[SKRIPSI] Karakter apa yang bisa di bentuk dari ngeblog?

Akhirnya tergerakkan juga tangan ini untuk update blog ini, about my Script S-1 alias Skripsi. Sebenarnya kalau bicara masalah satu kata itu, saya yakin semua teman – teman yang lagi menjalaninya punya banyak cerita dan pengalaman yang bisa dibagi. Buktinya, ada begitu banyak macam versi tulisan yang telah saya baca tentang satu topik itu. Baik itu sejak saya masih tingkat 1 sampai sekarang mulai merasakannya sendiri.

“Huaaaahhh….ternyata seperti itu rasanya skripsi”, itulah komentar saya ketika mulai merasakan pahit manisnya mengerjakan my final project in S1 ini. Tapi kali ini, saya tidak akan terlalu bercerita banyak mengenai rasa – rasa itu. Biarkanlah rasa itu menjadi bumbu –  bumbu indah yang mendampingi perjalanan saya dalam menyelesain skripsi ini.

Sekarang ingin sharing atau tepatnya minta pendapat teman – teman semua aja nih, berkaitan dengan judul skripsi yang saya ajuin. Tenang, jangan langsung tutup halaman ini dan berfikir ga nyambung. Karena saya yakin, siapa pun yang baca tulisan ini, pasti bisa memberikan komentar sesuai dengan pendapatnya karena topik-topiknya ga jauh – jauh dari Blog.

Yaps, karena saking cintanya dengan blog, dari tingkat 3 saya sudah punya niat, judul skripsi saya nanti, harus ada hubungannya dengan blog. hehe…terserah di kolaborasikan dengan apa, yang penting harus ada blog nya. (ngotot..). Semangat untuk mengangkat judul itupun semakin menggebu – gebu ketika tahu ternyata senior – senior saya yang juga para blogger, kebanyakan menghubungkan skripsinya dengan blog. Semester 7 mulailah si sayah, mengumpulkan dan mensurvei skripsi – skripsi siapa saja yang ada kaitannya dengan  blog.

Saat – saat akan mengajukan judul skripsi untuk seminar, sempat timbul keraguan karena ada yang bilang,

mending cari yang lain deh, itu mah terlalu dangkal.

Terus ketika nyari – nyari ide dan literatur yang bisa mendukung, akhirnya tetap ternyata fikiran saya tidak bisa di alihkan dari ide awal tentang blog. Akhirnya saya menemukan sebuah istilah revolusi cara belajar (Learning revolution) yang saya pikir bisa digabungkan dengan blog. Mantap dengan ide itu, saya buat proposalnya dan diujilah oleh dosen penguji. Alhamdulillah, tidak banyak masalah, dosen penguji pun langsung menyetujui judul dan proposal itu.

Nah, setelah lolos dan dapat pembimbing, mulailah masa- masa pengerjaan skripsi. Ternyata, dosen pembimbing memberikan masukan untuk menggabungkan dan memasukkan unsur Pendidikan karakter (Character Building), seperti yang di gembar gemborkan pemerintah sekarang. Hoho maaf, mungkin ada yang baru pertama kali mendengar istilah ini. Ini sebenarnya hampir sama dengan pendidikan budi pekerti atau moral di sekolah. Tapi perbedaannya, pendidikan karakter ini punya sasaran adanya perubahan tingkah laku siswa dari proses pendidikan karakter ini dan ini bukan satu mata pelajaran seperti budi pekerti, tapi dimasukkan dalam setiap mata pelajaran disekoolah. Nah, karena saya mahasiswa pendidikan ilmu komputer, berarti saya akan menerapkan pada matapelajaran TIK di SMA.

Nah, sebelum penelitian (dan dicobakan pada siswa-siswa) kali ini saya ingin bertanya atau minta pendapat pada para nara blog (pinjam istilah om NH) semua, tentang manfaat yang teman – teman rasakan ketika ngeblog.

Menurut teman – teman apakah blog bisa membantu dalam membentuk karater / nilai (character building) para pengguna nya?

Apakah teman – teman merasa ada sebuah nilai atau karakter yang teman – teman dapatkan ketika melakukan aktifitas ngeblog?

Kalau ada, nilai/ karakter apa itu? Dan kenapa  hal itu bisa terbentuk?

Misalnya saya beri satu contoh, bagi saya blog bisa menumbuhkan sebuah nilai mau berbagi. Dengan setiap postingan yang dibuat blog itu adalah salah contoh bahwa si blogger itu pasti memiliki sebuah nilai senang berbagi. Nah, kira seperit itu, kira2  bagaimana menurut teman – teman? Ok, cukup segitu saja. Terimakasih banyak atas bantuan dan masukannya, dan mohon doanya semoga saya diberi kemudahan menyelesaikan skripsi ini. Amin…

32 thoughts on “[SKRIPSI] Karakter apa yang bisa di bentuk dari ngeblog?

  1. Menurut teman – teman apakah blog bisa membantu dalam membangun karakter (character building) para pengguna nya?

    Saya gak jago yang beginian. ‘Karakter’ di sini apa ya…?😳
    Tapi, saya rasa iya, dengan semakin seringnya seseorang menulis di blog dan berinteraksi dengan banyak orang di dunia maya, bisa aja karakternya berubah.

