Sebuah inspirasi di AIMA Marketing Day

Bicara soal AIMA, saya harus sedikit kasih laporan nih pada teman – teman semua yang sudah rela – rela ngedoain tim saiyosakato di Marketing Day AIMA. Alhamdulillah berkat doa teman -teman, presentasi yang cuma 10 menit itu  bisa berjalan dengan lancar, dan kami bisa menjawab pertanyaan dari juri…(hore..🙂 ) walaupun grogi nya masih keliatan (gpp lah..namanya juga belajar) tapi… jangan senang dulu…(Kenapa??). Ya, karena kami belum dapat kesempatan tuk menang di kompetisi itu. (Yah penonton…kecewa deh). Insyallah saya yakin itulah yang terbaik yang dihadiahkan oleh Allah kepada kami. Jangan sampai ada kata kecewa, karena keberhasilan itu bukan dilihat dari menang atau kalahnya.

Tidak ada yang sia-sia, karena ada begitu banyak ilmu dan sahabat yang bisa saya dapatkan dari kompetisi itu. Dan saya masih terus yakin dengan yang namanya kekuatan doa. Doa yang telah teman – teman hadiahkan kepada tim kami, tidak pernah sia – sia. Sekali lagi makasih teman, doanya sangat berarti bagi kami..

Nah, saya ingin cerita sedikit mengenani ilmu dan inspirasi yang saya dapatkan dari seorang bintang tamu yang mengisi acara talkshow setelah presentasi semua tim selesai. Sebelumnya saya mohon maaf kalau tidak bisa menghadirkan data yang akurat tentang si bintang tamu yang akrab dipanggil mas “Fey” itu. Karena ketika perkenalan, saya lagi shalat ashar. Sehingga cuma mengikuti setengah dari penjelasan yang beliau paparkan.

Ketika pertama kalil, melihat beliau berdiri dan bicara didepan panggung, saya pikir beliau adalah seorang rocker yang habis mengisi acara hiburan. Karena, penampilan dan style yang ia bawakan seolah – olah seperti seorang rocker atau musisi. Menggunakan topi dengan celana gantung dan baju kaus yang dilapisi dengan kemeja kotak -kotak diluarnya. Kira -kira seperti ini, saya sempat mengambil gambarnya dari kejauhan dengan modal kamera hp yang pas-pasan..

Bintang tamu yang menginspirasi

dengan harapan sahabat – sahabat bisa sedikit membayangkan bagaimana penampilan beliau yang saya maksud. Dan apa yang membuat saya terinspirasi dari beliau? Ternyata dia adalah seorang pengusaha sablon sukses yang punya Motto hidup “selalu hidup bersih, ikuti antrian, dan jangan memegang anjing”. Mas Fey yang keliatannya masih sangat muda ini ternyata punya yayasan sosial untuk anak – anak yang kurang mampu.Yayasan yang ia beri nama “Kakaadik” itu ia gunakan untuk mendidik anak – anak, membiayai mereka untuk melanjutkan sekolahnya, membantu mereka tuk  bisa mencapai cita – cita mereka, dengan tidak memanjakannya. Dia selalu mengajari anak – anak tersebut, tuk bisa berwira usaha. Dimana nantinya akan membantu banyak orang yang tidak punya pekerjaan. Dia mengajarkan anak – anak itu tuk bisa berusaha sendiri, bukan jadi seorang pegawai atau karyawan yang hanya menerima kerjaan dari atasan. Ia tidak segan menyebutkan kalau strategi  yang lakukan itu merupakan sebuah bisnis yang nantinya pasti mengharapkan sebuah keuntungan baik itu untuk dia sendiri, maupun anak cucunya. Karena menurut beliau berinfestasi kepada anak muda/remaja tidak akan pernah rugi. Strategi itulah yang ia sebut berbisnis dengan iman. Isitlah yang keren menurut saya, Mhmm..masih banyak kata – kata sederhana yang terlontar dari mulutnya yang membuat pengunjung BEC foodcourt lt.4 terkagum – kagum. Ia mampu menggabungkan konsep wirausaha, sosial, pendidikan dan agama sekaligus.

