sebuah Kesendirian

Sendiri….

Bagi sebagian orang

Sendiri adalah sepi

Sendiri adalah mencekam

Sendiri begitu menakutkan

Dan sendiri sangat lah dingin

Tapi bagi sebagian lain

Sendiri itu inspirasi

Sendiri itu sumber akal yang sehat

Sendiri itu merenung

Sendiri itu berfikir

Dan dengan sendiri lah timbul ide yang cemerlang

Itulah dua makna kesendirian yang sangat bertolak belakang, tapi ya itulah sendiri. Tidak ada yang salah dari tulisan diatas, semua nya benar tergantung dari sudut pandang mana kita menilainya.

Kita tidak bisa hidup dengan kesendirian karena kita diciptakan sebagai makhluk social yang kodratnya saling membutuhkan satu sama lain. Ketika kita sendiri, jauh dari keluarga, teman dan sahabat kita akan merasakan kesepian. Sehingga kerap kali kita merasakan kerinduan pada mereka. Tapi terkadang dengan kesendirian itu pula kita mendapatkan sebuah pencerahan.

Dengan kesendirian itu kita baru menyadari betapa berharga nya sebuah kebersamaan yang sering kita sia – sia kan. Kita juga butuh sendiri, untuk merenungkan semua dosa yang pernah kita lakukan ketika berada di keramaian.

Kerap kali ketika sedang dikeramaian atau bersama kita lupa dan tidak sadar dengan perkataan yang melukai hati teman, kita tidak tahu dengan perilaku kita yang membuat teman kita kesal. Itulah gunanya sendiri, karena dengan kesendirian otak kita akan lebih bisa berfikir jernih untuk membaca semua kesalah yang pernah kita lakukan.

Itu yang terjadi pada ku sekarang, selama ini dengan kesibukanku di organisasi, kuliah dan amanah-amanah lain, aku tidak punya waktu untuk merenungkan apa yang telah aku lakukan selama ini. Aku tidak punya waktu untuk menilai apakah prilaku ku ada yang menyakiti hati teman – teman ku…

Dan dari sebuah kejujuran seorang sahabat, aku disadarkan,…

ternyata selama ini ada prilaku ku yang membuat sahabatku kecewa dengan ku..

Pada awalnya ketika beliau menjelaskan kesalahan yang telah aku lakukan itu, aku selalu memberikan alasan dan pembelaan atas kesalahan yang telah aku lakukan ..Aku merasa tidak salah sedikitpun..Itulah manusia tidak pernah mau kalah, dan disalahkan………..

Dan ketika aku mencoba merenung dalam kesendirian, aku baru menyadari ternyata aku telah menzolimi sahabat ku yang sangat baik dan percaya padaku…..

Aku telah membuat nya kecewa…

Disaat kesendirian baru aku menyadari, betapa berharga nya seorang sahabat, betapa indahnya kebersamaan itu…

Sahabatku yang kucintai karena Allah tolong maafkan teman mu yang tidak pernah menyadari kesalahan nya ini……..

Berilah maaf pada orang yang angkuh ini…

Karena pertemanan kita sangat lah berharga bagiku…..

Ya Allah ampunilah hamba mu yang lemah ini, hambaMu yang tidak pernah menyadari kesalahannya….

Hanya ampunan Mu yang ku harap ya Allah…..

3 thoughts on “sebuah Kesendirian

  1. S.E.N.D.I.R.Iterkadang kata itu begitu menyeramkan bagiku..walau aku sadar kita tak kan pernah luput dari SENDIRI…tapi anehnya…terkadang aku menikmati sendiri… meyelami pikiran dan tentang apa yg aku rasakan…yach..terkadang itulah salah satu keindahan H.I.D.U.P ………………………………………penuh dosa…itu yg kurasakan saat ini..merasa keramaian itu berharga ketika merasa sendiri…merasa sendiri itu berharga ketika kita tak mampu pergi dari keramaian..manusia sering merasa tidak puas dengan apa yg telah IA beri…akan tetapi, sering ingkar akan nikmatNYA…………………………………………perkata….perbuatan..yg terkadang tanpa sadar telah menyakiti orang yg kita sayang…TAPI…rasa angkuh itu datang dan membuat kita enggan mengucap kata MAAF…emosi begitu dahsyat meluap…merasa diri benar…walaupun sejatinya hal itu menyakiti diri sendiri…berlaku seperti biasanya, seolah-olah hal tersebut tak pernah terjadi..terkadang jalan itu yg ku ambil…KARENA KEANGKUHAN itu ada dalam diri ini…astagfirullah…AMPUNI aku ya ALLAH…salam sayang untuk semua teman2ku..

  2. wuih…ternyata ucy juga bisa berpuitis ria..bagus banget cy…tahu nggak ucy, tulisan ini cin bwt waktu kita lagi ada salah paham dulu..msh inget nggk???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s