Bolehkah Aku Cuti dari Dakwah??

Ketika selesai rapat forum pengajar di Karisma, tiba – tiba aku melihat beberapa kertas yang tergantung dimading karisma, dan ternyata dari LP2K yang meminta tuk diisi. Ada 3 pertanyaan beserta refleksi yang cocok banget dengan permasalahan aktivis dakwah sekarang ini. Karena pertanyaan pertama hampir sama dengan yang saya rasakan akhir-akhir ini,  saya akan coba tuliskan disini :

==============================================================

Sunyi..itulah yang sedang kurasakan. Bergelut dengan aktifitas dakwah yang menyita banyak perhatian, baik tenaga, harta, waktu dan sebagainya. Seakan menempa diriku untuk terus belajar  menjadi mujahid tangguh. Tapi kini, hatiku sedang dirundung kegalauan mencari tahu tentang hakikat dakwah ini. Sebenarnya apa yang kita cari dari dakwah?dimanakah yang dinamakan konsep amal jama’i yang sering diceritakan indah? apakah itu hanya pemanis cerita tentang dakwah belaka? apakah ini yang disebut ukhuwah? Sering terlontarkannya kata – kata “afwan akh, ana gak bisa bantu banyak..” atau sms yang berbunyi “afwan akh, ana ga bisa datang untuk syuro malam ini..” atau kata – kata berawalan “afwan akh..” lainnya dengan seribu satu alasan yang membuat seorang akh tidak bisa hadir untuk sekedar merencanakan strategi – strategi dakwah kedepannya. Kalau memang seperti itu hakikat dakwah maka cukup sudah “izinkan aku untuk cuti dari dakwah ini”, mungkin untuk seminggu, sebulan, setahun atau bahkan selamanya. Lebih baik aku konsentrasi dengan studiku yang kini sedang berantakan, atau dengan impian – impian ku yang belum terpenuhi, atau…dengan lebih memperhatikan ayah dan ibuku yang sudah semakin tua, toh tanpa dakwah akupun tetap berjalan, bukan????

Sahabat – sahabatku…. memang dalam dunia dakwah yang sedang kita geluti seperti sekarang ini, tidak jarang kita mengalami konflik atau permasalahan – permasalahan. Dari sekian permasalahan tersebut terkadang ada konflik – konflik yang timbul dikalangan internal aktifis dakwah sendiri. Pernah suatu ketika dalam aktivits sebuah barisan dakwah, ada seorang ikhwan yang mengutarakan sakit hatinya terhadap saudaranya yang tidak amanah dengan tugas dan tanggung jawab dakwahnya. Di lain waktu disebuah lembaga dakwah kampus, seorang akhwat “minta cuti” lantaran sakit hatinya terhadap akhwat lain yang sering kali dengan seenaknya berlagak layaknya seorang bos dalam berdakwah.

Pernah pula suatu waktu seorang kawan bercerita tentang seorang ikhwan yang tedzalimi oleh saudara – saudaranya sesama aktifis dakwah. Sebuah kisah nyata yang tak pantas untuk terulang namun penuh hikmah untuk diceritakan agar menjadi pelajaran bagi kita. Ceritanya, di akhir masa kuliahnya sebut saja si X (ikhwan yang terdzalimi) hanya mampu menyelesaikan studinya dalam waktu yang terlalu lama, enam tahun. Sedangkan dilain sisi, teman – temannya sesama (yang katanya) aktifis dakwah lulus dalam waktu empat tahun. Singkat cerita , ketika si x  ditanya mengapa ia hanya mampu lulus dalam waktu enam tahun sedangkan teman – temannya lulus dalam waktu empat tahun?apa yang ia jawab? ia menjawab ” aku lulus dalam waktu enam tahun karena aku harus bolos kuliah untuk mengerjakan tugas – tugas dakwah yang seharusnya dikerjakan oleh saudara – saudaraku yang lulus dalam waktu empat tahun.”

Hmm, bolehkah aku cuti dari dakwah? Bagaimana seharusnya menyikapi kesibukan dakwah yang bersanding dengan kesibukan lain?

Itulah pertanyaan terakhir yang datang, gimana pendapat teman – teman menyikapi kasus diatas,  jujur rasa itu sempat ada di diri ini, ketika iman dan semangat dakwah mengendor. Mohon masukannya  ya…

46 thoughts on “Bolehkah Aku Cuti dari Dakwah??

  1. perlu ada kesadaran antara aktifis dakwah
    jadi teringatkan akan amanah2 yang aku lalaikan
    semoga jadi pelajaran yang berharga
    semangKe (semangat dari orang Keren):mrgreen:

  2. Hmm..mas juga pernah merasakan hal ini.Seperti dilema ya dek. Tapi jika kita berhenti dakwah karena seseorang, berarti kita harus kembali meluruskan niat. Jadi tetaplah dijalan ini. Semangat..semangat..

