Buku Kucel yang Bersejarah

Tiba – tiba ide untuk menulis mengenai buku ini timbul dari kakak ketika dia mempersiapkan bahan mengajar, yang muncul  beberapa hari sebelum saya menuliskan nya di blog ini. Maklum, banyak godaan yang membuat saya lama untuk update blog ini lagi.

Baiklah, dan ternyata malam inilah waktu yang tepat, untuk sedikit bernostalgia bercerita mengenai beberapa buku kucel yang mempunya seribu makna.

Silahkan perhatikan dua buah buku disamping. Sebenarnya ada satu buku kecil lagi yang kondisi nya hampir sama dengan gambar disamping. Bener sekali, semua nya adalah buku kimia yang paling sering saya bawa kemana – mana sewaktu SMA. Dan bahkan tak di sangka dan di duga, sampai sekarang buku itu masih si sayah bawa – bawa ketika ngajar di karisma. Buku yang membantu saya belajar kimia dari bener – bener tidak bisa, menjadi bisa. Buku yang dengan rela membiarkan tiap kertas kosong yang ada ditepi nya, di coret oleh si sayah hanya sekedar tuk jawab soal. buku yang selalu membuat saya semangat tiap menjawab soal – soal yang ada di dalamnya. Yaps, yang tentunya buku itu yang telah menggoreskan kata “KIMIA” dihati ini, hingga sekarang.

Memang sengaja saya buat tulisan diatas rada lebay..(whoho), untuk mengenang jasa – jasa nya. Baiklah, agar lebih kenal, saya akan perkenalkan secara singkat mengenai sejarah keberadaan dan sejarah yang telah ia ukirkan.

1001 soal & pembahasan

Yang pertama adalah buku “1001 soal dan pembahasan KIMIA” yang dikarang oleh Johnson S. Buku ini adalah buku warisan dari kakak, ketika saya di arahkan untuk fokus di bidang kimia. Kira – kira kelas  X semester 2. Di dalamnya terdiri dari soal dan pembahasan mengenai soal – soal kimia SPMB. Tapi beneran, bukunya mantep, saya bisa belajar otodidak dari contoh yang diberikan, dan kalau ga ngerti bisa melihat pembahasan nya. Dan kerasa banget, manfaatnya ketika kita sudah biasa menjawab model soal SPMB, maka ketika lomba pun, akan terbiasa dan terlatih. Buku ini saya sarankan untuk adik – adik SMA yang bener – bener pengen fokus di KIMIA dan sering ikut lomba – lomba baik itu lokal maupun olimpiade.

Ketika ngajar pun, buku ini adalah salah satu buku yang wajib dan tidak boleh saya tinggalkan. Karena, saya bisa memberikan contoh – contoh soal dari sini kepada adik -adik.

Sekarang, beranjak ke buku yang sedikit lebih kecil dari buku sebelumnya. Bisa terlihat, keadaan buku yang satu ini lebih parah dari sebelumnya, karena cover depan dan belakang nya udah ga tahu kemana. Yah, begitulah buku kalau sudah ditanganku, jangan harap ada yang utuh dan rapih. Kalau ga salah judul nya adalah “MASTER”, saya juga lupa embel – embel sebelum dan sesudahnya. Yang penting ada kata Master nya. Buku ini berisikan semua materi Kimia SMA dari kelas 1-3. Dimana di dalamnya, lumayan lengkap untuk belajar secara instan.

Buku ini saya beli saat saya duduk dikelas 1 SMA, selepas ikut lomba kimia pertama kali. Bisa di katakan buku ini ada karena sakit hati saya yang tidak bisa menjawab soal lomba.

Saya amati di toko buku saat ini, buku ini sudah tidak beredar lagi. Sudah banyak versi – versi lainnya yang mungkin lebih lengkap. Walaupun seperti itu, buku ini tetap jadi andalan saya ngajar di Karisma.

Dan inilah satu buku lagi, yang saya bilang diatas. “Instan KIMIA SMA”, buku saku yang berisikan rumus  dan konsep penting di  KIMIA SMA. Buku ini sangat berfungsi ketika ingin mengingat – ngingat materi yang sudah pernah di pelajari sebelumnya. Sangat berguna, beberapa menit sebelum ujian atau lomba untuk sekedar mengingat. Kondisi cover nya mungkin ga separah buku MASTER, tapi kondisi di dalamnya hampir ketiga buku ini sama, yaitu sudah tidak ada lagi space kosong, karena penuh dengan corat – coret.

