Penasaran ku berujung pada blog ini…

blogger-versus-wordpressSaya pengen berbagi buat teman – teman yang ingin buat blog, dan bingung milih wordpress atau blogspot? Coba baca ini deh, mudah- mudahan bisa dijadikan referensi.

Sebelumnya saya punya blog  di Blogspot yang  berumur setahun lebih. Dasar manusia, tidak pernah puas dengan yang ada, ketika kebutuhan akan fasilitas dan sarana di blog meningkat, saya penasaran pengen coba menggunakan wordpress. Dan dari percobaan itu saya menemukan kelebihan dan kekurangan di wordpress.

nah sekarang saya jelasin kelebihannya dulu ya :

1. Menu buat posting tulisan nya lebih banyak dan aplikatif.

Contoh kecilnya saja, untuk membuat readmore…Wordpress menyediakan fasilitas untuk menampilkan separoh tulisan kita di Beranda tidak semuanya. Sedangkan di Blogspot, fasilitas itu tidak disediakan langsung dalam menu posting nya. Kalau pengen tetap bisa seperti itu, harus diakali di html nya. Kita harus lumayan paham css dan html.

2. Fasilitas Commentnya ada space buat reply

Kita, tidak perlu buat komen baru untuk sekedar membalas komentar pengunjung. Cukup klik tombol reply atau balas yang ada, maka komentar balasan kita akan berada tepat dibawah komen pengunjung yang ingin dibalas.

3. Ada fasilitas buat page baru

Di wordpress, kita bisa menambahkan halaman baru yang otomatis akan menjadi menu baru di blog kita. Ini juga tidak saya temukan di blogspot. Seperti yang punya saya ada halaman “Kenalan Yuk”, page seperti itu bisa kita tambahkan. Sedangkan di Blogspot, jika ingin menu seperti itu, harus ngulik di HTML nya. Dan resiko gagalnya juga lumayan besar, tapi bagus buat belajar banyak CSS.

4. Ada fasilitas backlink.

maksudnya, ketika kita memasukkan link blog lain di tulisan kita, maka akan ada pemberitahuan ke blog tersebut, sehingga yang empunya blog itu tahu kita nempelin link blognya di tulisan kita. Dan ini juga tidak ada di Blogspot.

5. Dari segi tampilan, menurut saya wordpress lebih sesuai kebutuhan.

Ini pernyataannya relatif sih..

Dan ini kekurangannya :

1. Dalam pembuatan account wordpress lebih rumit dibanding blogspot.

Untuk pemula yang baru belajar ngeblog, Blogspot lebih gampang dalam membuatnya. Dan tidak terlalu berbelit – belit. Cukup dalam 3 langkah, blog kita langsung selesai. Ini salah satu alasan, ketika diawal buat blog saya pakai Blogspot.

2. Widget di Blogspot lebih banyak dan menarik.

Blogspot menyediakan banyak widget yang bisa ditempel diblog kita, biar tampak lebih menarik. Walaupun wordpress juga ada, tapi wordpress widgetnya standar.

3. Gampang ngedit html dan css nya.

 Yah, itu beberapa kelebihan dan kekurangan wordpress dibanding blospot yang saya temukan, ketika mencoba menggunakan dua – duanya. Walaupun begitu, dalam ngeblog tidak terlalu penting itu di wordpress atau blogspot, yang paling penting adalah conten yang bermanfaat, intensitas update, dan jangan lupa blogwalking. Ketika 3 hal itu sudah dilakukan, blog kamu tetap bisa eksis kok..Tetap semangat dan keep blogging..

14 thoughts on “Penasaran ku berujung pada blog ini…

  1. asw. Cun…
    ajaan Nia ngebLog Cun..
    privaTe lah Cun
    ndak ingek peLajaran kiLat Icun wakTu do…
    hayolah Cun…
    Icun baek de…..
    hehehehehehehehe.,…… ^_^

  2. Manfaat sekali artikelnya… Saya juga pertama kali membuat blog di blogspot, terakhir malah betah dii wordpress… kekurangannya yaitu wordpress terkenal anti java script jadi untuk tampilan widget terbatas sekali di banding blogspot…

  3. wahhhhh…
    di sini ada bunda dan bundo juga!!!hihihi…
    ikut nimbrung ah..😆

    adeuuhh.. si isil jadi aktipis wordpress sekarang mah heuheu.. postingannya bagus2 euy, ga kaya onnay.. masih cas cis cus..🙄

    buat web karisma dll itu pake wordpress ko..
    sekarang lagi di perbaiki, ada yg ngehack, ada malware yang masuk heuheu..😀

    salam sayang dari bandung..😀

    • haah..aktipis wordpress???
      istilah baru tuh..kang😉

      amin..mudah2n bisa bermanfaat..tapi kang onnay sama kayak bunda ni, merendah banget..padahal postingannya keren2 kok..

      berarti secepatnya kita harus ketemu, buat bicarain web itu..kalau yang crayon juga di wordpress ya kang?Katanya,istilah crayon harus di balikin ke FWJ lagi kang..

  4. Pingback: Alhamdulillah, kejutan di malam kamis « Try To Be Better

  5. isil, kita berdua menemukan kemudahan yang sama di wp, di blogspot musti gape ngedit html, aku sp beli bbrp buku cuma buat nyari info buat nambah halaman baru, belum bs juga…jadi pindah deh..

  6. Pingback: Evaluasi Blog Akhir Tahun « Try To Be Better

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s