PNS atau Wirausaha?

Banyak respon yang datang dari para customer yang beli tiket ketika tahu agent travel kami merupakan usaha yang di bangun oleh mahasiswa. Alhamdulillah, banyak yang merespons positif dan sangat mendukung. Berikut ini saya  kutip salah satu pendapat customer asli padang yang kebetulan lagi di bandung

Iyo takah tu, zaman kini ko jan jadi kayak kebanyakan urang jo lai, masih berharap jadi pegawai negeri. Awak yang harus buka usaha surang lai. (Minang mode :on)

kalau diterjemahin ke versi indonesianya, kira – kira seperti ini artinya

Bagus itu. Zaman sekarang, jangan mau jadi seperti kebanyakan orang yang masih berharap jadi pegawai negeri. Kita yang harus buka usaha sendiri.

Saya dan satu teman yang kebetulan kebagian shift jaga hari itu, hanya bisa senyum-senyum dan manggut – manggut. Perkataan bapak itu, seolah seperti nasehat dari orang tua pada anaknya, ditambah lagi beliau yang asli padang, sehingga cara dia menyampaikan ke kami pun seolah ayah yang sedang menasehati anak – anaknya.

Yups, menjadi pengusaha atau pegawai negeri menurut saya itu adalah pilihan hidup. Tergantung keyakinan dan kepercayaaan masing-masing (halah kayak aqidah aja..). Dulunya saya termasuk orang yang tidak terlalu tertarik berwirausaha, saya orang yang tidak terlalu bisa menawarkan sesuatu kepada orang lain, berbeda dengan kakak dan ibu yang sangat punya jiwa dagang. Hingga saya meyakini bahwa sifat Papa lah yang saya warisi. Papa yang lebih menyenangi berorganisasi dan menulis  ketimbang berdagang. Point itu yang saya pikir mirip.

Seiring berjalannya waktu, seiring bertambahnya pengetahuan dan pergaulan, saya mulai menyadari ternyata menjadi bos diperusahaan sendiri lebih enak ketimbang menjadi karyawan di perusahaan orang lain (bekerja diperusahaan orang). Rasa itu muncul, ketika saya mulai nyemplung dengan yang namanya dunia kerja, tepatnya semester 7 saat mulai PLP (program latihan profesi) dan magang diperusahaan orang lain. Ditambah lagi, dengan banyaknya program – program wirausaha yang di adakan oleh berbagai instansi untuk mahasiswa dengan pelatihan dan seminarnya yang menarik, membuat saya akhirnya mulai berfikir untuk berwirausaha.

Alhamdulillah, akhirnya kesempatan itu diberikan oleh Allah. Saya dan 4 orang teman bisa membangun sebuah usaha tour and travel dengan  bantuan modal dari DIKTI. Walaupun ibu orang yang sangat punya jiwa dagang, tapi ibu lah yang sampai sekarang selalu menganjurkan saya untuk tetap jadi PNS (guru). Ibu selalu bilang, berwirausaha boleh tapi sebaiknya tetap punya jaminan dengan jadi PNS. Saya tahu kenapa ibu seperti itu,karena ibu telah mersakannya, karena dengan gaji PNS nya itulah saya dan kakak bisa kuliah sampai sekarang. “Memang dengan PNS kalian tidak bisa kaya, tapi setidaknya kalian bisa tetap hidup dengan cukup”. Kata-kata itu yang sering ditekankan ibu pada kami anak – anaknya. Ditambah lagi dengan adanya jaminan pensiunan, saya pikir hal itu yang sangat meyakinkan ibu.

Sedangkan Berwirausaha, kita bisa mendapatkan gaji hingga tak terbatas. Tapi kita juga harus siap dengan resiko yang besar seperti bankrut atau gulung tikar. Yang terpenting bagi seorang pengusaha harus siap bersusah payah diawal untuk membangun usahanya, pengusaha yang malas dan tidak mau bekerja keras, tidak akan bisa sukses menjalankan usahanya. (Itulah seni nya menjadi pengusaha)

Yups akhirnya saya menyadari, PNS dan Berwirausaha adalah sebuah pilihan dan kenyamanan masing – masing. Ada yang sangat anti dengan PNS, ada juga yang sangat ingin jadi PNS. Begitu juga dengan berwirausaha, ada yang ga bisa berwirausaha ada juga yang sangat senang berwirausaha. Jika kita mampu menjalankan dua – duanya saya pikir itu lebih baik (woow….maruk namanya itu). Dan yang terpenting dari semuanya, bagaimana pekerjaan itu bisa membuat kita nyaman bukan tertekan, selain itu hasil yang didapatkan juga diberkahi oleh Nya.