  3. hmm.. knp harus cuti dari dakwah, kan dakwah dampaknya baik jg bagi kebaikan bersama. tp klo dakwah harus ikhlas, yg penting lg jangan sampai dibebani apalagi sampai mengganggu aktiitas yg lainya sehinga tidak berjalan seimbang.. mungkin klo menurut sy harus tetap dilajankan tp harus diseimbangkan dan didahulukan mana yg lebih diprioritaskan. jgn sampai vakum gt. kan dakwah bisa dalam bentuk apa aja.. (pendapat pribadi lho). hehe🙂

    terus semangat.. moga bisa mantap dgn jalan yg terbaik..😉

  4. Mungkin perlu koordinasi yang lebih baik aja antara semuanya. Kegiatan pribadi/kuliah si A di-balance-kan dengan kegiatan dakwahnya, kan udah ada jadualnya ya…
    Karena bila kuliah jadi korban juga kasihan banget😦 Kasihan sama ortu yang telah membiayai dan harap2 cemas dengan kelulusan anak mereka, kasihan sama si A juga yang menyandang status mahasiswa (hampir) abadi, dll🙂
    Semoga diberikan kemudahan oleh Allah Ta’ala…🙂

  5. Sil …
    Menurut pendapat saya …
    Tidak ada kata Cuti untuk urusan Dakwah …
    Yang kamu maksud mungkin adalah cuti dari kegiatan keorganisasian untuk sementara fokus pada Studi atau yang lain …

    Namun bagi saya Dakwah tidak semata dilakukan melalui organisasi …
    Melalui tauladan sehari-hari …
    Melalui tindakan sehari-hari …
    Melalui perkataan sehari-hari …
    Saya pikir ini juga media Dakwah … (mungkin target audience nya saja yang lebih sedikit …)

    So … menurut saya … (dan saya bisa salah …)
    Tidak ada kata Cuti dalam Berdakwah …
    Yang ada mungkin adalah … cuti kegiatan berorganisasi untuk fokus pada study misalnya …

    Salam saya Sil …

    • wah..makasih banyak banget nih om sarannya..
      mhm…bener om, dakwah itu ga hanya di organisasi…
      berarti tidak ada kata cuti untuk dakwah ya??
      siph..siph..makasih banyak om

  6. yang paling penting adalah harus bisa mengatur dan membagi waktu antara kegiatan study dan kegiatan di luar study. kalau bisa seimbang dan jangan berat sebelah.

  7. dakwah… hmmm banyak yang bilang kalo liza udah meninggalkan dunia dakwah hanya karena liza tidak lagi bergabung dengan LDK. hanya sebatas itukah makna dakwah? dakwah tidak hanya sebatas itu, begitu juga dengan alasan2 lain seperti studi yang harus diselesaikan dan dakwah ditinggalkan. dakwah dapat kita lakukan dengan berbagai cara, menulis postingan yang baik adalah salah satu bentuk kita mengajak orang ke dalam kebaikan jua.

    • wah mbak liza dulunya pernah ikut LDK?
      bener mbak..dakwah itu sangat luas, tidak hanya ketika bergabung di LDK, karena setiap hal positif yang kita lakukan adalah dakwah..

  8. menurut saya
    dakwah harus tetap berjalan
    adapun soal sempitnya waktu yang tersedia, bisa disiasati dengan mengatur jadwal dakwah yang lebih renggang tetapi bukan berarti cuti lho ya? karena pengertian cuti identik dengan istirahat toal

  9. harus seimbang sil, kuliah jangan sampai ketinggalan
    dakwah kan nggak harus aktif di organisasi, mengingatkan teman juga bisa berarti dakwah kan

  10. Mbak Isil…,
    Rasanya mengatur waktu dengan sebaik mungkin antara studi dan dakwah secara sinergi adalah jalan yang paling baik.
    Sudah ada yang lulus empat tahun, begitu pula sudah ada yang lulus emam tahun.

    Keduanya tidak mendapatkan secara utuh kebaikan dari kedua duanya.

    Alangkah baiknya jika Mbak Isil katakanlah dalam 5 tahun, tapi dakwah tetap berjalan dengan baik…

    Rasanya nantinya mbak Isil lah pemenangnya, karena bisa mendapatkan keduanya.

    Demikian pendapat Adelays.

    • makasih mas adelays..
      wah…alhamdulillah,seneng bisa menerima banyak saran dan masukan dari teman – teman semua..mohon doa nya, mudah2n sil bisa seimbang..

