Akhirnya Perjuangan itu Berakhir dengan Indah


Puji syukur ku panjatkan pada Mu Ya ALLAH…atas semua nikmat, pertolongan dan bantuan Mu kepada ku selama ini, khususnya dalam proses penyelesaian tugas besar basis data ku ini.

Allhamdulillah akhirnya perjuangan itu berakhir dengan indah, perjuangan menyelesaikan tugas besar mata kuliah basisdata itu akhirnya membuahkan hasil yang manis…

Aku dan 3 orang teman ku (El, Tika, Ririn dan Vera) yang tergabung dalam kelompok “Saiyosakato” memulai perjuangan itu dengan modal nekat, keberanian dan kekompakan, mungkin itu juga salah satu alasan kami memberi nama kelompok ini dengan nama “Saiyosakato” (bahasa minang) yang artinya se iya dan sekata.. dan nama itu sekaligus doa kami agar kami bisa selalu akur dan kompak dalam menyelesaikan tugas tersebut. Kalau boleh jujur kami berempat sama – sama tidak mengerti dan tidak tahu bagaimana mengerjakan tugas itu. Karena tugas tersebut baru bagi kami.., bisa dikatakan kami awam dengan yang namanya system informasi, apalagi system informasi rumah sakit yang sangat komplek dan rumit..

Tapi kami tidak pernah mau putus asa dan menerima nasib tanpa berbuat apa – apa, selama proses pengerjaan kami selalu berusaha bertanya dan pada orang – orang yang sudah berpengalaman.
Ketika proses perancangan Alhamdulillah kami tidak terlalu menemukan kesulitan yang besar walalupun tetap membuat kami mabok seperti kata pak yudi dosen yang megang mata kuliah tersebut, karena vera salah satu teman ku cukup punya pengalaman berhubungan dengan rumah sakit, dikarenakan beliau sering dirawat di rumah sakit. Begitu juga dengan pembuatan ERD, alhamdulillah diberi kemudah walaupun setelah implementasi kami menemukan banyak kekurangan di ERD tersebut..

Masalah timbul ketika proses implementasi seperti yang ku tulis diatas yaitu karena keterbatasan pengetahuan kami juga. Dan yang membuat ku semangat adalah kata – kata pak Yudi yang selalu mengatakan bahwa yang tidak punya kemampuan tinggi pun bisa menyelesaikan tugas ini asalkan ada kemauan dan usaha, dan bahkan bisa mengalahkan yang berkemampuan tinggi jika orang – orang pintar itu tidak serius. Ya kata – kata itu yang sangat ku pegang dan jadikan motivasi untuk terus melanjutkan perjuangan ini. Walaupun dengan meraba – meraba kami tetap bergerak untuk melanjutkan tugas tersebut.

Setelah selesai membuat database nya kami terhenti karena tidak tahu lagi mau mengerjakan apa dan mulai dari mana. Ditambah lagi ada info bahwa pengumpulan tugas tersebut dipercepat sehingga kami cuma punya waktu 2 minggu lagi..Saat itu semuanya bercampur aduk di fikiran ini, sampai sempat membuat ku stress dan ingin menangis melepaskan semua beban itu. Allhamdulillah ketika selesai shalat dan mengadukan semua beban tersebut pada Allah sedikit demi sedikit Allah membukakan jalan pada kami.

Kami bertanya pada salah seorang senior di Ilkom, yang akrab kami panggil bang fajri…Bang fajri membukakan fikiran kami sehingga akhirnya kami mulai memahami apa yang harus kami lakukan, dan perjuangan itu terus berlanjut selangkah demi selangkah, kami mulai membagi – bagi tugas apa yang bisa dilakukan oleh masing – masing anggota kelompok. Allhamdulillah dengan sarana yang juga mendukung kami bisa intensif setiap hari berkumpul dikosan tika buat melanjutkan perjuangan itu. Kami bisa bekerja dengan tugas masing – masing dan berdiskusi jika menemukan kesulitan. Sejak saat itu, hampir setiap hari kita selalu nginap di kosan Tika. Karena kami cuma punya waktu pada malam hari sebab kesibukan masing – masing baik di dalam mapun diluar kampus. Sehingga malam lah saat yang tepat untuk melanjutkan perjuangan itu.

