Mereka Masih Butuh Bantuan Kita…


Nempel banget neng?

Untuk urusan  Festival Pers Kayu yang akan diadakan Karisma Salman ITB, saya dan Vera, seorang teman,  hari ini ke kantor walikota Bandung untuk memenuhi persyaratan pengajuan proposal. Nah, ketika urusan kami selesai, kami tidak pulang begitu saja. Kami sempatkan hunting foto sambil menikmati pemandangan indah yang ada di taman sekitar. Dan, saya menemukan pemandangan yang memprihatinkan, suasana yang mungkin bagi sebagian orang hal yang biasa. Tapi bagi saya itu adalah bukti kemorosotan moral pelajar di kota Bandung. Kami melihat di tiap pojok taman, tidak pernah kosong dengan pasangan muda – mudi yang lagi berduaan. Mulai dari yang berpakaian bebas, berseragam smp, sma dan bahkan ada siswi sma yang menggunakan jilbab sekalipun. Naudzubillah..semuanya seolah biasa dengan kebiasaan seperti itu

Jika hal itu terjadi di mall, atau ditempat rekreasi mungkin saya tidak akan sekaget itu. Masalahnya, hal itu terjadi dalam lingkungan kantor walikota Bandung, yang notabene adalah pusat pemerintahan kota Bandung. Selain itu, disekeliling taman itu banyak satpol PP dan Satpam yang katanya sedang berjaga. Tapi, mereka diam saja dan seolah – olah mewajarkan hal itu. Saking kagetnya, vera sempat mengabadikan foto beberapa pasangan yang lagi asyik bercengkrama.

Dan yang berjilbab pun tidak ketinggalan

pasangan pelajar SMA

Mhmm....

itu beberapa gambar yang berhasil kami abadikan. walaupun ada beberapa pasangan yang sempat menyadari kalau kami sedang mencuri foto mereka. tapi kami tetap nekat, disitulah perjuangan nya, sehingga membuat kami melakukan berbagai cara agar bisa mengabadikannya. Seperti contoh : saya duduk dekat mereka, dan vera seolah – olah ngambil foto saya, tapi kamera nya di arahkan ke mereka.

Nah, kemudian timbul pertanyaan dibenak saya, sudah begitu merosotnya kah, pergaulan dikalangan remaja saat ini?Mungkin selama ini, saya jarang melihat kondisi yang seperti itu, karena adik – adik SMP dan SMA yang sering saya temui di Karisma pun, tidak separah itu. Saya jadi ingat, kata seorang teman dari karisma, ketika menyemangati kita untuk tetap berjuang di Karisma. Beliau bilang seperti ini :

“Masih banyak adik – adik diluar sana yang butuh bantuan kita. Kalau kita tidak berjuang, siapa lagi yang akan merubah kondisi ini”

Yups, bener semakin terkuatkan ketika saya melihat sendiri keadaan itu di depan mata saya. Ternyata, benar adik yang ada di Karisma masih sebagian kecil dari total pelajar yang ada dikota Bandung. Perjuangan itu masih panjang, dan dibutuhkan banyak pengorbanan untuk mencapai cita – cita besar itu.

29 thoughts on “Mereka Masih Butuh Bantuan Kita…

  1. keren keren, jadi inget waktu saya nyuri2 foto orang lagi mesum di ciwalini.
    kalo nyuri barang hukumnya haram. klo nyuri2 foto hukumnya apa ya? heheheheheh
    ========================================
    heheh…kira2 apa ya rul?
    wah ternyata si darul lebih parah lagi nih, nyuri fotonya…hehe

  2. astaghfirullaah.. tanggung jawab kita semua tuh..😥
    kalo belum bisa berbuat ayo kita doakan..
    ===========================
    yups…bener kang ikhfa…
    tanggung jawab kita

  3. jadi kepikirn ide baru. gmana kalo Isil bikin tulisan tentang pendapat anak2 sekolah d karisma tentang pacaran? sapa tau ada pandangan baru dari mereka🙂
    =======================================
    ide bagus kang yudha..
    sil udah wawancara adik2 dikarisma juga kok…
    tunggu tulisannya ya…..

  4. ayo2..doakan aja deh..
    nanti kalo saya jadi orang terkenal saya labrak teh..
    =====================================
    doakan, dan kita juga tetap berjuang ya mil…
    mereka masih butuh bantuan kita

  5. hhhhmmmmmm, yang g pake jilbab mungkin lumrah, karena kekurang tauan mereka..
    lha ini kalu pake jilbab,lebar, aktivis dakwah, ngakunya akhwat tapi ternyata pacaran juga gmn ukh???
    pacarannya disini dengan ber sms ria dengan sesama “temen dakwah” ikhwan, mbangunin shalat lail ke ikhwan atau sebaliknya……. dg ber rapat2 ria tanpa hijab sehingga bs saling pandang..
    itu gmn ukh???
    padahal secara dhohir kita taunya pasti org2 yg seperti mereka tau apa yg boleh dan ga boleh😦
    =================================
    wah..naudzubillah itu mbak,….
    yups…dan tidak dipungkiri fenomena yang mbak ismi bilang itu, juga sering terjadi dikalangan aktifis dakwah,..
    karena syetan itu tidak pernah memandang orang, siapa pun itu aktifis dakwah sekalipun..
    pasti bisa tergoda…
    hayuk…oleh karena itu, kita mulai dari diri sendiri untuk menjaga nya…

  6. Ternyata tidak dikota Medan saja fenomena seperti itu terjadi. Miris melihatnya ya Dek. Mudah-mudahan Allah mengampuni dan memberi petunjukNya kepada kita semua
    ====================================
    hehe…iya mas, sangat miris…
    dimedan juga ada ya?
    kayaknya di Padang pun keadaannya tidak jauh beda deh mas…
    amin….

