UJIAN BA’DA ASHAR

saya menulis kisah ini bukan karena ingin riya atau dikasihani oleh pembaca melainkan semata-mata agar kita bisa sama-sama belajar dari kejadian ini

Seminggu yang lalu, tepatnya hari jum’at tanggal 18 juli 2008 aku mendapatkan sebuah pelajaran yang sangat berharga. Tanggal dan hari itu nggak akan pernah saya lupakan karena tanggal itu adalah tanggal yang sangat bersejarah dalam hidup si sayah. Kejadian itu berawal ketika saya pulang kuliah etika profesi TI dan shalat ashar di mesjid Daarut Tauhid. Kebetulan saya membawa dompet yang didalamnya berisi uang sejumlah 200 ribu, ATM, KTM dan semua surat-surat penting seperti KTP, surat keterangan domisili, garansi laptop, kartu anggota perpustakaan DT dan beberapa foto2 semasa SMA bersama sahabat-sahabat.

Sebelumnya saya tidak pernah membawa dompet itu kemanapun pergi, ntah angin apa yang datang sehingga spontan saja tangan ini mengambil barang yang berwarna coklat itu ketika hendak kuliah. Lagi-lagi saya melakukan hal yang nggak pernah  dilakukan sebelumnya, yaitu meletakkan tas di tempat shalat ketika wudhu, saya melakukan hal itu bukan tanpa alasan melainkan karena pada waktu itu si sayah bawa Al-Qur’an yang nggak mungkin dibawa ke tempat wudhu.

Ketika hendak melangkahkan kaki ke tempat wudhu, saya punya firasat yang kurang baik. Karena merasa tidak aman meninggalkan barang berharga disembarang tempat, Akhirnya saya putuskan untuk membawa dompet itu. Selesai wudhu saya letakkan dompet  kedalam tas lagi karena jika masih dalam kantong pasti akan menghalangi shalat. Ketika shalat sekali-kali fikiran ini melayang ke dompet itu. Itulah pekerjaan syaitan yang selalu mengacaukan fikiran manusia – manusia yang lemah imannya seperti saya ini. Ketika selesai shalat saya pergi menghampitri 2 orang teman Ucy dan Weni.  saat itu aku melihat salah satu saudari ku Weni, lagi bersedih karena mendapatkan nilai yang kurang memuaskan..Aku dan Ucy berusaha menghiburnya dan menyarankannya sabar karena sebagai seorang saudara sudah seharusnya lah kita saling menolong dan menasehati. Dengan semangat yang menggebu – gebu aku menjelaskan mengenai ilmu ikhlas dan berserah diri pada Allah seperti yang dikatakan aa gym pada pengajian ma’rifatullah malamnya. Ketika sahabat ku itu sudah mulai bisa menerima masalah yang dihadapinya,  secepatnya kita bergegas pergi ke mesjid At-taqwa, karena waktu pada saat itu telah menunjukkan pukul 15.30 yang berarti kita hampir telat, karena acaranya dimulai tepat pukul 15.30.

Ketika mengambil tas, saya melihat resleting tas terbuka padahal sebelum shalat saya sangat yakin sudah menutupnya, jantung mulai berdetak kencang nggak karuan dan mulai merogoh tas dalam-dalam, mencoba memeriksa apakah semua isi tas lengkap. Dan tiba – tiba semua darah saya serasa turun dari kepala ketika saya tidak merasakan keberadaan dompet yang ukuranya cukup besar didalam tas itu. Fikiran saya mulai sedikit kacau dan  merasakan sesuatu yang aneh didiri ini yaitu perasaan yang hampir sama ketika setahun yang lalu aku kehilangan HP di Alun-alun. Ditambah lagi dengan semua uang yang saya miliki berada di dompet itu begitu juga dengan ATM dan KTM . Sehingga pada saat itu saya nggak memegang uang satu rupiah pun.

Bersyukur perasaan itu hanya menghantui saya tidak kurang dari lima menit karena saya langsung ingat pelajaran yang disampaikan aa’ gym malam nya yaitu mengenai surat al-ikhlas yang berbunyi seperti ini

“Qulhuwallahu ahad, Allahushomad……….” Yang artinya

“Katakanlah (Muhammad), Dialah Allah Yang Maha Esa. Allah lah tempat meminta segala sesuatu…..”

