Evaluasi Blog Akhir Tahun

Jika bercerita mengenai blog, ada begitu banyak hal yang ingin sampaikan. Dan saya rasa, halaman ini juga tidak akan cukup untuk mengungkapkan semuanya (huhuhu…lebay mode:on).  Ga segitu nya juga kalee…

Baiklah, ternyata sekarang tanggal 16 Desember 2010. Yang berarti, tinggal beberapa jam lagi, kontes unggulan muhasabah akhir tahun yang dari pakde akan ditutup. Karena ga mau ketinggalan dengan mbak fety, dan mbak monda yang sudah duluan ikut, pagi ini saya akan menjelajah ke setahun yang lalu. Membuka kembali cerita – cerita mengenai blog ini..Yuk mari…

Jika mau jujur, saya bukanlah orang yang bisa merangkai kata. Bahkan,sering menghindar jika disuruh buat sebuah tulisan atau karangan oleh guru bahasa indonesia ketika si sayah masih duduk dibangku sekolah. Yups, itulah kenyataannya, dan bahkan dulu pernah benar – benar mengubur niat untuk menulis.

Kenapa bisa punya blog?

Sebenarnya ini rahasia, hoho tapi gpp lah, diceritakan juga. Sebenarnya ada beberapa orang yang menginspirasi saya untuk menulis di blog, dan kayaknya orangnya juga ga pernah tahu heh, berawal di tahun 2008.

1. Terinspirasi dari tulisan my best friend Dwi Yosha Fetri Yuna saya biasa manggilnya say dan dia manggil saya cinta (whaha tapi panggilan aslinya ocha). Gaya menulisnya yang blak – blakan membuat saya hanyut dalam tulisan -tulisannya, bahkan tidak jarang membuat saya meneteskan air mata. (occchhhaa…..jangan GR). Nah, ocha waktu itu dan sampai sekarang hanya menulis di blog friendsternya.

2. Terinspirasi dari blog my bos ketika di DPO (Departemen Pengembangan Organisasi) Keluarga Mahasiswa Komputer (KEMAKOM), saya akrab manggilnya dengan sebutan Kang Eka, yang punya gaya menulis terstruktur dan runtut. Yang sudah punya blog di wordpress

Yups, akhirnya diawal saya buat blog di multiply. Nah, ternyata beberapa hari setelah itu multiply error akhirnya saya buat blog ini di blogspot.

Bagaimana proses ngeblog?

Yups, akhirnya saya menetap di blogspot hampir lebih satu tahun dengan terus mencoba untuk memperbaiki gaya tulisan. Kalau sekarang saya baca tulisan pertama saya, tepatnya pada bulan july 2008, saya ketawa2 sendiri. Bahasa yang masih kacau, cerita yang sangat panjang tanpa ada paragraf yang memisahkan. Tapi bagi saya itulah sebuah proses, proses saya memulai menulis di blog itu. Setelah itu, setiap bulan saya menghasilkan minimal 2 tulisan, terus meningkat dan bahkan sampai satu bulan 11 tulisan saya hasilkan. Setahun lebih di blogspot tetap saya jalani, walau blog itu tidak terlalu banyak pengunjung. Hanya beberapa teman dekat saya yang rutin berkunjung kesana, tapi hal itu tidak mengurangi semangat saya untuk terus belajar menulis. Selama proses menulis di blogspot blog yang satu ini juga sering menginspirasi saya, blog teh Maryam Nur Azizah salah seorang senior di ILKOM yang sekarang lagi cuti ngeblog karena skripsi.(hayooo teh, ngeblog lagi…)

Nah, ketika akhir tahun 2009 saya mulai aktif di KARISMA, saya mengenal salah seorang pembina KARISMA yang ternyata seorang blogger juga, yaitu Kang Onnay Okheng. Masih ingat, ketika berkenalan, dia mempromosikan alamat blognya. hoho (kayaknya setiap blogger selalu melakukan hal yang sama terkadang saya juga begitu..hihi). Akhirnya, langsunglah si sayah blogwalking ke onnayokheng.wordpress.com.

Wah ternyata, subhanallah rame juga blog nih orang, itu yang saya pikir – pikir di awal. Masih ingat, disana saya menemukan blog bundo si eMak, bunda don’t worry dan beberapa teman blogger lainnya. Sedikit banyaknya, kang Onnay yang saya sebut aktifis wordpress ini, sering promo seputar WP hingga akhirnya saya beralih ke wordpress.hehe

Tepatnya pada bulan novemeber 2009 yang lalu. Ini nih, komentar perdana kang onnay diblog saya yang terlihat begitu puas ketika tahu saya pindah.

 

Ungkapan puas sang aktifis wordpress

Yah itulah awal saya mulai ngeblog di wordpress.

Bagaimana ngeblog di wordpress?