Dengan sering nya intensitas pertemuan kami, akhirnya aku bisa merasakan kedekatan dengan teman – teman yang lain. Kita jadi sama – sama mengerti karakter dan pribadi masing – masing. Begitu banyak pengetahuan dan informasi yang saya dapatkan dari kebersamaan itu.
Ya banyak hikmah dan keajaiban – keajaiban yang ku temukan selama pengerjaan tugas itu. Aku merasakan keikutsertaan Allah dalam penyelesaian tugas itu. Kami merasa Allah mendampingi dan memberikan jalan ketika kami butuhkan. Dimulai dari dikirimkanNya bang fajri untuk membuka kan fikiran kami bagaimana cara mengerjakan tugas tersebut, kemudian ketika kami terhambat dengan proses searching akhirnya Allah melunakkan hati Lovi teman sekelasku untuk melihatkan contoh searching programnya yang sudah berhasil. Tidak sampai disitu saja, ketika kuliah basdat pak yudi memberikan pilihan kepada kita untuk menentukan waktu presentasi dan ternyata waktunya bisa di undur sampai menjelang uas yang otomatis kami punya cukup waktu untuk menyelesaikannya.

Kemudian, disaat kami terbentur dengan masalah tampilan yang acak- acakan karena keterbatasan kami juga akhirnya Allah mengirimkan bang Yusuf salah satu senior di ilkom yang lagi – lagi juga orang sekampung untuk memberikan solusi atas masalah tersebut. Dan Akhirnya masalah tampilan teratasi dan muncul masalah lain yaitu waktu yang semakin dekat dan tugas masih belum sempurna, sehari sebelum presentasi kami belum menyelesainya tiga fitur lagi yaitu fitur kasir, direktur dan Administrator dimana fitur2 tersebut merupakan fitur- fitur penting dalam system itu.

Dan memang pertolongan Allah itu datang disaat hambaNya membutuhkan, sehari sebelum presentasi, secara tiba – tiba pak Yudi membatalkan presentasi karena alasan yang sangat urgen dan diundur 5 hari. Alhamdulillah akhirnya dalam waktu lima hari itu kami bisa menyelesaikan sedikit demi sedikit fitur yang belum selesai tersebut disela – sela ujian akhir semester. Satu hari menjelang presentasi kami kumpul buat finishing system tersebut yang sebenarnya juga terhambat karena esoknya 2 ujian menanti. Sehingga fikiran kami terbagi antara menyelesaikan tugas dan persiapan untuk ujian. Untuk kesekian kalinya Allah membuka kan jalan, 2 ujian tersebut akhirnya ditunda dan kita bisa focus dalam pengerjaan tugas itu. Ketika hari H, kami datang sedikit telat karena sebelumnya masih dalam proses finishing.

Perjuangan belum berakhir, ketika melihat system yang ditampilkan kelompok – kelompok lain, kami sempat canggung dan grogi karena system mereka bagus -bagus, kemudian kami saling menguatkan dan menyadari bahwa system yang kami buat itu juga tidak kalah karena itu adalah hasil keringat kami bersama jadi tidak perlu minder atau rendah diri. Teman – teman dari kelompok lain juga memberi semangat untuk tetap percaya diri dan jangan takut. Ketika kesempatan itu datang, ketika kelompok Saiyosakato akan tampil pak Yudi mengatakan bahwa presentasi tidak bisa dilanjutkan karena waktu sudah menunjukkan pukul 5 sore. Jadi presentasi ditunda esok hari. Awalnya aku sempat kecewa, karena ingin cepat – cepat menyelesaikan perjuangan itu. Kemudian aku pasti ada rencana lain dari Allah dibalik semua kejadian ini, karena tidak ada satu pun kejadian didunia ini lepas dari kendaliNya.

Ya ternyata Allah masih menginginkan kami tampil maksimal dalam presentansi itu sehingga kami masih diberi kesempatan untuk memperbaiki program kami agar semakin sempurna.

