Awan di Langit UPI

Dua hari belakangan ini, saya yang selalu di kampus, tanpa sengaja sering memperhatikan awan – awan yang ada dilangit.  Rasanya, tenang ketika melihat awan dengan segala macam bentuknya. Tapi, kemaren sore kira – kira pukul 17.00 WIB, saya sempat mengabadikan beberapa foto awan yang saya ambil dari atas gedung ilmu Komputer UPI. Awan yang sempat membuat saya sedikit takut, karena warnanya yang gelap dan bergumpal sangat tebal pada satu  bagian..

Awan tebal di balik Stadion UPI

Dan saya berfikir, mungkin sebentar lagi akan datang hujan yang sangat lebat. Kemudian, ketika saya ingin pulang ke kosan, awan tebal itu semakin terlihat jelas.  Gumpalannya semakin tebal, pekat dan terlihat sangat dekat. Ini gambar yang saya abadikan awan di atas lapangan Berdebu

Awan Tebal Di atas Lapangan Berdebu UPI

Tapi anehnya, ternyata sore hari tidak turun hujan yang sangat lebat seperti yang saya kira sebelumnya. Dan siang hari ini, setelah shalat zuhur, saya yang pergi ke kampus karena ada urusan Dinamik5 melihat langit sangat cerah. Tapi lagi – lagi saya juga menemukan keanehan, hari ini awannya berjalan begitu cepat. Dan saya melihat awan lurus yang ada diatas langit JICA. Ini gambar yang sempat saya abadikan

Awan di Langit JICA

Pergerakan Awan yang begitu cepat

Untuk keadaan awan yang dua ini, saya berfikir mungkin ada pengaruh gerhana matahari yang akan terjadi besok. Sehingga begitu cepat pergerakan awan, dan tidak lama beberapa saat, cuaca langsung berubah. Dimana tadinya sangat cerah, sekarang ketika saya menulis postingan ini, Bandung sedang hujan lebat dan berangin.

Sempat search di google juga mengenai awan. Dan subhanallah ternyata ada juga yang namanya awan gempa. Karena penasaran saya coba cari tahu, dan astaghfirullah ternyata gambar2 yang dilihatkan hampir mirip dengan awan yang saya lihat di atas JICA beberapa saat yang lalu.

Ini beberapa paragraf  saya kutip dari artikel mengenai awan gempa itu

Menurut para ahli gempa asal Jepang, bahwa beberapa bentuk awan (di langit) merupakan bentuk pergeseran atau retakan gempa yang terjadi di dalam tanah, yang lokasinya beradius tidak jauh dari awan tersebut. Awan ini disebut awan gempa.

Bagaimana bentuk awan gempa?

Bentuk awan gempa adalah awan yang bergaris lurus, baik vertikal atau horizontal di langit, ataupun bergaris miring.  Apabila di suatu wilayah muncul awan gempa berkali-kali, maka kemungkinan akan datang gempa di wilayah tersebut, atau wilayah yang tidak jauh dari kemunculan awan-awan gempa tersebut.

Dan, kebetulan sekali, ketika buka situs TVONE, ternyata kamis dini hari terjadi gempa di Papua yang berkekuatan 6,2 SR setelah gempa dahsyat 7,2 SR di Haiti sore kemaren pukul 4.53 pm. Wallahualam bishawab, saya juga tidak terlalu tahu pasti apakah ada hubungan erat antara awan – awan itu dengan kejadian gempa tersebut. Allah lah yang maha tahu segalanya, kita sebagai hambaNya hanya bisa melihat tanda – tanda dari kebesaran ciptaan Nya.

Semoga bisa menjadi sebuah pelajaran dan ilmu yang bermanfaat bagi kita semua.

Di kosan, sambil mendengar rintikan hujan yang turun

47 thoughts on “Awan di Langit UPI

  1. subhanallaah… hampir sama kek sandstorm, tapi kalo di sono, berjalan tuh Sil… kek tsunami… aku juga lagi ngumpulin foto2 awan di langit buraidah utk Qshare nanti… makasih dan bkunjung k blogq yaa… moga2 bisa jadi saudara di dunia maya ini…^^

    • sandstorm apaan mbak??nama kota disana ya mbak??

      berjalan kayak tsunami??wah…jadi pengen liat..🙂

      Mhm..bagus mbak..kalau langit di Buraidah gmana ya??Penasaran juga pengen liat..🙂

      yups..sama2..
      amin.. moga ga hanya di dunia maya, tapi juga di dunia nyata..🙂

  2. owh blom tau yaa, sandstorm tuh, badai debu di padang pasir, awan yg terdiri dr debu berjalan menderu, ngebayang kek tsunami… gapapa kok, paling cuma sesek napas n gelap ajah…yg paling parah kemarin pas di riyadh, sebelum aq nyampe di sana…^^

  3. Salam kenal serta jabat erat selalu dari Tanah lot
    Wah ternyata di ITB juga ambil jurusan pengamat awan ya😆 btw, hasil jepertan nya kek nya di sotoshop kan dulu ya😕 karena warna awannya jadi dramatis

    • salam kenal juga dari Bandung..
      ITB???? Ini mah di UPI (Universitas Pendidikan Indonesia)…hehe

      hehe.. iya sedikit dipermak pke photo****

      makasih sudah berkunjung🙂

      • @teh Iyam : hehe…berarti kan kampus dirimu juga teh????heheh….

