinya, saya merasa bersyukur bisa berada disini, bekerja disini dan menjadi bagian ini, keluarga besar STKIP Surya.

11 thoughts on “Belajar Banyak dari Pak Onno W Purbo

Leave a Reply