Aku merasa saat itu Allah berkata padaku “ kelompok mu belum pantas untuk tampil hari in isil, karena masih banyak yang harus disempurnakan lagi. Aku menginginkan kalian lebih dari itu, dan Aku beri kesempatan kalian untuk menyempurnakan tugas kalian, tolong jangan – jangan sia – sia kan kesempatan yang telah Ku beri ini”. Jika kita bisa mendengar Allah kira – kira seperti itu yang Ia katakan saat itu. Dan bahasa Allah lebih indah dari sekedar perkataan itu, Allah mengajak kita berkomunikasi dengan memberikan masalah kepada kita agar kita bisa menangkap maksud dari datangnya masalah tersebut.

Pertolongan Allah itu tidak sampai disitu saja, dalam satu hari itu fikiran ku juga terbagi antara menyempurnakan tugas dan belajar buat persiapan ujian besoknya. Disaat aku bingung untuk focusyang mana, Allah membukakan jalan dengan membalikkan hati Bu Datau sehingga menunda ujian logika informatika dan aku bisa melanjutkan penyempurnaan tugas itu.

Dan akhirnya hari bersejarah itu tiba, hari dimana kami akan menampilkan system informasi rumah sakit yang telah mengganggu fikiran kami beberapa bulan ini. Cuma sisa empat kelompok lagi yang belum tampil, ketika itu kami juga belum tahu jadwal pasti presentasi, karena pak Yudi cuma berpesan “tolong hubungi saya kalau kalian sudah siap dan saya akan menetukan waktu dan tempat kita presentasi”.

Sesuai amanat, pukul 1 kita mencoba menghubungi handphone pak Yudi dan tidak ada jawaban, kemudian akhirnya ada sms dari hp Beliau yang mengatakan bahwa HP pak Yudi ketinggalan dirumah, cek saja beliau di Lab Basdat. Dan ketika kita siap – siap buat berangkat pukul 1.30 WIB datang sms dari salah satu teman dari kelompok lain mengatakan bahwa presentasi saat itu juga dan pak Yudi Cuma bisa menunggu sampai pukul 2.00 WIB.

Kami langsung berhamburan lari dari kos Tika menuju gedung Ilmu Komputer karena takut telat. Ketika sampai di Lab Basdat Alhamdulillah belum ada kelompok yang datang dan pak Yudi masih ada disana. Dimulai lah presentasi bersejarah itu, aku yang mengoperasikan laptop dan vera yang menjelaskan. Selama presentasi tidak banyak komentar pak Yudi tentang system kami beliau hanya mengomentari mengenai tampilan dan penggunaan bahasa dan sesekali menganggukkan kepala mendengar penjelasan vera.Di akhir presentasi pak Yudi mulai berkomentar, masih lekat di ingatan ku kata – kata yang ia lontarkan

“Bagus, produk kalian bagus sudah sesuai dengan yang saya minta paling tulisan yang ada di pinggir itu terlalu kecil sehingga tidak terlihat jelas bacaannya, sebenarnya kalian bisa memanfaatkan keseluruhan lembaran yang ada disamping itu dan yang tidak penting bisa dihilangkan seperti gambar wanita itu”.

Kira – kira seperti itu komentar dari Beliau, ketika mendengar kata “bagus” yang pertama keluar dari mulut beliau, rasanya semua beban yang selama ini kami pikul jatuh dari pundak ini. Semuanya terasa ringan dan plong.. Lega memang ketika perjuangan kita bisa berakhir dengan indah.

Yah itu tadi cerita perjuangan menyelesaikan tugas basisa data kelompok saiyosakato…
Dan aku ingin mengucapkan terimakasih yang sebesar – besarnya kepada seluruh pihak yang telah memberikan semangat, doa, ilmu dan motivasinya kepada kami sehingga kami bisa menyelesaikan tugas ini..Thanks to Allah SWT yang memberikan kami kemudahan dan kelapangan, My family Ibu Papa dan Kakak atas doa dan semangatnya, maaf sil jadi jarang menelpon pulang karena menyelesaikan tugas ini, Pak Yudi terimakasih atas tugas nya yang bisa membuat kami berlatih mengerjakan sebuah proyek system informasi, buat bang Fajri dan Bang Yusuf atas sumbangan ilmu nya, lovi teman sekelas ku yang baik hati, tidak sombong dan rajin menabung (huh..lebay) atas kemurahan hatinya, Nia yang selalu menyemangati kami maaf Nia jadi terabaikan oleh ririn karena tugas ini, teman satu kos ku, Ayu, Ega Lia dan Rani yang selalu kehilangan ku tiap malam karena sering menginap di kos Tika, dan keluarga besar FOSMI yang sudah paham dan mengerti dengan kami, teman – teman kelas A tempat ku sharing ilmu dan cerita tentang tugas – tugas kita..Alhamdullillah semua kita bisa berhasil menyelesaikan tugas ini dan tidak ada satu pun diantara kita yang tidak presentasi..Keep Kompak ya..Dan terakhir seluruh pihak yang tidak bisa dituliskan satu persatu, yang pasti terimakasih banyak dan jangan pernah bosan untuk membagi ilmu dan motivasinya kepada kami karena kami sangat membutuhkannya.