        Gpp lah, itulah fungsinya kita teh…
        kita yang akan membuatnya terkenal..
        Tul gak????
        🙂

  4. Manakala Allah memberikan kita karunia, Allah ingin kita menyadari kabaikanNya.
    Manakala Allah membuat kita kehilangan Allah ingin menunjukan kepada kita kekuasaanNya yang luar biasa.
    Allah menginginkan membuat kita paham bahwa Allah menampakan diriNya kepada kita dalam anugrahNya.

    Cerahkan hati dengan pancaran sinar Illahi
    Tebarkan kedamaian dengan cinta kasih dan kelembutan.
    Tetaplah berkarya mengisi kreatifistas dengan pancaran cahaya Illahi
    Karyamu tetap dinanti…….

  5. lagi seneng sama awan yah … tadi pagi juga kutu ngeliat awan yang bentuknya … wahhh banget deh, sayang lagi asyik nyetir n takut dimarahin pak polisi klo berhenti tiba2 cuma buat moto awan ^^

  6. Memang musin hujan sekarang Mbak, ini di jakarta tiap hari muncul awan-awan gelap dan menggumpal.
    hujan dari pagi sampai pagi lagi nggak surut2, surut bentar eh hujan lagi….

  7. Assalamu’alaikum,
    Bagus, bisa dapat foto2 indah dan jelas seperti itu, Subhanallah, semua kejadian di alam ini, mengingatkan kita akan Kebesaran Allah Swt, dimana tidaka da suatu kejadianpun yang luput dari pantauan-Nya (Dewi Yana)

    • makasih Bundo…
      suka aja melihat nya bund..setiap liat langit, jadi ingat betapa besarnya kuasa Allah dan betapa kecil nya kita…

      Mhmm..bagus juga tuh idenya bund…harus dicoba tuh.. hehe🙂

  8. Link sudah saya pasang ya Isil..
    Btw, secara saintifik, belum ditemukan adanya hubungan antara awan dan gempa. Lebih spesifik, secara geologi tidak ada hubungannya sama sekali. Sebagian kawan geologist menyebut awan gempa itu hanya “mitos”, atau paling banter, pseudoscience..
    Anyway, foto awannya bagus tuh…

  9. Betul Sil …
    Semua itu adalah KuasaNYA …

    menurut pendapat para ahli geofisika …
    memang gempa tidak bisa di prediksikan …

    sekalipun ada juga beberapa yang lain yang melihat prediksi tersebut dari formasi awan yang ada …

    Terlepas dari itu semua …
    Foto-foto yang bagus sil …

    Salam saya

    Isil mengatakan..
    Yups..kita harus yakin itu, kalau semuanya adalah kuasa Nya.hehe..makasih om trainer..

  10. uho .. uho .. kunjungan pertamax kali .. di bws juga kayanya sempet ada gituan beberapa hari trakhir .. nakutin .. kunjung balik *ngarep* .. BTW , salam kenal ^^

    Isil mengatakan ..
    yoi…makasih dah berkunjung Deq..Cuaca akhir2 ini sering seprti itu..siap langsung ke TKP..Ya..salam kenal juga

  11. Subhanallah, ayat2 Allah swt ada dimana2 kalau kita jeli melihatnya.
    dulu, waktu kecil bunda paling suka memandangi awan, berbagai bentuk yg muncul, ada binatang juga.
    Salam.

    Isil mengatakan..
    bener banget bunda maha suci Allah yang telah menciptakan semuanya..hehe..ternyata sibunda pecinta awan juga..

  12. Dengan hormat disampaikan bahwa BlogCamp ( http://abdulcholik.com ) masih dalam tahap penyelesaian perbaikan karena landing gear mengalami gangguan.
    Beberapa tehnisi sedang kerja keras untuk mengembalikan kondisinya.
    Saya sementara berada di Posko Bhirawa ( http://mbahcholik.info ) dan saat ini sedang menggelar promosi kaos loreng.
    Silahkan para sahabat berkunjung sebelum waktu promosi habis.
    Salam hangat dari Bhirawa.

    Isil mengatakan…
    makasih info nya pak De…langsung ke TKP..tunggu sil dulu ya PakDe,promosi nya jangan dulu ditutup…hehe

  13. nice picture, terkadang alam bisa menjadi isyarat dari Yang Maha Kuasa, Wallahualam

    Isil mengatakan..
    makasih sudah berkunjung ..salam kenal..hehe..makasih..betul..betul..betul..

  14. Tapi kan nggak apa-apa tombak eh to mbak keadaan di kos-kosannya? Kalaupun ada gempa, pastinya datengnya dari teman sebelahnya mbak Isil nyang sok usil mbak, namanya mak Dhut.😆

    Isil mengatakakan..
    alhamdulillah, sampai sekarang masih aman mas…kalau gempa yang itu mah, terus aja ada hihihi ..🙂

  15. ngeri juga awannya…
    merinding bulu kuduk lihatnya tadi hmmm

    Isil mengatakan..
    mhmm..berharap mudah2n tidak terjadi apa – apa ya mas…salam kenal..makasih dah berkunjung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s