Itulah tiga buku kucel yang bersejarah dan punya banyak jasa dalam perjalanan hidup saya berkelana dengan KIMIA. Ketika pindahan ke bandung untuk kuliah di Pendidikan Ilmu komputer sekalipun, buku ini tidak lantas saya tinggalkan begitu saja di rumah, saya masih membawa nya. Dan benar, ketika mata kuliah di semester 1 ketiga buku ini pun masih memberikan manfaat dan alhamdulillah menghantarkan saya dapat nilai A dimata kuliah ini, setelah tidak ada mata kuliah KIMIA sekalipun, mereka masih belum wisuda, karena mereka saya pinjamkan ke adik kelas angakatan 2008 dan dilanjutkan juga oleh angkatan 2009. Dan ternyata sekarang, saya ditakdirkan untuk kembali bersama mereka lagi untuk mengajar KIMIA di Karisma.

42 thoughts on “Buku Kucel yang Bersejarah

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Buku itu kini kumal tapi masih tetap bisa terbaca, kan?
    ======================================
    boleh silahkan kang…iya alhamdulillah masih bisa

  2. melihat foto buku yang paling bawah teringat masa-masa SMA dulu. buku pegangan saya untuk bidang studi kimia waktu SMa dulu
    =======================================
    wah, ternyata kita menggunakan buku yang sama…

  3. waaaaahhh..
    teh isil,,,bukan mau ngomentarin isi tulisannya tapi cara teh isil nulis..
    terombang ambing dalam alur cerita nih..
    hahahahaha..
    MASIH HARUS BANYAK BELAJAR!
    makasih teh isil..
    ======================
    terombang ambing gimana nih mil?maksudnya alur nya acak2an ya?heheh

  4. Astaga, masih menyimpan buku lama ya. Aku saja tidak tahu lagi dimana buku-buku SMA kudulu. Padahal, itu ide bagus untuk membandingkan diri kita yang dulu dengan yang sekarang. Mbak isil pasti orang yang sangat rapi dan teliti samapi2 buku lama pun masih ada.😛
    ======================================
    teliti dan api2?????justru dengan melihat kondisi buku saya ini, harusnya mas berkata lain…
    karena buku itu adalah bukti ketidak rapihan saya dalam merawat buku..hehe
    tapi bagus deh…dibilang rapi..

  5. hahaha,,perasaan pernah liek buku tu chin…masi ado jo yo??
    ==========================================
    iyo kra, pasti lah ikra pernah liek, kan buku kimia cin sajak SMA…
    masih ado dong kra…dan masih bermanfaat hehe..

  6. Dulu saya juga suka Kimia, dan sempat menjadi Mahasiswa Kimia di salah satu universitas negeri di sulse, tetapi karena sistem yang tidak memiliki manajemen yang baik akhirnya di tengah perjalanan saya terpaksa banting setir dan beralih ke bidang bahasa Inggris🙂
    =====================================
    wah…masdin mahasiswa kimia toh dulu nya?

  7. hwaa, bundo juga punya buku bersejarah saat persiapan UMPTN, tapi sudah ngga ada disini.. karena bundo kasihin ke adik kelas.

    yang bundo ingat, disitu bundo menuliskan gelar bundo sesuai jurusan yang bundo ambil.. ternyata jadi kenyataan. Alhamdulillah.
    ==================================
    alhamdulillah…
    ternyata mimpi bundo jadi kenyataan…

    ide bagus tuh bund, dipinjamkan kelas, kan bisa terus bermanfaat bukunya

  8. luar biasa teh,,
    buku yg udh sekelas veteran itu msih dsimpen dan di pake pula…

    saluuttt..
    salam kenal teh,
    saya org yg gk suka baca, tp sedang melawan ketidaksukaan itu,
    hehe,, CAHYOOO!!! smangath..
    ==========================
    hehe…sekelas veteran??
    istilah yang keren kang..
    salam kenal juga…
    mhmm…kalau boleh tahu kang awan anak ilkom ya?
    yups..saya dulu juga seperti itu kang…
    semangat..