Maksudnya hanya pada Allah lah tempat kita bergantung dan meminta segala sesuatu. Segala yang terjadi didunia ini tidak ada yang kebetulan dan semua nya pasti baik buat kita, karena Allah tidak akan pernah menyia-nyiakan hambanya, selalu ada hikmah yang besar dibalik kejadian itu terkadang yang menjadikan hal itu buruk adalah kita sendiri karena kita tidak bisa menyikapinya dengan bijak.

Hal itulah yang saangat saya pegang saat itu sehingga menyerahkan sepenuhnya pada Allah,saya yakin Allah punya rencana yang indah dan Alhamdulillah Allah memberi saya ketenangan dalam menghadapi musibah itu. Sehingga saya bisa memikirkan langkah yang harus dilakukan secepatnya, yaitu memblokir ATM yang hilang, beruntung saya didampingi oleh sahabat-sahabat yang sangat peduli. Mereka bisa menenangkan saya dan mengusahakan segala cara untuk memblokir ATM itu, sampai-sampai ketika menelpon BNI pulsa Ririn mencapai nol rupiah dan telepon nya terputus sebelum ATM terblokir. Alhamdulillah akhirnya ATM itu bisa di blokir secepatnya .

Terimakasih ya Allah satu masalah selesai. Semua itu juga atas bantuan 3 orang saudari itu. Terimakasih ukhty,. Atas semua bantuan nya, saya bisa merasakan alangkah indahnya ukhuwah itu. Saya juga ingat aa gym pernah bilang

Jangan pernah mengeluh dengan apapun yang kita hadapi seperti ketika kita sakit terkadang kita sering mendramatisir sakit yang kita alami seolah –olah kita begitu menderita agar orang mengasihani kita padahal dengan mengeluh penyakit itu juga tidak akan berkurang. Malah akan bertambah karena Allah itu sesuai dengan prasangka hambaNya.

Itu yang membuat saya memaksa ketiga teman itu pada awalnya untuk tidak mengatakan hal itu kepada siapa pun cukup lah saya dan mereka bertiga yang tahu kejadian itu, karena dompet itu nggak akan balik dengan mengatakan nya pada orang lain bahkan hanya akan membuat diri ini tidak ikhlas menerima kejadian itu.

Seperti yang saya katakan di awal tulisan ini saya menulis ini agar kita bisa mengambil hikmah dari kejadian ini dan tolong doa kan saya mudah-mudahan tidak ada terselip riya di dalam hati ini. Amin.

Akhirnya kami tetap melanjutkan perjalanan kami untuk mengikuti sekolah tutor, aku tidak mau kehilangan ilmu hanya karena kejadian itu. Diperjalanan ke at-taqwa Ririn memberi saya pinjaman uang karena dia tahu saat itu saya tidak memegang uang sepersen pun..

Terimakasih ya Allah, satu persatu Allah tunjukkan jalan keluar dari semua masalah saya, dan satu lagi jalan keluar yang ditunjukkan Allah yaitu keesokan harinya tiba- tiba saja ada seorang karyawan Yomart di Gerlong Hilir menelpon teman satu kos saya, yang mengatakan bahwa dompet saya ada di toko nya. Walalupun uang yang 200 ribu tidak kembali tapi saya tetap berrsyukur atas semua jalan keluar yang diberikan-Nya. Begitulah Allah memberikan ujian kepada hambaNya agar kita bisa membaca hikmah dibalik semua itu. Kalau kita sabar menghadapi semuanya Allah pasti tunjukkan jalan keluarnya. Selain itu hikmah yang bisa saya ambil dari kejadian ini bahwa

kita harus yakin sepenuhnya kalau rezeki sepenuhnya berada ditangan Allah, tidak perlu cemas ketika harta kita diambilNya karena harta itu hanya titipan Nya pada kita. Apakah pantas tukang parkir marah ketika mobil yang diparkir ditempatnya di ambil pemiliknya???begitulah kita..Kita ibarat tukang parkir di dunia ini.