    Apakah teman – teman merasa ada sebuah nilai , atau karakter yang teman – teman dapatkan ketika melakukan aktifitas ngeblog?

    Kelihatannya ada….

    Kalau ada, nilai/ karakter apa itu? Dan kenapa hal itu bisa terbentuk?

    Kembali lagi, karakter itu seperti apa ya…?😳

    *kok saya serasa orang yang gak niat ngejawab sih*

    • hoho belum ngerti tentang karakter ya…yaps, baiklah hehe ternyata saya yang salah..saya belum menjelaskan tentang apa itu karakter…

      karakter itu adalah sebuah nilai, atau sikap dan perilaku positif yang bisa terbentuk.

  2. Menurut teman – teman apakah blog bisa membantu dalam membentuk karater / nilai (character building) para pengguna nya?
    hmm.. kalo menurut ce kak, blog buat ce bukan semacam pembentuk karakter tp pengeksplor..
    gini loh, kita sebenernya punya ide ini-itu, kemauan ini-itu, tapi terkadang ga sempat atau ga berani ngungkapinnya langsung, lisan, jadinya lewat tulisan jadi bisa lepas. nah, kalo tulisan2 di diari aja, terkadang hanya singkat2, semau kita, karna ga bakal ada yang ngomentarin, ga ada yg ngasi masukan, ga banyak efeknya. tapi blogging? beda kan..
    setidaknya itu yg ce rasa, pas ce baca postingan2 ce yg lalu pun bisa terbaca banyak perubahan dr waktu ke waktu, berarti ada efeknya kan kak..?
    hehe

    Apakah teman – teman merasa ada sebuah nilai atau karakter yang teman – teman dapatkan ketika melakukan aktifitas ngeblog?
    insyaAllah ada, spt yg kakak sebutin di atas, ada keinginan berbagi, mengunjungi, menghargai tulisan teman, nambah ilmu+wawasan. ada juga kehati2an saat menulis, tulisannya enak dibaca atau ga, penting ato ga (ce sering bgt bikin yg ga penting2, hehe), ada menyinggung perasaan ato ngga. ini kan bisa dilihat siapa saja. oia, saling berterimakasih juga ada, pas lagi tuker2an award ato bales2an komen atau kunjunganbalik,😛

    Kalau ada, nilai/ karakter apa itu? Dan kenapa hal itu bisa terbentuk?
    ya itu yg poin ke2, krn merasa blogging itu menyenangkan, bnyk manfaat dan semoga memberi manfaat buat org lain.

    smgt buat skripsinya kakak…🙂
    oia, insyaAllah tgl 15 feb , ce ke bandung, eh tepatnya ke unjani, cimahi. jauh ga dr tempat kk?

    • waaaaaaaah…makasih banyak ice….
      sangat bermanfaat insyallah..
      cimahi???
      sebenarnya udah beda kota dengan bandung ce, tapi ga jauh2 amat kok…
      ntar call aja…

  3. Dibanding menggunakan facebook, menggunakan blog lebih membangun karakter kreatif bagi siswa. Makanya itu saya lebih seneng ngajari blog pada anak-anak daripada ngajari facebook, facebook terlalu mudah, siswa bisa saja update status tanpa pikir panjang karena cukup dengan kata-kata pendek, tapi dengan blog, siswa dituntut berpikir lebih sistematis dan kreatif untuk membuat tulisan di blog ^_^

  4. HHHmmm …
    Saya tidak tau Sil …
    Namun yang jelas …
    Dengan Blog saya jadi punya sarana untuk Penyeimbang Diri …
    Sarana Untuk Balancing …

    Agar hidup lebih seimbang …

    Mengenai Karakter …
    Hmmm simplenya mungkin dengan nge blog kita bisa jadi belajar banyak hal …
    dari sesama Blogger … dengan seribu satu sifat dan karakter

    salam saya Sil

  5. ikutan jawab dikit ah, tapi ga ngurut berdasarkan pertanyaannya ya..

    Pertama, tentang karakter. Karakter bisa dibentuk dengan pembiasaan. Jadi asumsinya ngeblog atau kegiatan apapun bisa jadi membangun karakter kalo dibiasakan.

    Kedua, ingin membedakan antara dua hal, [1] Kegiatan menulis yang umumnya dilakukan saat ngeblog, dan [2] Ngeblog sebagai bagian dari Social Web a.k.a Web 2.0. Dari kegiatan menulis, orang jadi terbiasa menstrukturkan pikirannya dengan rapi, karena akan dituangkan menjadi tulisan yang kelak dibaca orang lain. Kalo dari ngeblog, ya, mirip kata isil, jadi terbiasa berbagi dan berkomunikasi, -interaksi ide.

    Segitu dulu ah, punten bukan komen dari seorang blogger yang baik..😉

    • ada kata kunci yang sil dapatkan, about pembiasaan…
      yups, dari sebuah pembiasaan salah satu cara untuk membangun sebuah karakter…

      makasih….makasih banyak kang ikhfa…
      it’s really helped me..