  9. Wah mas juga nyimpenin buku-buku seperti itu dek, walau bukan buku kimia. Kadang-kadang catatan lama juga mas kumpulin. Ada kenangan tersendiri ketika dibaca ulang. Kadang-kadang bisa senyum-senyum sendiri.
    =====================================
    bener..bener ada kenangan yang tidak pernah bisa hilang mas

  10. mm..saya paling sayang ma buku2…setiap beli buku baru, saya sampulin plastik biar awet..disimpan mpe rapi hingga sekarang alhamdulillah..emang sil..buku itu sumber ilmu, tak lekang dimakan usia..selama masih bisa kita baca dan diambil intisari ilmu, walopun dah jadul tetap bermanfaat insya alloh
    ================================
    wah bu bidan rapi banget ya..
    ada beberapa buku yang sil perlakukan sepeti itu juga..
    betul bu bidan..setuju…buku tak pernah lekang dimakan usia

  11. wah, kenapa ga masuk jurusan Kimia aja, Sil?🙂
    =================================
    rencana awalnya emang ingin masuk kimia, tapi karena alasan keamanan
    ga jadi deh…

  12. Salam Takzim
    Buku adalah jendela informasi, walau usang tetap merupakan jendela
    Tanks sudah konsfirmasi acara kopdar di Ragunan
    Salam Takzim Batavusqu
    ===========================
    salam mas poer…
    hehe…iya sama2

  13. hehe,,sebuah kenangan…
    yang judulnya MASTER pasti paporit ya sampei sampulnya ilang…:mrgreen:

    semangat Isil!!!
    salam🙂
    =========================
    yups bener banget…
    makasih🙂

  14. Sil.. aku jadi teringat buku2 SMA ku juga deh jadinya… hmmm… banyak buku yang kucel yang aku sering bawa kemana-mana juga.
    ============================
    wah…hehe ternyata ada kesamaan ya mas….

  15. Beuh …
    Bener-bener kucel bukunya …

    tapi …
    biarpun kucel … banyak gunanya ya Sil

    Salam saya Sil
    =======================
    hehe..bener om..
    keliatan banget kucel nya ya om??hehe
    iya, alhamdulillah bermanfaat…

  16. Pingback: Undangan KopDar « Batavusqu

  17. saya dulu disma kimianya naik turun
    waktu kelas satu berjaya pisan, kelas 2 ama 3 melempem
    heheheheh
    dan sampai kuliah pun pengennya ke kimia
    tapi jadinya ke refrigerasi
    hahahaha
    saya tak setuju dengan kamil
    saya justru lebih enak bacanya sil
    (beda bacaannya kayanya ama c’kamil :mrgreen:)
    ===================================
    kimia dengan refrigasi kayaknya ada hubungannya juga ki..
    yang beda banget itu sama komputer..hehe
    whaha….beda pendapat sama kamil…

  18. Meski Ayas ngerti-se ngerti-ngertinya tapi pas ulangan mesti dah nilainya hampir remedi. Ayas pengen fokus ke semua bidang IPA, ga cuma kimia
    =====================================
    bagus itu…harus bisa semuanya

  19. ada pepatah mengatakan : semakin kucel buku, itu artinya tuh buku sering banget dibaca dan dibuka-buka. hoho…
    ========================================
    pepatah dari siapa itu kang?hehe…mhm…

  20. wah2, gak kerasa tuh, ane dulu juga begitu, buku itu sebagai pegangan yang tahud, dari matematika sampai biologi juga ada. hehe.
    ===============================
    wah…keren semuanya ada ya…

  21. kalo q sih… bukan orang kimia gtu…hehhehehe salm kenal
    ===============================
    salam kenal fauza…mhmm aku juga bukan orang kimia..hehe🙂

  22. duh, hebatnya anak bunda yg cantik ini pinter kimia, malah sampai ngajar * bunda bangga banget punya anak jenius*
    maaf Sil bunda dah lama gak nengokin Isil, baru sempat sekarang * kangen and hugz*
    salam
    ========================
    alhamdulillah…udah sembuh bunda?
    iya gpp..maaf jga sil juga baru tahu info bunda di opname..
    kangen..

  23. sama isil, dulu saat smu suka sekali dengan kimia..
    dan akhirnya juga sama yah, kuliahya tidak di pendidikan kimia:)
    =====================================
    dan berharap nanti sil juga akan sama dengan mbak fety bisa ke jepang..amin..hehe

  24. Waduh, Sil… kalo aku sih hampir musuhan sama kimia, sama halnya dengan fisika. Dua mata pelajaran yang akhirnya aku bela-belain ikut les supaya aku bisa mudheng:mrgreen:
    ===================================
    hehe…kalau fisika sil setuju dengan dirimu mbak..hehe

  25. kalau punya buku bekas…sumbangin aja kami siap menampung buat perpusatakaan TPQ kami…….bermanfaat n ladang amal tentunya
    ===================================
    wah keren tuh programnya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s