Begitu Cepatnya Pergantian Generasi

Karena akan lebaran, saya akhirnya pulang juga ke Pariaman (Sumatera Barat). Horeeee… Setelah hampir satu tahun tidak pulang, sekarang bisa merasakan lagi nikmat berkumpul dengan keluarga. Alhamdulillah terimakasih ya Allah atas nikmat ini.

29 Agustus 2010, saya menginjakkan kaki pertama kalinya di tahun 2010 di tanah Minang. Itulah momen yang paling dinantikan.

Ketika sampai dirumah dan berinteraksi dengan orang – orang sekitar, saya baru sadar kalau ternyata generasi itu sudah berganti. Anak – anak kecil yang dulu masih imut – imut, sekarang sudah tinggi dan mulai beranjak remaja. Pembicaraan merekapun sudah berganti dari mainan dan boneka ke cowok dan dandanan.

Anak – anak kecil yang terlihat sering main sekarang pun sudah berganti dengan wajah – wajah baru yang belum saya kenal.Yang semakin membuat saya takjub adalah, kakak – kakak tingkat yang sepermainan dengan saya, ternyata sekarang sudah nikah dan punya anak. Hmm, entah berapa orang yang saya tahu sudah menikah atau akan segera menikah setelah lebaran.

Ibu – ibu yang dulu pembicaraannya mengenai perkembangan  sekolah dan prestasi anaknya, sekarang sudah beralih ke masalah cucu dan menantunya.

hmm..dan ketika bertemu dengan teman – teman SD pun sudah beda. Tahun lalu ketika ngumpul dan buka bareng yang ditanyakan “dimana kuliah”, “gimana kuliahnya?”, dan sekarang yang ditanyakan “siapa yang sudah lulus?“, “kapan lulus” dan bahkan “kapan nikah”?

Baiklah, akhirnya saya mulai bisa menerima bahwa memang generasi itu sudah mulai berganti. Saya jadi berfikir memang ternyata begitu cepat waktu berlalu. Rasanya baru kemaren, main dan berkumpul dengan teman – teman SD, sekarang melihat mereka sudah dewasa.

Masa - masa SD

Dan ini mereka Sekarang

Dan kesimpulannya bahwa hidup di dunia ini memang sangat singkat. Nanti tanpa terasa, ketika berkumpul, masing – masing sudah jadi ibu dan ayah, terus sudah jadi nenek dan kakek, dan setelah itu…habis. Yah, ternyata hidup hanya sampai itu. Jika kita tidak siapkan untuk yang kekal nanti, terasa percuma hidup yang singkat ini.

Dan saya sangat berharap, bisa berkumpul dan reunian lagi dengan teman – teman semua di alam yang kekal. Tempat dimana semuanya akan terlihat muda, tidak ada yang tua. Tempat yang semuanya tersedia dan lengkap, dan tentunya pasti akan lebih bahagia dari masa – masa ketika di dunia. Amin, moga kita semua di kumpulkan di jannahnya kelak.

13 thoughts on “Begitu Cepatnya Pergantian Generasi

  1. amin..
    bener teh, selama ini kynya sy hny mengejar kebutuhan duniawi aja sangat kurang u/ mempersiapkan kehidupan yg kekal nanti…
    qt saling mengingatkan ya teh,spy qt bertemu lg di jannahnya,amin..=)

  2. terakhir pulang ke kampung kemarin banyak wajah-wajah yang tidak saya kenal, ternyata mereka ini adalah bocah-bocah ingusan yang sering berkeliaran di depan rumahku ketika terakhir kali kampung kutinggalkan…

  3. dari kecil sampe tue bangke gini kite bersama cin… marvelous marvelous marvelous….hahahahaaa…

    semoga foto kita disaat bersama-sama menjadi kakek nenek kelak bisa tercetak oleh kamera…
    amieennn…

  4. Sekedar berkunjung dan ingin mengucapkan minal aidin wal faidzin…
    semoga kita dimasukkan kedalam golongan orang-orang yang fitrah dan meraih kemenangan…Amin

    Mohon maaf Lahir dan Bathin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s