[Sharing] Untuk di Ingat

Postingan ini hanya sebagai catatan pengingat buat saya. Kebetulan lagi baca buku “Mencari Mutiara di Dasar Hati” yang ditulis oleh Muhammad Nursani.

Buku ini berisikan nasehat – nasehat yang bisa buat tenang hati. Makanya tidak ada istilah tamat bagi saya buat baca buku yang satu ini, karena setiap saya butuh nasehat, buka buku ini dan pasti saya temukan nasehat itu. Kata-kata bagus yang saya temukan ingin saya tuliskan disini.

Berusaha sekuat tenaga menekan hawa nafsu itu adalah kelezatan. Kelezatan di atas kelezatan.” (Ahli Hikmah)

Rasulullah berdoa :

Ya Allah, sesungguhnya aku adalah manusia. Aku marah sebagaimana manusia marah. Maka siapa saja dari kaum muslimin yang merasa telah aku sakiti, aku caci, aku laknat dan aku cambuk, jadikanlah hal itu sebagai doa dan pembersih yang mendekatkannya kepada-Mu pada hari kiamat.

(HR.Bukhari dan Muslim)

Menurut Ibnul Qayyim rahimullah, Jika syaitan melihat seseorang memiliki kemauan yang lemah, cita – cita yang rendah, condong mengikuti hawa nafsu, maka syetan sangat menginginkannya, membantingnya dan mengekangnya dengan kekangan hawa nafsu dan kemudian mengendalikannya ke arah mana yang ia kehendaki.

Ada empat momen kebaikan tertentu, yang paling berat dilakukan. Yakni memaafkan ketika marah, berderma ketika pailit menjaga diri dari dosa(iffah) ketika sendirian, dan menyampaikan kebenaran pada orang yang ditakuti atau diharapkan.

Ada satu kata sangat sederhana untuk mengatasinya. Keikhlasan. Itulah kuncinya.

Menurut Hasan Albanna Para salafushalih yang mulia, tidak menang kecuali karena tiga hal, yaitu kekuatan iman, keberhasilan hati dan keikhlasan mereka.

Bila Engkau sudah memiliki tiga karakter tersebut maka ketika engkau berfikir Allah akan mengilhamimu petunjuk dan bimbingan. Jika Engkau beramal maka Allah akan mendukungmu dengan kemampuan dan keberhasilan.

8 thoughts on “[Sharing] Untuk di Ingat

  1. “tidak menang kecuali karena tiga hal, yaitu kekuatan iman, keberhasilan hati dan keikhlasan mereka”

    oh meen.. nohok banget. T_T

  2. Keikhlasan memang bisa membuat tenang dan perlu dupayakan sekuat tenaga, terlebih saya pridadi yang lagi membutuhkannya. Terima kasih telah mengingatkan.
    Salam!

  3. Sil, saya sangat suka dg nasehat2, jadi pengen bolak-balik ke sini terus dech hehehehe…

    Saya nambahin boleh, kan? saya ambil dari status FB saya hehehe…

    Rasulullah SAW, bersabda,”Maukah aku tunjukan siapa ahli surga itu. Setiap orang yang lemah dan sangat lemah jika dia berdoa kepada Allah, pasti Dia mengabulkannya. Sedangkan ahli neraka adalah setiap orang yang SOMBONG, TAKABUR dan CONGKAK” (HR Bukhari-Muslim)
    Hemat adalah salah satu bagian dari rasa syukur, dan ini merupakan dasar untuk sebuah kepuasan. Karena orang yang banyak pengeluarannya adalah tidak mungkin bagi dirinya (di dlm hatinya) terdapat rasa kepuasan. Sedangkan kepuasan itu sendiri cermin dari rasa syukur. (Al’Ihya-Imam AlGozali)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s