  7. Dido’akan, selelmah-lemah iman,,,

    Yuk perbaiki moral org2 Bandung!🙂
    ========================
    ya bener…itu yang bisa dilakukan paling minimal..
    hayu…kita sama2 berjuang dek intan…

  8. berjuang itu bukan untuk berhenti..
    ketika mulai berjuang maka jangan pernah menoleh ke belakang untuk melihat sejauh mana kita melangkah..karena bisa saja itu membuat kita berkata “lelah” atau malah “sombong”..
    semangat..^_^
    kamu enggak sendirian ko..semangat..
    ======================================
    yups…bener banget teh…
    semangat…
    makasih atas nasehat dan semangatnya….

  9. mulailah sedikit demi sedikit berubah dari diri kita sendiri
    dari lingkungan kita sendiri . . . . .
    semoga ada manfaat di masa yang akan datang
    ==================================
    yups…setuju dengan mas isdiyanto…
    mulai dari diri sendiri
    mulai dari hal kecil
    dan mulai dari sekarang

    Aa gym banget…hehehe

  10. seperti itu memang realitas anak muda zaman sekarang.. banyak sekali faktor yang menyebabkan kedegradasian moral..
    Salam🙂
    ======================
    bener banget mas afif….
    kita harus merubahnya, minimal dari diri kita sendiri…..

  11. waah… pada pacaran yaaa??? hooh Sil perlu sentuhan kita tuuuh… semoga Allah memberi kekuatan pada kalian tuk berjuang di sana yaaa… aaamiin
    ========================
    amin…..makasih mbak
    mohon doanya agar kita senantiasa diberi kekuatan dan keistiqomahan di jalan ini

  12. fenomena anak muda sekarang…🙂 jadi sedih,
    ga kebayang bagaimana jamannya marwa nanti kalau sudah besar.
    ====================================
    yups begini lah keadaannya sekarang ummu…
    berharap marwa bisa menjadi anak yang sholehah ya ummu…
    amin

  13. semangat muda ya sil
    saya juga jadi malu. pernah mengalami hal itu
    ================================
    kenapa ki?
    pernah terjebak pada hal yang sama juga ya?

    alhamdulillah….sekarang udah sadar ya….hehe😉

  14. asik jg y curi-curi poto gitu hehehe
    ayo selamatkan keluarga kita dan orang-orang disekitar kita😀
    =============================
    hehe..iya asyik juga mas
    ayo…mari kita jaga keluarga dan orang2 disekitar kita…

  15. Semangat kaum muda yang tidak patut ditiru yah…
    Nice posting… laporan investigasi yang berani .

    Next time, jangan sampe ketangkep dimarahin ya sil, heheh
    ==========================================
    bener banget mas adelays…
    hehe…iya nih, mumpung lagi berani….

  16. begitulah ‘Sil pergaulan remaja sekarang,
    sudah saatnya generasi muda dakwah untuk lebih aktif lagi…
    pembentukan pemahaman publik tentang kepribadian Islam

    tetep semangat teman2 di karisma!!
    perjuangan masihlah panjang… \m/
    do the best..bismillah…
    =============================
    bismillah…makasih kang ryan…
    mohon doakan kami agar diberi kekuatan untuk bertahan
    merubah kebiasaan remaja ini

  17. sedih ya Sil, lihat pergaulan remaja zaman sekarang.
    Semoga foto2 ini tdk menjadi tolok ukur , betapa dekadensi moral telah begitu parahnya di negeri kita.
    Salam
    ===================================
    bener bunda….
    amin….mudah2n ini tidak menjadi gambaran kemorosotan moral bangsa kita ya bunda.
    berharap masih lebih banyak remaja kita yang lebih baik dari ini

  18. haduh, fenomena ini memang sudah seharusnya dapat perhatian serius dari semua kalangan..
    =============================
    yups abu, terutama dari pemerintahan kota bandung
    yang linkungan nya dipakai untuk kegiatan ini…

  19. sil, awas ada yg ngamuk,

    sekarang makin berani ya anak2 mdanya, sebagai orang tua jadi ngeri nih
    ============================
    siapa yang ngamuk mbak?heheh…
    iya nih, jaga keponakan sil yang disana ya mbak…
    mudah2n jadi anak yang sholeh…

  20. bahayo kamera icin mah, nampak sadonyo, mantap cin . .
    =======================================
    hehe….kamera kawan bud..
    dengan perjuangan maambiaknyo ko mah bud…hehe

  21. yach memang c sangat meprihatinkan dengan pergaulan seperti ini..
    btw ini yang nyuri fotonya sendiri gimana yah???? hehe.. mengabadikan foto orang lain tanpa ijin, apalagi yang mukanya keliatan tuch apa ga di sensor aza kasian juga kahn hehe…
    ===================================
    whoho…kira2 gimana ya mas?iya nih, hobi jail si sayah nih…
    hehe🙂

    maaf bagi yang tertangkap kamera…mudah2n bisa jadi efek jera..

  22. memang, cobaan terberat kebanyakan jika ada godaan yang datang berupa dari lawan jenis yang bener-bener sesuai kriteria kita.
    mau diterima takut dosa, mau ditolak kapan lagi datangnya jodoh.
    ================================
    mau ditolak kapan lagi datangnya jodoh??
    yakin saja jodoh dari Allah..ga harus dengan cara seperti itu untuk mendapatkan jodoh
    semua akan indah pada waktunya…
    hehe🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s