Bagaimana dengan anda, PNS atau Wirausaha?

Gambar dari sini

17 thoughts on “PNS atau Wirausaha?

  1. Kalau aku karyawan swasta tapi ada niatan buat menjadi wirausaha.. saat ini sedang merintis usaha kecil-kecilan… semoga keduanya bs saling menunjang dan melengkapi.. hehee..

  2. Salam Takzim
    Sebuah pilihan yang sulit, tapi akhirnya saya pilih PNS, karena saya sudah jadi pns sebelum baca tulisan ini,
    Salutt dengan jerih payah mbak isil yang telah merintis usaha tour dan travel, semoga bisa diikuti oleh adik kelas.. Maap saya kira sudah selesai kuliahnya, di review yang salah maapkan ya
    Salam Takzim Batavusqu

  3. Saya setuju tu jd PNS sambil berwirausaha. Jd PNS tu asik, kalau tanggal merah ya libur. Kalau punya usaha sendiri, mau libur kapan ya suka suka kita.

  4. Emm, PNS sebenarnya enak sih, ada tunjangan hari tua…Tapi pas mudanya berasa pegawai seumur hidup dan tidak berkembang (pandangan si saya yg orang awam).
    Kalau saya sih lebih pengen jd wirausaha, teh…Karena selain menuntut kita utk terus kreatif berinovasi, kita juga bisa memberi lapangan pekerjaan utk org lain… ^_^

  5. NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://satriyabisniss.wordpress.com/

  6. Pingback: Award award itu begitu menggoda « Batavusqu

  7. pengennya miliki bisnis sendiri, buat masa depan…jauh lebih berkah dan kita juga bisa menolong orang lain lebih banyak…hehe😀
    tapi jadi pns sambil memiliki bisnis sendiri juga bagus tuh:mrgreen:

    semangat! do the best…😉

  8. tergantung misinya apa mbak isil.. kalau kita punya prinsip ‘kita adalah da’i sebelum jadi yang lain’, maka menjadi wirausahawan/wati atau menjadi PNS adalah pilihan ladang dakwah.. keduanya memiliki karakteristik masing-masing.. punya plus minus yang menyertai. PNS memang bisa dijagakke dari sisi gaji, namun tantangan kejujuran dan iming2 untuk korupsi atau kolusi atau nepotisme selalu menyertai.. wirausaha dicontohkan nabi muhammad saw, tapi kita harus siap bangkrut dan siap sukses.. bagaimana menyikapi kebangkrutan? apakah lari ke dukun atau kembali ke Allah.. bagaimana menyikapi kesuksesan? apakah berfoya-foya menghambur-hamburkan harta atau menjadi penyokong dana dakwah yang terdepan..

    kembali lagi, innamal a’malu biniyaat.. segala sesuatu tergantung niatnya.. asalkan niatnya semata-mata karena Allah, menjadi PNS maupun wiraswasta tak kan menjadi soal. tinggal pilih mana yang menurut kita enjoy saja.. selamat memilih🙂

    salam ukhuwah,
    Zen

  9. Dan yang terpenting dari semuanya, bagaimana pekerjaan itu bisa membuat kita nyaman bukan tertekan, selain itu hasil yang didapatkan juga diberkahi oleh Nya.

    Ini bener banget … !!!

    Mengenai pertanyaan kamu PNS atau Wirausaha ?
    Saya tidak dua-duanya …
    Saya pingin jadi Trainer saja …
    hehehe

    salam saya Sil …

  10. BERBAGI CERITA KISAH SUKSES Mardiana; lolos PNS guru lingkungan PEMDA lampung
    Assalamu Alaikum wr-wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar sumatra, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 35 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no tlp Bpk JOKO SUTRISNO yang bekerja di BKN pusat yang di kenalnya di jakarta dan juga mengurusnya jadi PNS, saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim Berkas saya melalui Email, alhamdulillah No Nip dan SK saya akhirnya keluar, Jadi apapun keadaan anda skarang jangan pernah putus asa dan terus berusaha, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya Hubungi saja Bpk Drs JOKO SUTRISNO SH,Msi : untuk informasi lebih lanjut silahkan hub 0851-4560-5725.Semoga Beliau Masih Bisah Bantu Dan Mengankat Anda PNS.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s