  11. Salam Takzim
    Selama kita tetap percaya dengan janji-janji Allah teruslah berdakwah, tidak ada kata cuti dalam dakwah, karena dakwah itu adalah salah satu ibadah yang akan menghasilkan investasi di akhirat kelak
    Salam Takzim Batavusqu

    • mhm..wah dah lama nih ga liat mas poer..
      makasih dah berkunjung mas..bener banget..
      selama kita yakin dengan janjinya seharusnya kta cuti tidak pernah ada…

  12. hmmm, prioritaskan mana yang utama Sil, seimbanglah… n realistis… dakwah is dakwah tapi isil juga punya kewajiban n tgg jwb moralma ortu tuk selesaikan kuliah…
    kerja sama ma penggerak dakwah yg lain… kan ga cuma isil.. ntar kalau urusan kuliah isil udah rada kelar… terjun lagi gtu… hehehe… itu pandanganQ… ^^

  13. Assalamu’alaikum…

    jangan pernah berhenti untuk dakwah, lewat tulisan pun kita dapat berdakwah, kalau kita tidak bisa lewat lisan… Jangan pernah berhenti untuk berdakwah…

    saya juga sempat mengendur dlu waktu masih sma… jarang dan males ikutan KKD (khusus kader dakwah) tapi lambat laun tak ada penyesalan… Ingat akan perjuangan Nabi muhammad dalam berdakwah beliau tidak pernah cuti sekalipun bahkan di akhir hidupnya beliau sempat berpidato dan memimpin para haji wada’ disaat-saat terakhir…

    Ingat akan perjuangan, ingat sebuah doa yang selalu saya nyanyikan kalau lagi males untuk berdakwah sekedar ingin mengingatkan aja… sebuah doa rabithah.. para pejuang islam menegakkan syariat islamnya..

    Jangan pernah berhenti berdakwah Ukht…🙂

    wassalamu’alaikum salam ukhuwah …🙂

    • muhasabahcinta :
      Assalamu’alaikum…
      jangan pernah berhenti untuk dakwah, lewat tulisan pun kita dapat berdakwah, kalau kita tidak bisa lewat lisan… Jangan pernah berhenti untuk berdakwah…
      saya juga sempat mengendur dlu waktu masih sma… jarang dan males ikutan KKD (khusus kader dakwah) tapi lambat laun tak ada penyesalan… Ingat akan perjuangan Nabi muhammad dalam berdakwah beliau tidak pernah cuti sekalipun bahkan di akhir hidupnya beliau sempat berpidato dan memimpin para haji wada’ disaat-saat terakhir…
      Ingat akan perjuangan, ingat sebuah doa yang selalu saya nyanyikan kalau lagi males untuk berdakwah sekedar ingin mengingatkan aja… sebuah doa rabithah.. para pejuang islam menegakkan syariat islamnya..
      Jangan pernah berhenti berdakwah Ukht… Fastabiqul khairat.
      wassalamu’alaikum salam ukhuwah …

  14. Dakwah itu ibadah, dakwah sekemampuan dalam hal apapun. berhenti dakwah? wah jangan tuh. Dakwah ukan berarti hanya ceramah kan.
    Sy yakin isil lebih tau.😀
    SUkses dgn dakwahnya!

  15. baru berkunjung ke rumah isil lagi..

    hmm..aduh, ternyata saya udah tingkat 5 ya:mrgreen:

    “dengan kekuatan onnay, akan mendukungmu”🙂

    ================================
    iya nih…kang onnay terlalu sibuk sih..hehe
    jadi ga pernah berkunjung lagi..
    wah ga kerasa ya, kang onnay ternyata udah tingkat 5..
    semangat kang..🙂

    makasih atas kekuatannya hehe

  16. isil…

    ucy saat ini ngerasain hal yang sama..
    prosedur, aturan, pemantauan, perapihan, semuanya meminta untuk di prioritaskan..
    dan aku terkadang merasa sendiri…

    ketika semua bisa fokus ke yang lain..aku masih disini dengan rutinitas yang mungkin nyaris sama..

    bertanya pada diri sendiri..kenapa aku yang masih harus tertinggal disini..
    padahal tak banyak mungkin yang merasakan kebermanfaatan ku..
    sering kali menyemangati diri sendiri bahkan memasang topeng menyemangati orang lain..meski bertepatan dengan itu…semangat yang ada pada diri ini memudar..

    aku ingin egois..
    aku butuh kalian..
    walau hanya sekedar SMS …sapaan…dan pertanyaan…
    tak adakah yang menanyakan keadaan ku…
    hingga aku hanya mampu berusaha menjaga dan meniup semangat lilin yang tersisa..seorang diri…

    pertanyaannya kenapa harus aku yang kalian tinggal di tempat ini?..
    walau aku tau kalian tetap ada dijalan ini meski di tempat yang berbeda(egois.com)

  17. karena antum adalah aktifis dakwah, apapun yang antum lakukan itu adalah misi dakwah, sebagai bukti atas janji antum untuk taat kepada Allah dan nabiNya Muhammad Saw. bahkan sekecil apapun, otak dan gerak qt hanya ada dakwah didalamnya, karena Aqidah sudah terhujam kuat didalam dasar hati2 para pengemban risalah para anbiya, semoga mati qt pun mati dalam rangka dakwah..
    tidak ada kata Cuti untuk dakwah!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s