Saya Terpesona

Mereka tengah asyik menikmati sore dengan bermain bola dilapangang sebelah kampus

Sampai sekarang saya masih terpesona dengan anak – anak ini. Mereka yang sederhana dan apa adanya, menyimpan banyak cerita. Dibalik kepolosannya, tersimpan berjuta potensi. Dibalik raut wajahnya yang garang, tersimpan keramahan yang mengagumkan. Dibalik ketidakatahuannya, tersimpan keingintahuan yang luar biasa. Pagi saya disini tidak pernah alpa dari sapaan “Selamat pagi, bu” dari mereka. Siang saya, tidak pernah absen mendengar pekikan dan lari-larian mereka yang asyik memanfaatkan waktu istirahat. Sore saya selalu tersenyum melihat asyiknya mereka main bola di lapangan sebelah kampus.

Ini tentang mereka anak-anak papua yang duduk di bangku SD. Karena disini, bukan hanya untuk mereka yang duduk diperguruan tinggi saja, tapi juga untuk anak SD, SMP, dan SMA. Saya pernah berfikir, tidakkah mereka rindu pada orang tua nya nun jauh disana? Mereka masih sangat-sangat kecil. Bisakah mereka mengurusi dirinya sendiri? Tapi mereka tetap ceria disini. Mereka tetap belajar disini. Dan mereka masih bisa bermain.

Yang membuat saya tertarik, mereka tidak peduli belajar di gedung bertingkat yang megah atau sekolah reot. Mereka tetaplah mereka dengan kebiasaan main, lari-larian sambil teriak – teriak dengan teman – temannya. Mereka tidak peduli kaki mereka kotor atau bersih ketika masuk ke kampus, dan mereka tetap seperti anak – anak papua dengan keunikannya. Beruntung disebelah kampus ini, ada lapangan luas (sepertinya akan dibangun suatu gedung) yang bisa mereka manfaatkan untuk bermain seperti ketika mereka masih di papua dulu. Setiap sore, kampus ini dihiasi oleh laria-larian anak – anak papua yang sedang asyik bermain bola disaksikan oleh matahari yang sedikit demi sedikit mulai terbenam. Pemandangan indah inilah yang selalu menemani saya berjalan pulang ke kosan.

Ini Lazarus sedang mengerjakan Soal

Indah dan damai sekali, ketika merasakan jadi mereka. Saya sering memperhatikan 2 anak yang bernama “Lazarus dan Petrus”, mereka adalah siswa, mbak Eva, teman sesama tutor komputer disini. Semua anak disini diharuskan menyelesaikan buku matematika “Gasing” yang telah disediakan. Mereka diberi guru pembimbing yang bertugas memeriksa dan mengont

rol progress mereka. Dan mbak Eva kebagian mengajar 2 anak itu “Lazarus” dan “Petrus”. Saya suka memperhatikan Lazarus yang

dalam waktu 15 detik bisa menjawab soal – soal perkalian seperti 76 X 84 hanya dengan membayangkannya. Mereka disini, dilatih belajar matematika sesuai dengan metode Gampang Asyik dan Menyenangkan “Gasing” yang diajarkan pak Yohanes Surya . Bahkan ketika saya belum paham cara itu, saya sering bertanya pada Lazarus. Senang sekali mendengarkan Lazarus mengajarkan saya dengan caranya sendiri.

Ini Tadeus lagi berfikir tentang perkalian

Suatu saat, mereka berdua pergi ke LabKomputer tempat kami para tutor komputer bermukim (halah bahasanya “bermukim”). Lazarus dan petrus bertanya seperti ini “Ibu guru, nanti siang belajarkah?” karena hari itu lab akan dipakai untuk seminar dengan dosen-dosen, jadi teman saya meniadakan belajar. Dengan logat ala papua Lazarus menjawab “alah, Ibu guru kenapa malas begini?”. Sumpah saya tertawa sambil tersenyum dan bangga mendengar cerita teman saya ini.

Semangat mereka, kepolosan mereka, keunikan mereka itu yang tanpa disadari membuat ceria hari-hari saya disini. Sampai detik ini, saya bersyukur dan bahagia ditakdirkan bekerja disini. Dan semoga untuk selanjutnya. Ini cerita saya, bagaimana cerita mu??(eh kok kayak iklan ya).


2 thoughts on “Saya Terpesona

    • yups 3 nama itu sangat familiar heheh
      Tadeus, Lazarus dan Mbak Eva
      hahaha gpp lah itung-itung branding

      dan saya juga sangat penasaran dengan sosok Aromes itu…

Leave a Reply

