Awal Perpisahan Kita. . .

Berawal dari mulai pusingnya mengontrak mata kuliah untuk semester 4, akhirnya ku putuskan untuk menuliskan kejadian itu di blog ini..

Tak disangka semester 4 sudah didepan mata, tinggal hitungan hari aku akan memasuki suasana perkuliahan baru dengan matakuliah dan dosen yang baru. Mungkin ada beberapa dosen yang sebelumnya pernah mengajar ku dan ada yang memang baru ku temui. Bagi ku semua itu tidak menjadi masalah, yang penting aku bisa menjalanani kuliah dengan baik dan menyenangkan..
Dan satu point lagi, kemungkinan semester ini adalah awal dari perpisahan ku dengan beberapa teman – teman di kelas A. Ya seperti yang pernah kuceritakan pada tulisan sebelum nya tentang kelas ku, kita selalu mengontrak mata kuliah sama disetiap semesternya. Dan semester ini akan menjadi awal dari perpisahan kami.

Di semester ini aku mengontrak 8 mata kuliah dengan jumlah sks 21. 7 mata kuliah wajib dan 1 pilihan. Dari semua mata kuliah ini, ada 2 mata kuliah yang dianggap berat sehingga dianjurkan untuk tidak mengambilnya secara bersamaan. Yaitu Rekayasa Perangkat Lunak dan Sistem Basis Data.

Pada awalnya sebelum mengontrak mata kuliah, kita sekelas sudah merapatkan dan menetapkan mata kuliah apa yang harus diambil lengkap dengan dosennya. Dan akhirnya tercapailah sebuah kesepakatan.

Masalah timbul ketika kita melakukan bimbingan dengan dosen pembimbing masing – masing, ternyata ada mata kuliah yang mempunyai matakuliah prasyarat dimana mata kuliah prasyarat tersebut sudah harus dikontrak sebelum mengontrak mata kuliah itu. Akhirnya kesepakatan kelas itu harus diganti lagi, dan dengan beberapa teman yang kebetulan sedang berkumpul di depan prodi ilmu komputer kita memeras otak untuk menentukan pilihan. Dan setelah lebih kurang 1 jam berpusing – pusing ria akhirnya pilihan kita jatuh pada RPL , Sistem Basis Data dan 6 mata kuliah lainnya yang tidak terjadi perubahan.

Rekayasa Perangkat Lunak adalah mata kuliah wajib yang sebenarnya dikontrak disemester 5 dan merupakan mata kuliah prasyarat untuk mata kuliah lain seperti Sistem Informasi Pendidikan dan Sistem Informasi, sedangkan system basis data adalah mata kuliah pilihan bagi mahasiswa kependidikan. Nah permasalahannya disini, semester ini aku dan beberapa orang teman sekelas nekat untuk mengambil 2 matakuliah itu secara bersamaan karena alasan sebagai berikut :

1. Aku mengontrak mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak, karena mata kuliah ini merupakan prasyarat untuk matakuliah lain. Jadi harus secepatnya diambil agar tidak terjadi masalah ketika ingin melanjutkan. Selain itu, setelah dianalisis tidak ada lagi mata kuliah yang bisa diambil dikarenakan yang lain harus ada matkul prasyarat dan prasyaratnya adalah RPL itu sendiri.
2. Sebenarnya kontroversi nya terletak di mata kuliah pilihan yang satu ini, yaitu system basis data. Karena beberapa dari teman sekelas tidak mau mengambilnya karena pertimbangan sedang mengontrak RPL sehingga mereka mengganti dengan matakuliah E-learning yang katanya lebih ringan. Kenapa aku ngotot ngambil mata kuliah ini, karena mata kuliah ini adalah lanjutan dari mata kuliah sebelumnya yang sudah aku kontrak yaitu Basis Data. Belajar dari pengalaman mengontrak Basis Data yang dosen nya juga sama, aku menikmati menjalani mata kuliah tersebut walaupun tugasnya berat. Aku termotivasi untuk terus belajar dan berjuang ketika menjalani mata kuliah ini sehingga semangatnya bisa tertular pada matakuliah lain . Dan alasan yang sering aku ungkapkan adalah aku senang dengan system pengajaran yang diterapkan oleh dosennya.

Dan akhirnya kita sekelas tetap dengan pilihan masing – masing, ada beberapa teman – teman yang tidak mengontrak system basis data diganti dengan E-learning yang katanya lebih ringn. Yah, itu adalah pilihan tidak ada yang bisa memaksakan. Karena toh nanti kita pasti akan berpisah tergantung pilihan kita masing – masing.

Tapi satu harapanku, kita harus tetap seperti dulu, seperti ketika kita masih bersama. Tidak ada yang berubah di antara kita, kita harus tetap bersatu seperti sebelumnya.
Karena kelas A 2007 adalah sebuah keluarga bukan hanya sebuah kelas…

3 thoughts on “Awal Perpisahan Kita. . .

  1. iya,,,cun,,tw…dech,,,yg akhirnya,, tetep nekad ngontrak simbada…SIMBADA…kan dosenya pak yudi ” dosen favorit icun..”hehe…yups..semoga kelas A tetep kompak…!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s