Terakhir buat teman – teman Saiyosakato yang baca tulisanan ini, Alhamdulillah perjuangan kita telah selesai dan berakhir dengan indah. Kita boleh senang dan bahagia tapi jangan sampai dalam kebahagiaan itu kita melupakan keberadaan Allah. Mudah – mudahan kita bisa menjadi hamba Allah yang selalu bersyukur ketika diberi kenikmatan dan menjadi hamba Nya yang sabar ketika diberi masalah. Tetap ikut sertakan Allah dalam setiap langkah kita dan masih dalam Saiyosakato kita lanjutkan perjuangan ini ke Sistem Basis Data di semester depan.
Hayo kita buktikan bahwa kita bisa…


SEMANGAT….GANBATE

Semangat Basdat …!!!!

Allahu Akbar..!!!!!!!!

11 thoughts on “Akhirnya Perjuangan itu Berakhir dengan Indah

  1. assalamualaikum.. duh cun..tetep SEMANGAT..ya..ucy iri dengan semangat icun yang menggebu2… ngadepin basdat..tw..tw..yang matkul dosen favoritnya..hehehe..

  2. asw. Cun…speechless Nia, Cun…………tau ndak Cun??Nia, Cuniang suruah ma agiah commenT di bLog Cuniang gra2 kok takuik ado kesaLahan EYD/tata bahasa,tapiiiiii………tau ndak Cun??ado haL2 di dunia ko, yg memang ndak membuTuhkan tata bahasa, etika bahasa, aTo haL2 semacamnya lah. haL2 tsb lah kaLah dek yg namonyo haTi!Cuniang tu lah menuLis pakai hati, nurani (tapi ndak HANURA do lah), jd insya aLLah sia yg mambaco bLog Cuniang pakai hati, pasTi bkaL jd penggemar seTianyo mah. [kyak Uci tuh!]hehehehehe……jujur Cun, Nia lun bisa kyak Cuniang lai,[tp bkaL tetep mencoba,]bdw, jd kaLian buek bLog fosmi, ikuik Nia ciek lah, bia baraja lo Nia buek bLog.hhhmmmmmmmmmm……t’akhir,semangaT ngarajoan SimbaDa ma RPLnya Cun…GANBATE.ps: paragraf ke tiga, seharusnya, aku dan empat orang temanku. ^_^

  3. @nia : thanx nia,akhrny nia kunjungi blog cin..Tp EYD hrs ttp djgo kn nia biar smkin dpet..Makash,mdh2n bs ttp smgt mgrjoan smbda dan rplIyo blog fosmi hrs tetap jdi,bia wak bs saling komunikasi dstu..Iyo ranck t cubo2 lo lah buek blog nia,biar bkatny trsalurkan..

  4. subhanallah,,te2h mau blajar nulis ahh ke isil..
    bahasany ringan,,enak dibaca sill..

    teh suka sm isiny,,terharuuuu…
    trimakasih utk smangatny..🙂

    • hai teh cit..
      makasih atas kunjungannya..

      wah teh cit berlebihan nih..
      padahal sil baca tulisannya masih amburadul…
      awam banget teh..sil juga lagi proses belajar nih teh..

      yups sma2 teh..

  5. Pingback: Dosen pun ikut Ngeblog « Try To Be Better

  6. Pingback: Inilah Perjuangan Kami, Para Saiyosakatoer’s… « Try To Be Better

  7. Pingback: Inilah Perjuangan Kami, Para Saiyosakatoer’s… | Tsamaratul Janniah's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s