Dan ketika ada yang bertanya, apa yang menginspirasi beliau sehingga mau melakukan itu, Ia sedikit curhat mengenai latar belakang kehidupan masa kecilnya yang didik sangat keras oleh Ayahnya ketika di Jerman. Ketika ingin makan saja, ia harus jadi pembantu di tetangga sebelah. Oleh karena itu, ia ingin membuktikan kalau tanpa kekerasan ia juga bisa mendidik anak menjadi lebih baik. Bapak satu orang anak ini punya cita – cita yang menurut saya sangat mulia yaitu “menjadi seorang ayah yang baik”.  Karena “menjadi ayah yang baik itu sangatlah sulit” menurut beliau.

Sebenarnya masih banyak yang membuat saya terinspirasi dari cerita – cerita nya, dari niat yang selalu ia tanamkan untuk bersedekah dan berinfak sampai keyakinannya, bahwa selalu ada keberkahan yang datang dari anak – anak yang ia asuh.  Dan hikmah yang saya ambil ketika melihat beliau adalah

Don’t judge people by the cover

Itulah sepenggal kisah yang mampu menginspirasi saya dari seseorang Mas Fey dengan gayanya yang unik di AIMA Marketing Day. Berharap semakin banyak mas fey – mas fey lainnya yang melakukan hal yang sama atau bahkan lebih wow dari itu. Dan mudah-mudahan salah satunya adalah saya, anda dan kita semua. Amin..

64 thoughts on “Sebuah inspirasi di AIMA Marketing Day

  1. Yup betul, apapun yang ada dan kita dapatkan semuanya adalah sebuah skenario dari sang Maha Sutradara yaitu Allah, kita hanya tinggal memerankan saja. Mengenai mas Fey, jadi pengen seperti dia. Semangat..

    • bener mas Edy..kita tinggal memerankan saja..
      wah..jangan mau jadi seperti beliau mas Edy??ntar sil ga kenal yang namanya mas Edy dong??hehehe..
      Jadi diri mas Edy aja dengan sifat positif nya mas Fey..heheh
      🙂

    • iya mbak..bener2 susah tampil didepan umum..
      tangan serasa dingin sebelum tampil…hehe
      yups..dan sil dapat pengalaman yang berharga dari itu..

      bener mbak..gery salut buat mas fey..hehe

  2. ketika sang surya pagi sinarnya terlindungi oleh gumpalan awan, sejuknya pagi membuat raga enggan tuk beranjak dari peraduan, namun hati terbesit untuk memberi ucapan kepada para sahabatku tersayang, sekedar sebuah harapan, selamat pagi, selamat memulai pengembaraan di hari yang penuh harapan ini, semoga Tuhan senantiasa memberikan kita tuntunan dalam setiap langkah,

    dituliskan bersama tetes embun bagi semua sahabat

    Ruanghati.com

  3. Sil… dalam hal ini Isil sudah menjadi pemenang. Sadar akan pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh adalah sebuah prestasi luar biasa. Tidak sembarang orang bisa mengalaminya. Butuh kerendahan hati dan kebesaran jiwa hingga mencapai titik itu. Selamat buat Isil dan kawan-kawan🙂

  4. Hehehehe.. mbak link nya belum yaaa.. khabarin saya ya..
    😆😆😆😆😆

    RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  5. sebelumnya salam kenal mbak isil
    ya, saya setuju sekali dengan tulisan mbak, dimana kekuatan doa tidak ada yang bisa memprediksikannya. Allah Maha Tahu mana yang terbaik untuk kita.

    saya juga sering menemukan orang-orang seperti Mas Fey itu. bahkan dosen saya yang merupakan dokter spesialis bedah plastik yang sangat terkenal dikalangan artis hanya menggunakan sapatu kets dan baju kaos+ celana jeans ketika mengajar. tak tampak sedikitpun kalo dia adalah orang hebat. mungkin disitulah filsafat ilmu, layaknya padi semakin berisi semakin merunduk.

  6. HHmmm …
    Ternyata Sil dapat hikmah dari pembicara ya …
    Keren sangat …

    Dan satu lagi sil …
    Dalam Ilmu Pemasaran Modern …
    (walaupun istilahnya lain … )
    Justru nilai – nilai Islami ini sangat dianut …

    Salah satunya adalah
    Jika Berbisnis itu … harus berdasarkan pada TRUST ….
    Di dalam Islam itu namanya AMANAH bukan ?