Terimakasih ya Allah atas semua pelajaran yang telah Kau berikan padaku, begitu banyak ilmu yang bisa aku ambil dari kejadian ini. Mudah-mudahan keimanan ku bisa bertambah dengan kejadian ini sehingga derajat ku bisa meningkat di sisiMu.Amin….

10 thoughts on “UJIAN BA’DA ASHAR

  1. wah,,,, tak saya sangka mbak isil bisa setegar itu ya !kalo saya sih, masalah sepele saja bisa jadi gede. Bahkan karena tutup pulpen saja, saya bisa naik pitam (percaya gak ?)Tidak hanya Harus ridho terhadap ketentuan dJJI, tapi pelajaran lain adalah :– Selalu antisipasi kejadian terburuk – jangan terlalu ‘husnudzon’– Simpan tas di depan tempan solat kita.

  2. #RisyanaTegar…He..hheIya,benar sekali, kita juga harus antisipasi kejadian terburuk, dan menyimpan tas didepan tempat sholat..Terimakasih sarannya..

  3. asw…cun..hebat tu bisa cerita…———————————————-maaf yah..waktu itu…karena ucy juga… icun…jadi tenang2 aja nyimpen tas…itu karena ucy suka ceritakan klo ucy ngerasa aman2 aja nyimpen tas di DT…hihihi…M.A.A.Ftapi,… ga tw juga ya..cun..ucy terkadang ga kapok dengan kejadian yg udah menimpa icun (ye ileh..bukan mengharapkan kejadian ya..)klo ucy sih, di tempat sholat kayak gitu…bawaan nya pasrah…klo nyimpen barang…walaupun dah banyak cerita2 semacam itu..ga baik juga ya..ucy mo cerita cun…(mf ga minta izin dlu…)———————————————-teh rini..anak kostan ucy sering banget dapet ujian hilang barang…tapi, dia selalu tegar dan bisa mengatasinya…yah..walaupun sedih pastilah..tapi, dari sana ucy mengambil hikmah klo ALLAH memberikan kasih sayangNYA pada teh rini melalui ujian tersebut…karena ALLAH tw klo teh rini pasti bisa melewatinya..itu juga yg membuat ucy semakin percaya apa pun yang terjadi pada kita itu tentu KEHENDAKNYA, dan jika kasih sayangNYA datang dalam bentuk ujian maka hanya kita lah yang sanggup menghadapinya…oh..ya..ust.fir pernah bilang ” ujian dari ALLAH merupakan salah satu jalan untuk mengugurkan dosa apabila kita bersabar-( sabar itu pada benturan pertama)-“.. ———————————————-subhanaAALLAH..cara IA menunjukkan rasa sayangnya pada HAMBA-HAMBANYA..semoga kita termasuk dalam orang2 yg menyadari kasih sayangNYA…Amin…

  4. ya, ucy masih ingat ya kejadian itu???Benar cy, sekarang kita harus lebih hati -hatinggak bloh ceroboh lagi..itu adalah teguran dari Allah biar cin bsa lebih hati -hati lagi

  5. luar biasa sil…

    hampir sama ma hpnya c’dani di notesnya adit. hehehhe
    saya jadi inget ama perasaan was-was yang terjadi padamu sebelum kehilangan dompetmu. dan perasaan curiga itu menjadi kenyataan, barangnya hilang. jadi klo sekarang ada perasaan itu, saya jadi lebih hati2. kadang ketika nyimpen sesuatu trus ditinggal, trus ada perasaan itu saya memilih balik lagi dan membawanya ato dititipin

  6. #1. Mengintip awal-awal postingan adekku. Adah kisah sedih yang menjadikan saya lebih dewasa dan mengerti bagaimana menjalani hidup. Bersama teman yang selalu mendampingi, masalah akan tersa ringan. Titip salam untuk sahabat-sahabat yang telah membantumu.

    • makasih mas ku yang sudah baca tulisan jelek jelek adikmu ini.
      tata bahasanya masih kacau mas…hehe
      jadi malu..

      alhamdulillah, bisa bermanfaat..
      yups..nanti salam nya diriku sampaikan…

Leave a Reply

