Berani untuk Hidup Berani bangkit dan terus berjuang


Sebuah tema yang datang ketika mendengar radio MQ disuatu malam. Tema yang bisa membangkitkan semangat ku untuk bangkit dan terus berjuang. Yah,salah satunya bangkit untuk kembali menulis di blog yang semakin berdebu ini. Karena beberapa alasan sehingga membuatku selalu merasa tidak punya cukup waktu untuk mengurusinya (halah…ngeles). Sebenarnya itu semua terjadi juga karena ketidak cerdasanku dalam mengatur waktu dan pikiran. Semoga kali ini aku bisa menulis sesuatu yang memberikan manfaat bagi diriku dan yang lainnya. Amin..

BISMILLAH..

Kehidupan adalah amanah yang diberikan Allah kepada setiap manusia, tidak selamanya senang, dan tidak selamanya sedih, keberanian untuk hidup berarti berani untuk menanggung setiap masalah – masalah yang hadir dalam hidup kita. Berani untuk hidup berarti bertanggung jawab penuh atas hidup yang telah dikaruniakan Allah pada kita.

Tapi kita sering khawatir dengan kelemahan – kelemahan yang kita miliki, kita gelisah dengan kekurangan diri sehingga tanpa di sadari sering keluar kata – kata menyerah, kata – kata negative, dan kata – kata tidak bersemangat yang pada akhirnya itulah yang semakin menjatuhkan . Yah tepat sekali, itu juga yang sering si aku alami.

Gimana sih, caranya agar kita senantiasa punya semangat untuk berani hidup berani bangkit dan terus berjuang. Dari perbincangan malam di Radio MQ . Ada beberapa point yang aku garis bawahi agar bisa mencapai nya :

  1. Awali segala urusan – urusan kita dengan bismillah..

Mari kita biasakan mengawali setiap kegiatan apapun yang kita lakukan sehari – hari dengan mengucapkan bismillah. Sebuah kata yang sangat sederhana tapi sering terlupakan dan berat untuk diucapkan. Dengan mengucapkan lafaz bismillah berarti kita telah mengikutsertakan Allah pada setiap langkah dalam hidup kita. Dan ketika kita dihadapkan dengan sebuah masalah, InsyaAllah kita akan tenang menghadapinya karena kita yakin akan keikutsertaaan Allah didalamnya.

  1. Mengganti segala kebiasan buruk dengan amal dan kegiatan yang bermanfaat.

Jika selama ini kita masih lalai dengan waktu – waktu yang dikaruaniakannya sekarang mari kita ganti kesia-siaan itu denga hal – hal yang bernilai ibadah. Misalnya, jika kita masih asyik nonton FILM sampai berjam – jam maka akan lebih baik kita ganti dengan mengulang pelajaran, membaca atau menghafal quran.

Mari sejenak kita berfikir, baik buruk atau orang ekonomi biasanya menyebut untung rugi yang akan kita dapati dari setiap kegiatan yang kita lakukan. Satu contoh tadi dari nonton FILM,kira – kira apa yang akan kita dapati? Kita mendapati, waktu kita yang habis dengan percuma, mata kita akan terbiasa dengan tontonan- tontonan yang banyak memperlihatkan kemaksiatan yang akan berefek pada pola pikir kita, ketagihan untuk menonton dan menonton terus yang berefek menurunnya budaya baca. Otak kita akan malas untuk berfikir dan menganalisa yang akan berdampak menurunnya prestasi belajar kita. Dan ini akan menjadi salah satu penyebab timbulnya keputus asaan dan malas untuk bangkit dan berjuang.

Makanya kita harus mengganti kebiasan bermalas- malasan itu dengan yang lebih bermanfaat. Ini cara yang bisa kita lakukan agar setiap langkah hidup kita bisa bernilai ibadah. Dengan begitu akan lahir lah semangat untuk bangkit dan terus berjuang.

  1. Yakinlah bahwa kita dilahirkan bukan untuk jadi orang yang berputus asa.

Kita tidak dilahirkan menjadi orang yang berputus asa melainkan menjadi orang seorang pemenang. Jika kita sudah yakin dengan hal tersebut, pikiran bawah sadar kita akan membawa kita untuk berani hidup dan bangkit dan terus berjuang menghadapi segala masalah hidup kita. Kita akan selalu berusaha mencari celah dan jalan untuk keluar dari kesempitan dan himpitan masalah itu. Semangat !!!!!

  1. Sabar dalam setiap ujian dan cobaan yang datang menghadang

Yah, sabar akan memberikan spirit baru dalam hidup kita ketika ujian itu datang. Sabar adalah cara paling bijak yang bisa kita lakukan ketika mulai lelah dengan beban hidup, karena dengan kesabaran Allah akan mengirimkan, Allah akan menunjukkan cara – cara yang tepat dan indah kepada kita untuk menyelesaikan semua masala itu. Yakinlah Allah tidak akan pernah menguji hambaNya melebihi dari kemampuan hambaNya. Allah telah mengukur segalanya, tidak ada yang kebetulan, tidak ada yang tertukar, Allah akan memberikan masalah itu tepat pada saat yang kita butuhkan. Karena ujian adalah cara Allah mengajarkan kita suatu ilmu dan ketika kita bisa sabar, kita akan merasakan begitu indahNya cinta Allah itu. Mudah – mudahan kita bisa menjadi orang- orang yang sabar ketika ditimpa ujian hidup. Amin…

  1. Dan akhiri lah segala nya dengan rasa syukur (Hamdallah)

Ketika telah berusaha maksimal dalam setiap langkah hidup jangan lupa bersyukur pada Allah SWT. Syukur merupakan wujud terimakasih kita pada yang maha pemilik segalaNya, karena telah mengiringi setiap langkah kita, menjaga kita dari kesia- siaan, mengkaruniakan kesabaran dalam kesulitan dan memberikan jawaban yang indah atas segalanya. Kepada manusia ketika kita diberi pertolongan kita akan berterimakasih, apalagi kepada Allah SWT, Tuhan yang telah memelihara dan melindungi kita.

Dan dengan syukur yang terucap dari mulut ini, maka kenikmatan dan kemudahan itu akan ditambah Allah kepada kita. Jadi tidak ada ruginya kita bersyukur kan???
Mari mulai sekarang kita biasakan mengucap hamdallah ketika mendapatkan kebaikan. Mudah – mudahan Allah akan selalu memberikan kemudahan dan jalan keluar dari setiap masalah yang kita hadapi. Amin…ya rabbal alamin..

Itulah 5 point yang saya bisa saya simpulkan dari perbincangan malam di Radio MQ, mudah – mudahan kita bisa menjadi pribadi – pribadi yang senantiasa berani hidup, berani bangkit dan berjuang untuk menghadapi hidup ini. Karena hidup adalah sebuah nikmat yang tak ternilai harganya yang dikaruniakan Allah pada kita. Selagi nyawa masih dibadan jangan biarkan fikiran – fikiran negative merajai diri kita, lakukan yang terbaik untuk hidup yang cuma sebentar ini.

Oleh karena itu mari kita bangkit dan terus berjuang….

Allahu akbar….!!!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s