    Dan banyak lagi nilai-nilai yang lain …

    Salam saya

    • yups..berdasarkan saran om juga kan?
      alhamdulillah sil ikutin saran om..
      banyak sahabat yg sil dapat..

      betul om “trust”
      itu juga salah satu konsep yang sil buat dalam strategi marketing di AIMA, lebih tepatnya “trust” di toko online

  7. Assalamu’alaikum,
    Allah Maha Tahu apa yang paling tepat dan paling baik untuk setiap hamba-Nya. Bukankah kegagalan itu, hanyalah sebuah keberhasilan yang tertunda. Menang atau kalah dalam setiap kompetisi adalah hal biasa, yang penting kita sudah mencoba melakukan yang terbaik. Dan bila kita bisa menerima semua keputusan-Nya dengan tawakal dan ikhlas, maka itulah kemenangan sejati yg sesungguhnya.
    Saya kagum sama Mbak Isil, yang bisa memahami hal ini dengan sangat baik “Insyallah saya yakin itulah yang terbaik yang dihadiahkan oleh Allah kepada kami. Jangan sampai ada kata kecewa, karena keberhasilan itu bukan dilihat dari menang atau kalahnya” (Dewi Yana)

    • waalaikumsalam..
      mhm..bener mbak..
      senang rasanya bisa kenal mbak dewi yana..selalu saja ada yang menyejukkan hati ini..

      makasih atas semangat, dan nasehat2 nya mbak..

  8. uho .. uho ..
    yang namanya doa emang gag ada tandingannya ..
    perkataan adalah doa ..
    doa ibu peling manjur ..
    tiada kata seindah doa ..
    bener gag ??

  9. Dear silfiana…

    aku mau tanya ni, mohon dijawab ya….kasih tips dan trik untuk hadapi marketing day di aima donk,
    team kami akan berlaga di AIMA regional Palembang tanggal 26 januari ini…

    bisa kasih gambaran ga kita disana bakal ngapain aja?
    apa aja yang perllu kami persiapkan?

    please, mudah2 an , apa yang sudah jadi pengalaman bagi kalian ini bisa menuntun team kami untk melakukan yang terbaik di AIMA regional palembang

    Thanks b4
    MAxilam sai betik / lampung

    • oh..tim dari lampung ya?
      sedikit gambaran mengenai marketing day..
      pada hari itu, masing2 tim yang masuk final diberi waktu 10 menit buat presentasi dan 5 menit pertanyaan dari juri..
      usahakan presentasinya singkat padat dan jelas..
      juri ada 3 orang..
      masing2 akan memberikan pertanyaan 1.
      ada yang bertanya mengenai SWOT, dan strategi yang kita buat..

      jangan tergesa-gesa, tenang saja dan buat juri yakin dengan ide yang kita rencanakan.
      yang perlu dipersiapkan adalah presentasi dengan powerpoint, tapi kalau ada yang lebih bagus, lebih baik.

      kira2 seperti itu..
      mudah2n sukses ya..
      ditunggu kabarnya kalau sudah presentasi ya..

  10. tanya lagi ni…..

    berarti ANALISIS SWOT juga harus di resume ya?
    kirain taktik dan strategi aja>

    o ya boleh tau ga pemenang bny asapa aja kemarin?
    best voter , best sales, best idea, best of the best….?

    yang menag kemarin di bandung , emank idenya apaan ya? bagus ya?

    thanks, mohon dijawab

    • iya,analisi SWOT masuk dalam salah satu penilaian juri..
      ada 4 kategori pemenang..

      best voter = vote terbanyak
      best sales = penjualan terbanyak
      best idea= ide terbaike
      dan best of the best= total semuanya yang paling tinggi skornya..

      yups..keren..mereka membuat banyak ide dan digabungkan..
      yang pastinya out of the box lah..

  11. THanks buat jawabannya ya

    yang aku tanyakan itu juara best voted nya sapa? juara best sales nya siapa dan juara best idean ya sapa?
    trus best of thebest nya siapa?

    thanks?

  12. barusan baca artikel kekuatan doa, jadi komennya disini sekalian aja yah…🙂
    Benerkan sil, Doa itu senjatanya Orang Mukmin, presentasinya lancar plus dapet Inspirasi Pula…
    Luar Biasa…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s