  6. Pingback: Dapat Award Lagi Dari Narablog! « Hidup Itu Harus Dinikmati…

  7. berawal tertarik dengan link judul tulisan di blog nya Kang Asop saya semakin penasaran dengan tulisan mbak Isil tentang pembuatan skripsi dengan menggabungkan metode atau manfaat pembentukan karakter dengan ngeblog, sempat berpikir rumit dan malah saya kepikiran mungkinkah membuat weblog ? dan ternyata saya baru mudeng:mrgreen:

    well..mungkin komentar saya tidak dapat membantu namun sedikit ingin saya paparkan daripada apa yang sya dapat dari blog. Sebenarnya saya masih awam soal pembentukan karakter seseorang dalam ranah blog. Namun saya pribadi merasakan sedikit demi sedikit manfaatnya sungguh luar biasa bukan hanya soal berbagi, namun sikap santun dimana dalam keseharian kita nyeleneh, namun setelah dengan rajin blogwallking saya jadi menyadari dimana kata santun dan pembentukan pola pikir secara alamiah lewat ngeblog, terbawa ke keseharian dan banyak ilmu pula yang kita dapatkan bukan ? saya hanya bisa mendo’akan semoga skripsi anda berjalan dengan lancar *jangan seperti saya, nyangkut terus sama kerjaan*:mrgreen:

    salam hangat & salam semangat

  8. saya emg belajar tentang pendidikan karakter di kuliah saya. bahkan ada mata kuliahnya tersendiri😀
    kalo menurut saya sih, dgn ngeblog bisa aja ngebetuk karakter. kayak yg mbak bilang, seneng berbagi juga termasuk karakter. terus sopan dalam ngeblog, sopan dalam ngasih komentar, sopan dalam blog walking. banyak deh pokoknya😀
    dgn ngeblog juga saya jadi lebih bisa ngehargain karya orang lain, mencoba mengerti kalo sifat semua orang itu berbeda😀
    ya begitula kira2😀
    *saya juga lg nyusun skripsi, mbak. tapi baru ngerjain proposal sih. hehehe

  9. kalo saya malah lebih kearah bukan membangun tapi pengeksploran karakter deh…
    dengan blog kita bisa tahu karakter orang dari macam tulisannya…
    karena menurut saya membangun sebuah karakter tidak semudah kita menulis di blog dan dengan ngeblog pun tidak serta merta karakter dibangun. meskipun keduanya membutuhkan proses, tapi menurut saya blog hanyalah sebagai sarana untuk mengekspresikan karakter kita…
    eh tapi apakah karakter itu sma dengan kebiasaan atau tabiat???hehehe

  10. Menurutku karakter yang terbentuk adalah ‘cerdas’. Yang kurasakan sih blog bisa membuat kita berubah dalam hal pemanfaatan dunia maya. Mungkin awalnya hanya berkisar antara main game atau mencari informasi bahkan mungkin gosip seleb, berubah menjadi sebentuk tanggung jawab berupa blog. Dengan blog seseorang jadi sering meng-update tulisan. Tulisan tersebut bersumber dari kegiatan membaca, baik membaca tulisan, maupun ‘membaca’ kejadian sekitar. Tentu saja kegiatan membaca ini kemudian disaring melalui proses pikiran blogger, barulah kemudian dituangkan dalam blog.
    Kira2 begitu…🙂

  11. aslkm isil.salam kenal…
    pengguna blog di sini baik sisi penulis blog ataupun pembaca blog ya sil…
    sebuah informasi yang baik di blog apabila sampai ke pembaca dengan baik bisa merubah pandangan seseorang akan sesuatu…dan akhirnya merubah kebiasaannya dan merubah karakternya…itu baru satu tulisan..kalo ada 1000 tulisan dan dibaca oleh satu orang setiap tulisan maka akan ada 1000 orang yang berubah menjadi baik karakternya. karakter yg terbentuk adalah karakter mampu menerima hal baru dan merubah diri ke arah yg baik.

    saya sendiri dengan kegiatan ngeblog sebagai penulis blog berarti saya sedang membentuk karakter senang berbagi kebaikan pada setiap pembaca blog, minimal 1 orang pembaca setiap artikel..
    dengan kita berbagi maka setiap pemikiran yang ada di kepala tersampaikan, insya Allah dengan membagi kebaikan pahalanya akan datang ke kita,,dan kita sendiri akan merubah diri sesuai pesan kebaikan yang kita tulis,,ini menumbuhkan karakter mawas diri.

    mengapa itu bisa terjadi??
    apabila hanya hal kebaikan saja yang tersampaikan di blog kita….bukan keburukan apalagi kejahatan…^^
    salam isil sukses skripsinya ya,,,

  12. Pingback: Terimakasih untuk Semuanya ^_^ « Try To Be Better

  13. hahahaha
    saya g tau pa tuch…………
    aku mau tau apa tuh sikap ku………..
    kok jebuze nang pa tuch skripsi……………
    mang nya skripsi tuch pa sich?????

Leave a Reply