Akhirnya, pindah kerumah yang baru, tepatnya 11 November 2010 ini tulisan perdana yang berjudul ‘ Penasaranku Berujung pada blog ini’. Dan ternyata, ketika mulai ngeblog disini, sedikit demi sedikit  saya mulai bersosialisasi dengan tetangga – tetangga baru. Saya jadi kenal para sesepuh blog. Saya tahu cara ngeblog yang asik, di anugerahi award dari beberapa sahabat blogger, dan bahkan saya juga pernah ngasih tumpeng persahabatan buat teman – teman blogger. Ada dalam tulisan ini ‘Tumpeng tuk Sahabat’ .Tumpeng yang bela – belain saya buat sampai larut malam. Ada yang masih ingat?? Tidak hanya itu, 3 bulan setelah ngeblog di wp, si mbah google ngasih surprise juga buat blog saya ini ‘Alhamdulillah kejutan dimalam kamis’ ga disangka Page Rank blog ini naik jadi 3. Alhamdulillah, jadi semakin semangat buat ngeblog..hehe (padahal mah harusnya jangan karena itu)

Akhirnya saya paham, bahwa kunci ngeblog itu adalah terus update, silaturrahim dan janga lupa tinggalkan jejak. Yups, sama dengan konsep silaturrahim di dunia nyata. Persis seperti di dunia nyata, salah satu manfaat silaturrahim adalah diluaskannya rezeki, dan ternyata saya juga rasakan itu selama ngeblog. Di bulan maret saya mendapat tali asih pertama dari pakde cholik sang raja blogger. Ini ungkapan kebahagiaan itu ‘ Tali Asih Pertama “Ojek Cantik” dari Pakde’. Walaupun sempat beberapa kali balik ke pakde, tapi akhirnya tali asih itu sampai juga ditangan saya.Hehe

Nah, nah mulai akhir maret sampai july semangat ngeblog saya sering naik turun. Karena persiapan sebuah event di KARISMA yang kebetulan si sayah yang jadi ketuplaknya. Hingga blog ini lebih sering diwarnai dengan tulisan seperti ini ‘penyakit akut para blogger’ dan ‘mau jadi blogger gagal?’.

Mhmm, tidak hanya sampai distu. Ketika Event itu selesai, ternyata masih banyak aktifitas di dunia nyata yang menyita waktu dan semangat saya. Sehingga intensitas ngeblog pun tak seperti di awal – awal berdirinya blog ini. Walaupun, masih update tapi tidak sesering di awal, walaupun masih BW tapi tidak sebanyak di awal. Dan masih banyak sahabat blogger yang tak sempat saya kunjungi.

Sekarang tak terasa, sudah lebih dari satu tahun saya ngontrak di wordpress ini. Ternyata saya sudah berada di bulan December 2010. Bersyukur, ada banyak hal yang telah saya lalui setahun ini. Ada banyak ilmu yang saya dapat dari blog – blog teman – teman. Ada banyak sahabat yang saya kenal, dan yang terpenting, saya bisa belajar banyak cara menulis yang baik dari sahabat – sahabat blogger.

Insyallah sekarang, lagi mulai merutinkan kembali aktifitas ini. Mudah – mudahan semangatnya pun, bisa seperti dulu lagi. Amin…Mohon doa nya ya…

Blog ini di ikutkan kontes unggulan muhasabah akhir tahun dari Pakde Cholik

33 thoughts on “Evaluasi Blog Akhir Tahun

  1. xixi ternyata isil diawal ngeblognya kenal duluan sama dua emak-emak dari ranah minang😀

    dan eMak yang ini sudah pasti bangga dan senang
    unya anak gadih yang manis, pintar, shalihah begini
    Alhamdulillah..

    • hehe, sebenarnya tujuan utama nulis ini ga ingin menangnya sih kang…
      tapi kalau menang mah alhamdulillah hehe
      haha ada2 aja nih kang eka biar trafik blognya jadi ikut naik…

      waaaaaahh…jadi malu dibilang gitu, padahal awalnya bikin blog, terinspirasi dari blog nya kang eka juga tuh…

  2. bunda inget banget dong Shil, dapet ‘tumpeng’ dr anak bunda inih….🙂
    semoga dengan tulisan muhasabah ini, Shil rajin lagi ngeblognya ya ….
    bunda dah kangen dgn tulisan2 Shil yang gemesin, lucu, serius…pokoknya komplit lah🙂

    Selamat ya Shil, semoga beruntung di acara nya BlogCmap ini ………
    salam

  3. inget banget tumpeng dari isil, kan kugondol pulang dan dibuat posting sendiri
    award pertama tuh sil
    sejarah ngeblognya isil ternyata udah cukup panjang juga ya,
    sukses ya sil

  4. Sekarang sy jadi tahu sejarah Isil ngeblog
    ternyata udah lumayan lama juga ya
    pantes tulisan2nya makin keren

    Sukses buat perhelatannya ya Sil

  5. assalamualaikum sil semangat terus ya, wah sepertinya saya menemukan lagi blogger potensial neeh. semoga setiap mengispirasi langsung tulis saja dan selalu berani ya untuk tetap menulis. Wah memang di wp lebih baik dan mudah. dan ga percuma kena pengaruh dari onay jangan2 dia kerja wordpress. kaliee

    oke met malam ya.sambut hari dengan senyum sapa dan salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s