Bukan Pada Waktu Sisa, tapi Menyediakan Waktu Khusus

Sudah cukup lama juga, tidak menorehkan tulisan diblog ini. Bukanlah karena kesibukan dan sempitnya waktu luang, melainkan hanya karena mood dan keingina yang susah ditaklukkan.

Tulisan kali ini lebih spesifik sebagai pengingat buat diri saya pribadi, dan jika ada ilmu yang bisa di ambil oleh blogger yang berkunjung, saya lebih senang lagi.

Ini tentang interaksi kita dengan Alquran. Tentang Mukjizat dan warisan yang ditinggalkan oleh nabi Muhammad SAW. Saya teringatkan dengan kisah Ustdzah Yoyoh Yusroh yang beberapa hari lalu meninggalkan kita. Tentang beliau yang tidak lepas dengan Alquran. Bahkan ketika di mobil, dia punya tempat idaman yang beliau namai pojok tilawah. Tempat, ia lantunkan tilawah alqurannya ketika berada diperjalanan. Di pojok tilawahnya itulah beliau di ambil oleh yang maha kuasa dalam kecelakaan naas itu.

Seperti itulah orang kalau sudah cinta dengan Alquran, Bunda Yoyoh yang setiap harinya sibuk dengan amanahnya sebagai anggota DPR, tidak menjadikan itu alasan untuk tidak tilawah tiap harinya. Dan seperti itulah cara beliau menyempatkan diri untuk berinteraksi dengan alquran. Pastinya ada banyak cara lainnya, yang bisa di terapkan tergantung kondisi masing – masing.

Cerita Bundo Yoyoh tadi hanyalah satu contoh kecil, bagaimana trik agar hari – hari kita tidak ada yang lepas dari tilawah alquran. Sekarang bagaimana dengan kita? Kita dengan posisi dan kesibukan masing – masing, sudahkan target tilawah harian kita tercapai?Jika punya target 1 juz/hari, sudah berapa halamankah kita tilawah hari ini?Yups, biarkanlah itu kita jawab pada diri kita masing – masing. Yang terpenting, sudahkan kita punya trik tersendiri untuk menyukseskan target harian kita itu?

Berbagi dengan teman – teman yang sudah istiqomah tilawah 1 juz/hari, ketika ditanya bagaimana caranya, beliau menjawab selalu menyelesaikan tilawahnya 1 juz sebelum azan shubuh berkumandang. Jadi sebelum beraktifitas apapun, selalu ia awali harinya dengan tilawah alquran. Subhanallah, satu kata kunci yang bisa saya ambil bahwa dia menyediakan waktu khusus buat menyelesaikan target tilawahnya.Menyediakan waktu khusus, bukan hanya di sisa – sisa waktu yang ia punya. Jika dia mengkhususkan di pagi hari sebelum shalat shubuh, saya, anda, dan kita semua juga tinggal memilih mengkhususkan diwaktu yang mana dalam hari kita? Mungkin ada yang mengkhususkan setiap habis shalat wajib 2 lembar. Jadi dalam sehari ada 5 waktu khusus yang ia sediakan buat baca alquran, walalupun mungkin hanya beberapa menit. Ada juga mungkin dari sehabis magrib sampai isya dan semuanya diborong langsung 1 juz, atau mungkin ada yang sebelum tidur menyelesaikan tilawah 1 juz nya.

Yups, semoga kita bisa menetapkan waktu khusus untuk tilawah alquran dan membiasakannya dalam hari – hari kita. Dan yang terpenting berharap semangat kita untuk senantiasa berinteraksi dengan alquran selalu di jaga dan dipelihara oleh Nya. Amin..

10 thoughts on “Bukan Pada Waktu Sisa, tapi Menyediakan Waktu Khusus

  1. Yups, kadangpun saya mendengar ada orang yang berucap; dari pada nganggur dan bengong kan lebih baik baca Qur’an. Kok, dari pada nganggur, sih?

    >>>Nitip pesan buat semua:
    Saya ada tantangan buat para blogger Indonesia, ki. Yang siap bisa langsung ceck TKP di blog saya.

    • tulisan nya sangat menyentuh hatiku sampai rtak terasa mengalir airmata terharu; dengan doa semoga Insya ALLAH arwah Ustdzah Yoyoh Yusroh diterima disi ALLAH S.W.T. dan diterima amal ibadahnya oleh ALLAh Yang Maha Pengasih. Memang proses untuk berinteraksi dengan ALLAH harus kita niatkan dengan misalnya mendengarkan Digital Al Quran yang berulangkali bisa kita dengarkan dan sekaligus membaca artinya sehingga Insya ALLAH, kira merasa ALLAH sedang berbicara dengan kita melalui ayat-ayat suci NYA. …..

  2. Terima kasih mbak sudah diingatkan, nampaknya menyediakan waktu khusus itu harus diprioritaskan dan dipaksakan (awal-awalnya). Semoga kita semua bisa istiqomah membaca Al-qur’an setiap harinya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s