Waktu … dan Lagi – Lagi Waktu…

Saya rasa, ini adalah saat yang tepat untuk membuat tulisan mengenai waktu dan tetek bengeknya. Karena ini adalah masalah saya, saya sangat butuh, dan dengan menuliskannya lah  salah satu cara buat mengingatkan diri ini, selain itu juga bisa berbagi dengan yang lain. Tul gak pren????

Sudah begitu banyak, buku – buku yang ngebahas tentang manajemen waktu dan sejenisnya, entah sudah berapa buku yang saya miliki mengenai hal itu. Tapi ketika, masalah ini  datang di depan mata, masih saja terkadang si sayaa tidak bisa menanganinya, dan bahkan terjebak kedalamnya. Terkadang kita tidak sadar, sudah melewatkan waktu begitu saja, tanpa ada sesuatu yang bisa dihasilkan. Dan bahkan tanpa ada amal yang di peroleh. Naudzubillah..

Bukan manusia namanya, jika tidak pernah salah.

Tapi kata itu tidak bisa dijadikan alasan, untuk terus berbuat salah dan membiarkan waktu  – waktu yang kita punya terbuang percuma. Biasanya kita sadar akan pentingnya waktu, ketika kita sedang berada pada waktu – watku sibuk. Ketika semua tugas, pekerjaan dan kegiatan kita harus diselesaikan dalam waktu yang bersamaan. Dan pada saat – saat seperti itu kita sering bilang

Andai punya waktu sehari saja buat istirahat dirumah, pasti akan dimanfaatkan dengan sebaik – baiknya.

Nah lho…tapi ketika waktu luang itu datang, kita sering lupa dengan tekad dan niat yang kita ucapkan di waktu sibuk. Karena pada hakikatnya, manusia memang sering lupa karena dua hal, yaitu waktu luang dan kesehatan.

Dan pantaslah, Allah sebut manusia dalam kerugian, kecuali orang – orang yang beriman, mengerjakan amal shaleh, saling menasehati dalam menaati kebenaran, dan salaing menasehati dalam kesabaran. (al-‘ashr : 1-3).  Padahal kita sama – sama tahu, waktu adalah modal kita berada di dunia. Dengan nikmat waktu yang diberikan Allah inilah kita bisa meraih surga Nya kelak.

Dari buku “10 Kebiasaan Manusia Sukses Tanpa Batas” yang saya baca ada beberapa langkah cara menghindarkan diri dari hal – hal yang dapat menyebabkan waktu kita terbuang percuma :

1. Pelajari kembali tujuan, rencana, dan prioritas kita

2. Letakkan tujuan – tujuan kita pada sebuah rencana periodik atau program kerja.

Di Organisasi, kita sering buat program kerja dalam satu periode kepengurusan. Mesti melakukannya sesuai dengan timeline yang telah ditetapkan. Kenapa tidak, rencana seperti itu juga kita terapkan pada diri sendiri. Sehingga tujuan hidup kita jelas. Hal itu bisa kita buat dalam satu tahun, satu bulan, atau satu minggu ke depan.

3. Buatlah daftar pekerjaan yang akan dilakukan setiap hari.

Setelah tujuan – tujuan, rencana dan prioritas kita jelas. Dan kita telah buat rencana periodik satu tahun, satu bulan atau satu minggu kedepan. Nah, rencana – rencan itu bisa dipecah menjadi daftar pekerjaaan yang harus dilakukan tiap harinya. Yang mesti diperhatikan, harus selalu mengacu pada tujuan awal kita.

4. Atasilah semua hal yang dapat memalingkan kita dari tujuan – tujuan tersebut.

Nah, ini biasanya yang banyak ditemukan dan melanda banyak orang. Khususnya yang biasa bekerja didepan internet. (Pengalaman pribadi …😉 Tanpa disadari, banyak hal tidak penting yang sering memalingkan kita dari tujuan – tujuan kita. Misalnya, ketika tujuan awal ingin cari tugas, eh ternyata tanpa disadari sudah habis satu jam di facebook. Susah banget, tapi jika ingin berhasil, kita harus tegas dengan hal – hal yang bisa mengalihkan tujuan. Kita harus bisa mengontrol semua nya.

5. Manfaatkanlah waktu – waktu luang

Biasanya kita punya waktu luang ketika sedang melakukan perjalanan, menunggu dosen sebelum kuliah, atau bahkan memang saat libur kuliah atau kerja. Setiap orang punya caranya masing – masing dalam memanfaatkan waktu – waktu itu. Ketika menunggu ada yang suka mendengarkan musik, ngobrol dengan teman, membaca buku atau ada yang menghafal Al-qur’an. Dan alangkah baiknya, kita memanfaatkan waktu luang itu untuk hal yang bermanfaat juga, hasil yang kita dapat pun akan beda.

Yah, itu dia lima cara yang bisa kita lakukan agar waktu kita tidak terbuang percuma. Menulis dan mengatakannya memang gampang, yang sulit adalah istiqomah menjalankan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari – hari. Terakhir, saya berharap dan mohon doa nya agar saya dan anda semua bisa mengaplikasikannya di kehidupan sehari – hari. Agar kita tidak menjadi orang – orang yang merugi…Amin.

22 thoughts on “Waktu … dan Lagi – Lagi Waktu…

  1. pertamaxxx..
    pembalasan Onnay hehe..😆

    hmm..mengenai waktu memang menjadi susah kalo di bawa susah, menjadi gampang kalo di bawa gampang, jadi mendingan ikutin sajah, biarkan mengalir..

    –ngomong naon sih nay??hehe..😀 —

    • ya..ya..
      pembalasanmu berhasil kang..

      tapi jangan senang dulu, diriku sedang mengatur strategi yang lebih jitu, buat pembalasan..

      hmm..mengenai waktu memang menjadi susah kalo di bawa susah, menjadi gampang kalo di bawa gampang, jadi mendingan ikutin sajah, biarkan mengalir..

      Ya..ya..(sambil manggut – manggut)

  2. artikelnya bgs bgt, kebetulan saya senang dengan topik ini. kita memang harus selalu bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik2nya karena waktu yang telah berlalu takkan pernah kembali lagi.

    o,ya. btw setiap berkunjung ke blog ini saya selalu meluangkan WAKTU minimal 2 ato 3 menit tuk lihat fotomu yg penuh semangat itu, g pp kan? kan ga bertatapan secara langsung hehehehe…

  3. Memang banyak banget hal yang membuat kita melenceng dari tujuan semula. Di pagi hari: hari ini pleningnya ini ini ini, eh… gak taunya siang hari ada yang ngajakin inilah itulah… pleningnya jadi tertunda lagi…😦
    Mudah2an kita bisa istiqomah dalam memenej waktu sebaik mungkin…🙂

  4. Waktu ga bisa kembali, waktu harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Pernah juga saya berandai-andai, seandainya bisa balik ke masa itu, pasti aku akan memperbaikinya hingga aku bisa lebih baik. Tapi ini jelas ga mungkin. Pernah juga berandai-andai waktu UAS, seandainya waktu berhenti barang sejam dua jam, ada waktu buat saya untuk ngelihat buku teks :hammer ….
    Ah semua ini ga mungkin, yang mungkin adalah jangan menyesali yang lalu, cari hikmah dari yang telah lalu, dan jalanilah waktu yg ada dengan perencanaan sebaik-baiknya..🙂

  5. Pingback: Mau jadi blogger gagal?? « Try To Be Better

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s