Apa yang Dilakukan Saat Punya Banyak Waktu Luang?

Seperti judul postingan ini, seperti itulah tema Tafakur di radio MQ FM malam ini. Saya kira ini bukan sebuah kebetulan, karena hampir tiap malam tema – tema yang diangkat dalam Tafakur sama dengan apa yang sedang saya rasakan, alami dan fikirkan. Entah untuk yang keberapa kalinya, tema malam mini, ternyata pas lagi.

Yups, tidak ada yang tidak mungkin jika Dia sudah berkendak. Dan jika sudah seperti itu, biasanya tangan ini ga tenang. Diri ini ga betah jika hanya diam sambil mendengar dan menikmati hal itu sendiri tanpa berbagi dengan yang lain. Kalau nggak update status facebook, biasanya saya nulis buat update blog mengenai hal tersebut.

Ada berbagai macam cara yang biasa dilakukan orang untuk memanfaatkan waktu – waktu luang yang ia miliki. Mulai dari berkumpul dengan keluarga, membaca buku, menulis, memasak, beristirahat atau sekedar bermalas – malasan sambil tidur – tiduran. Dan bagaimana cara kita memanfaatkan waktu luang itu akan menentukan seberapa berkualitaskah waktu luang yang kita miliki. Akankah kita menyikapinya dengan hal – hal yang bermanfaat? Atau hanya dengan kesia – siaan?

Rasullullah pernah bersabda seperti ini :

Paling aku khawatirkan dari umatku, bila mereka kenyang, kebanyakan tidur dan punya keyakinan yang lemah

(HR. Daru-Quthi)

Hmm…yups, teryata nabi kita juga sangat mengkhawatirkan ini. Ketika kita, hanya bermalas –malasan dengan banyak tidur tanpa berbuat yang bermanfaat.  Beberapa jam sebelum acara ini, saya sempat buat status di Facebook yang bernada sama. Isinya seperti ini

“Seberat-beratnya ujian di saat sempit, biasanya manusia bisa melewatinya karena merasa tertantang untuk menaklukkannya. Dan manusia akan kalah disaat punya waktu luang dan kelapangan, Karena kelapangan itu melenakan dan tidak terlihat sebagai sebuah ujian yang harus ditaklukkan.

Tapi, ternyata disitulah ujian dari sebuah waktu luang. Namanya saja waktu luang, otomatis tidak ada yang mengikat kita pada waktu itu. Kitalah raja nya, kitalah yang bertanggung jawab dalam mengendalikannya. Apakah kita bisa memanfaatkan untuk hal yang bermanfaat, atau hanya terjebak dengan kegiatan – kegiatan sia – sia. Sangat diperlukan sebuah kesadaran tinggi untuk kasus ini. Dan itulah yang sulit, menemukan kesadaran ketika kita terlena dengan kesenangan dan kelapangan.

Saya yakin, kali ini Allah ingin mengajari hal ini pada saya, kesadaran dalam memanfaatkan waktu luang. Tidak dipungkiri, disaat PLP sudah selesai, setidaknya saya punya lebih banyak waktu luang dibandingkan ketika masih praktek ngajar. Dalam seminggu ini, saya mulai menikmati waktu – waktu luang itu. Tidak ada lagi piket disekolah yang mengharuskan berangkat pagi kesekolah, tidak ada lagi ngajar di kelas, dan pastinya bebas dari upacara bendera. Plong memang, dan fikiran juga sedikit tenang. Walaupun sebenarnya, skripsi masih di depan mata yang mesti disentuh dan dikerjakan.

Dan sekarang, ketika saya berada pada saat – saat itu. Ketika berada pada waktu – waktu luang itu, saya sadar, ternyata perlu jurus yang berbeda untuk menyikapi keadaan itu. Jika pada masa – masa sempit, saya bisa disiplin dan benar – benar teliti dengan setiap waktu yang saya lewati, dikarenakan banyaknya aktifitas yang mengikat dengan waktu yang sedikit. Sekarang keadaannya terbalik. Waktu lapang dengan tidak ada kegiatan yang mengikat.

Jika di ibaratkan seperti perang, disaat musuh nyata ada dihadapan kita, biasanya kita akan dengan sepenuh tenaga mengerahkan semua kekuatan untuk melawannya, sebaliknya ketika musuh itu tidak terlihat, kita biasanya santai dan tidak mempersiapkan apa – apa. Hingga akan sangat gampang dikalahkan.

Naudzubillah, semoga saya tidak berakhir dengan kekalahan itu. Dan ini adalah salah satu cara yang saya lakukan untuk menumbuhkan kesadaran itu. Dengan menuliskan saya akan ingat dan di ingatkan dengan tulisan saya sendiri, Sehingga ketika saya lupa saya bisa membaca kembali tulisan ini.

Dan hal yang biasa saya lakukan ketika punya banyak waktu luang adalah, membuat daftar semua hal – hal yang harus saya selesaikan dalam minggu itu. Di urutkan berdasarkan prioritas, dan di uraikan kedalam agenda -agenda harian. Sehingga akhirnya, hari – hari saya tetap bisa dijalani tanpa hal yang sia – sia.

Diakhir postingan ini saya mengutip sebuah tulisan dalam buku “Hidup tak mengenal siaran tunda” mengenai waktu

Setiap potongan waktu adalah momentum. Setiap penggal masa adalah kesempatan. Semacam pelontar yang bisa melemparkan diri kita ke puncak sukses, atau sebaliknya menjungkalkan kita jurang kegagalan. Memang bukan waktu itu yang sendiri yang punya daya lempar dan kekuatan lontar. Tapi cara kita menjadikan sepenggal kesempatan itu dengan sebaik – baiknya. Masalahnya, kita tidak pernah tahu pada momentum yang mana kita akan sukses atau gagal. Maka, pada setiap potongan momentum dan kesempatan itu kita seperti berjudi. Gagal atau sukseskah? Lancar atau tesendetkah?

Yuk…mari kita persiapkan senjata – senjata perang kita, baik ketika melawan musuh yang nyata di depan mata, ataupun musuh yang tak terlihat seperti waktu luang yang kita miliki. Hingga pada akhirnya hanya kata ‘SUKSES’ itulah yang kita lihat diakhir kelak..Amin…

gambar : 7celine.blogspot.com

23 thoughts on “Apa yang Dilakukan Saat Punya Banyak Waktu Luang?

  1. cieeeee… tampilan baru ko cin??
    atau v yang baru main k laman icin. hehehe😀

    ternyata tadi malam tetanggaku juga begadang untuk membuat postingan ini.:) (ado kawan batanggang..)

  2. He…he…status MQ Tafakur sama dengan satatus saya pagi hari pada hari yang sama di malamnya MQ ngebahas hal ini…

    Benar sekali, ketika banyak waktu luang, kita lebih banyak godaannya untuk banyak bermalasan. Semoga saja tidak terlalu terlena dengan banyaknya waktu luang

    • hoho kok sama ya kang??
      saya juga seperti itu…
      status facebook saya siang hari pada hari yang sama juga seperti itu..
      dan saya semakin yakin, inilah kuasaNya..

Leave a Reply

