Indahnya Kebersamaan bersama adik di Karisma Camp

Ternyata benar, ketika sudah lama tidak menulis, akan sangat susah untuk memulainya kembali. Itulah yang saya rasakan sekarang. Tapi, kali ini saya harus mencoba lagi, walaupun berat. Padahal inspirasi dan bahan itu cukup banyak, tetap saja feel untuk menulis itu ga muncul – muncul.

Mungkin sudah banyak teman – teman blogger datang berkunjung dan kembali dengan tangan hampa, karena tidak ada yang bisa saya bagi. Seperti komen dibawah yang di tinggalkan dari seorang sahabat, yaitu om NH seorang trainer

OOT …
Cuma mau menyapa …
Apa Kabar Sil ?
Sibuk ya … belum ada postingan baru nih …?

Ingat jaga kesehatan …!
Calm Down …!
Relax …
Give a Break to your body and soul …
supaya segar terus …

Salam saya Sil …

Makasih banyak om, sekarang sil mau update lagi hehe.

Baiklah, kali ini saya akan berbagi mengenai kegiatan yang baru – baru saya ikuti di Karisma, yaitu Karisma Camp. Ini adalah moment terakhir bersama adik diperiode 29 di Karisma. Karena besok, tanggal 2-4 akan diadakan Sidang umum tanda pergantian kepengurusan.

Selalu saja ada hikmah dan ilmu baru yang Allah berikan, dalam setiap kegiatan yang kita alami, begitu juga dengan Karisma Camp. Banyak hikmah yang bisa diambil, banyak kenangan yang telah tergoreskan, banyak ilmu yang bisa dipetik bahkan dari seorang adik yang masih SMP.

Kebetulan dalam kegiatan ini, saya menggantikan teman untuk menjadi kakak pendamping bagi adik -adik. Sehingga, tanpa disadari saya lebih banyak berinteraksi dengan adik daripada pembina. Kegiatan ini diawali dengan kampanye “SAVE OUR EART” dimana adik – adik berangkat ke lokasi camp dengan berjalan kaki dan membawa atribut berupa ajakan untuk selamatkan bumi. Atribut yang dibuat adik – adikpun sangat beragam, ada yang menyuarakan untuk menghemat penggunakan kresek, ada yang membuat pita hijau sebagai tanda ikut menyelamatkan bumi dan memberikan pada setiap orang yang mereka lihat.

Berbagai macam atribut yang di gunakan

Bahkan Pak Polisi pun tak segan mereka kasih pita

Setelah sampai di tempat camp yaitu di sekolah alam dago, adik – adik mulai mengikuti beberapa games lapangan. Games yang menarik, menantang,  mampu membuat adik -adik bersemangat, melatih jiwa kepemimpinan, dan kebersamaan. ini beberapa suasana ketika games berlangsung

Lomba Makan kerupuk, salah satu permainan dalam Games Estafet

Games Staping Matras

Ini dia adik - adik di kelompok saya

Games Shiratal Mustaqim

Games lapangan selesai menjelang magrib, adik – adik beres – beres shalat magrib sampai isya, kemudian dilanjutkan dengan tadarus al-quran bersama. Setelah itu ada sesi, sharing mengenai pengalaman dan hikmah. Dalam sesi ini, ada tips H2N yang dibagi oleh seorang adik dalam mengikuti acara ini yaitu “HADAPI, HAYATI DAN NIKMATI”. Ilmu dari aa gym yang ia dapatkan ketika mengikuti program di Daarut Tauhid. Alhamdulillah, setelah mendengar itu, adik – adik yang tadinya mengeluh takut tidur di saung yang disediakan, menjadi berani dan tetap menikmati.

Setelah acara sharing, ada games lagi ternyata. Yaitu namanya games “Angel and Devil”. Dimana masing – masing kelompok dikasih beberapa lembar kertas, kain putih, kain hitam, bola pingpong dan alat tulis. Kemudian mereka di suruh untuk menuliskan kejelekan/sifat negatif yang ada di diri mereka di kertas, tanpa ada yang tahu kemudian kertas itu dibuatkan sebuah boneka devil dengan kain hitam yang telah disediakan. Sedangkan di kain putih, mereka disuruh menuliskan cita – cita dan harapan yang mereka inginkan kemudian dibuatkan bonek “Angel”. Setelah semuanya selesai semua peserta dikumpulkan di lapangan yang sudah tersedia api unggun.

Di depan api unggun, semua boneka devil yang mereka buat dimasukkan kedalam api, agar semua sifat – sifat jelek yang mereka tuliskan itu juga bisa hilang dari diri mereka. Kemudian setelah itu, perwakilan tiap kelompok disuruh membacakan cita – cita yang tertulis di bonel angel yang mereka buat. Ada banyak cita – cita yang mereka sampaikan, tapi ada satu cita – cita yang membuat saya takjub yaitu ada dari salah satu adik yang bercita – cita ingin mengembalikan kejayaan islam di muka bumi. Wah, cita – cita yang sangat agung sekali disaat teman – teman sebaya nya bercita – cita ingin jadi ini, jadi itu,  yang kebanyakan untuk keberhasilan diri sendiri tapi ia bercita – cita untuk islam. Acara malam itu sangat mengharukan, banyak janji, tekad dan harapan yang adik – adik lontarkan agar bisa menjadi lebih baik. Saya ikut mengaminkan, mudah2n semua tekad dan niat itu bisa terus terjaga dan diperbaharui sampai suatu hari nanti saya benar – benar bisa melihat mereka dalam kondisi yang mereka harapkan.

14 thoughts on “Indahnya Kebersamaan bersama adik di Karisma Camp

  1. Alhamdulillah ada tulisan baru, wah pantesan aja jarang update. Adek mas sibuk banget sih. Seru banget ya dek kegiatannya, semoga bermanfaat dan mampu menciptakan generasi-generasi emas untuk negeri dan agama ini.

  2. Isil… apa kabar? Lama juga saya tak berkunjung ke sini ya?

    Wah, kegiatannya seru sekali tuh. Sepertinya suatu saat Isil patut jadi instruktur saya untuk kegiatan outbond nih, hehehe…🙂

    • alhamdulillah baik uda vizon..
      iya, kayaknya lagi sibuk ya da?
      wah…uda berlebihan,kayaknya lebih pantas om NH deh, kan seorang trainer, pasti punya permainan yang lebih seru

  3. Very Nice Sil …
    Adik-adik itu pasti senang dan bahagia mendapatkan pengalaman ini …

    BTW
    Stepping Matras itu game yang sangat exciting sekali …
    Gendong-gendongan … dempet-dempetan … desak-desakan …
    demi mencapai ujung tujuan di sisi yang lain …

    Salam saya Sil …

    Once again …
    Calm Down … nikmati waktu mu …

    Salam saya

    • iya om, sebenarnya ada teknik nya juga biar ga dempet2..
      hanya saja, itu pas diawal adik2 pada belum kepikiran…

      once again
      thanks for your advice om..

  4. addu teteh..
    kagok ih..
    ceritanya nanggung..
    mana yang pas outbond-nya??
    hhe.:)
    tapi.
    rame kok..
    pokonya, gak akan pernah terlupakan..

    .love karisma.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s