Dengan Mimpi Menjadikan Hidup Lebih Hidup

Sebelum masuk ke topik sebenarnya, mau cerita dulu sejarah artikel ini. Sebenarnya, artikel ini ada karena permintaan seorang sahabat yang meminta saya tuk menulis artikel mengenai mimpi dan motivasi untuk buletin kerohanian di jurusan. Tapi, karena buletin nya ga jadi terbit, akhirnya saya putuskan publis di blog aja, biar bisa berbagi juga..hehe

Bicara soal mimpi, ada banyak makna yang terkandung dari kata yang satu itu. Ketika bertanya pada  orang – orang, apa yang dia ingat ketika mendengar kata “mimpi”, akan ada banyak jawaban yang berbeda. Mungkin ada yang mengutarakan mimpi – mimpi nya di masa depan, atau barangkali ada yang menceritakan mimpi yang ia alami ketika tidur semalam. Jawaban – jawaban itu benar tidak ada yang salah, karena kata “mimpi” itu  punya banyak makna. Tapi sekarang saya ingin sedikit bercerita mengenai makna mimpi yang lain, bukan mimpi ketika tidur. Melainkan mimpi atau harapan yang kita miliki.

Pasti, sudah pada pernah nonton film atau baca novel “Sang Pemimpi” bukan? Sebuah novel karya Andrea Hirata yang mendapat apresiasi yang sangat besar dari masyarakat. Film sederhana yang menceritakan tentang mimpi anak belitong itu, mampu membangkitkan banyak mimpi – mimpi pemuda Indonesia untuk terus bersemangat dalam meraih mimpi – mimpinya, dan mungkin buat teman – teman juga. Ada satu kata yang di ucapkan arai dalam novel tersebut :

Bermimpilah karena tuhan akan memeluk mimpi – mimpi mu

Mimpi adalah sebuah harapan, harapan untuk bisa terus bergerak mewujudkannya.

Mimpi adalah sebuah kekuatan, kekuatan tuk terus berupaya menjadikannya nyata.

Itulah energy dan kekuatan kita, tidak ada yang tidak mungkin jika Allah telah berkehandak. Karena  mimpi membuat hidup kita semakin hidup.

Ada begitu banyak kisah sukses dan inspiratif dari orang – orang yang berani tuk mewujudkan mimpi – mimpinya. Satu hal yang mereka miliki adalah “keberanian”. Yups, keberanian tuk mewujudkan mimpi – mimpi nya dengan segala rintangan dan hambatan yang datang. Berani bukan bisa, karena setiap orang yang berani memiliki peluang untuk bisa, tetapi orang yang bisa belum tentu ia berani.

Dalam mengusahakan sesuatu sekecil atau sebesar apapun itu, kita harus menyadari dan memahami makna berproses. Dalam hal ini kesungguhan amatlah diperlukan, diperjalanan memperjuangkan mimpi tidak selamanya mulus bak jalan tol, kadang berliku kadang berlubang, kadang tersesat yang jelas tidak mudah. Karena tidak mudah inilah sukses, menggapai mimpi sendiri adalah hak-hak orang-orang pilihan.

Sukses itu adalah sebuah titik kecil di puncak gunung kegagalan. Orang yang sukses, orang berhasil mewujudkan mimpi besarnya, bukanlah orang yang selalu dimanjakan oleh keadaan dan tidak pernah menjumpai kegagalan. Banyak orang sukses justru amat menghargai kegagalan, karena dari kegagalan- kegagalan itulah ia belajar banyak hal.

Sukses hanyalah milik ia yang tidak berhenti sekalipun dihadapkan pada kegagalan sebanyak apapun. Orang yang mampu menembus pintu-pintu penghalang yang disebut kegagalan itu, adalah ia yang memahami makna kegagalan itu sendiri dengan benar, kegagalan adalah pelajaran, kegagalan adalah sukses yang tertunda.

Sukses hanyalah milik orang yang tidak pernah berhenti, dan tidak pernah mau dihentikan oleh kegagalan.

Tidak penting seberapa sering kita gagal, yang harus kta perhatikan bagaimana kita bangkit dari setiapnya.

Kemauan kita dan keberanian kita untuk bangkit dari kegagalan sebenarnya sebenarnya bergantung seberapa penting nilai pencapaian mimpi dan tujuan yang kita kejar. Hambatan-hambatan berupa kegagalan seberat apapun tidak akan terasa jika  tujuan yang sedang kita upayakan teramat penting.

Ketika gagal dan mampu bangkit, menjadi suatu keharusan bagi kita untuk mengambil pelajaran dari kegagalan kita agar kegagalan yang sama tidak terulang lagi.

Sekarang, semuanya ada ditangan kita, tentukan mimpi – mimpi besar kita, milik keberanian untuk mewujudkannya, terus bangkit dari kegagalan , berdoa dan nikmatilah mimpi mu yang jadi nyata.

gambar : d3d3k.files.wordpress.com/2008/0…high.jpg

50 thoughts on “Dengan Mimpi Menjadikan Hidup Lebih Hidup

  1. Musti tetep semangat … tetapkan mimpi tapi jangan lupa muhasabah diri, mawas diri dan jangan pula tinggi hati, nikmati berkah dunia yang fana ini tapi jangan lupakan SurgaNya yang abadi ^^

  2. wah.. dah lama ya aq nggak ke blog ini, jd kangen dgn sentuhan motivasinnya.. hehe..

    mimpi akan terwujud klo kita mau menggapainya dengan usaha dan kerja keras.. klo tdk ada usaha dan kerja keras tu namanya bukan mimpi, tp angan2..:mrgreen:

  3. Mantap. Memang sebagian besar keberhasilan datang dari mimpi. Bukan “mimpi” dalam arti kata mengkhayal/melamun, tapi benar-benar mimpi dalam tidur. Karena itu berbagai teknik untuk membaguskan mimpi dan mengolah mimpi telah disusun oleh para ahli. Tujuannya untuk membantu kita mewujudkannya.
    Salam.

  4. Alhamdulillah jika adikku sudah kembali bangkit. Semoga mimpi-mimpi yang kau pernah ceritakan ke masmu bisa terwujud. Kerja keras dan Usaha adalah kuncinya. Diiringi dengan tawakal kepada Allah.
    Keep spirit.

  5. saya sangat setuju, dengan mimpi kita jadi memiliki arah kemanakah hidup kita, karena sedikit demi sedikit kita selalu berusaha untuk mewujudkan mimpi itu… semoga mimpi mbak isil bisa tercapai… dan tidak pernah berhenti untuk bermimpi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s