Dosenpun Ikut Ngeblog

Berawal dari kunjungan saya ke Facebook salah seorang dosen di ILKOM, yaitu ibu Rosa, berlanjut kunjungan ke blog si IBU. Dan akhirnya, saya menemukan banyak link – link blog dosen – dosen yang ternyata juga ngeblog baik itu blog dosen saya yang ada di ILKOM UPI,  maupun blog dosen – dosen ITB.

ini nih daftar blog beberapa dosen yang sempat saya kunjungi

1. Blog bu ROSA dengan Suaminya

Awal kenal blog ini, beberapa bulan yang lalu. Ketika dapat link dari salah satu dosen, yang mengatakan akan ada dosen baru di ILKOM. Ketika berkunjung, wah surprise ternyata Ibu  yang satu ini juga aktif nulis buku – buku IT dengan suaminya. Dan akhirnya saya ingat, ternyata buku nya juga sudah terlebih dahulu saya koleksi sebelum tahu orangnya.

Isi blognya juga ga serius – serius amat. Beragam, dari kehidupan sehari – hari sampai tugas kuliah ada disini.

2. Blog pak Yudi Wibisono

Nah, bapak yang satu ini, adalah salah satu dosen favorit saya. Saking butuh perjuangan kuliah di matakuliah yang di ajar si Bapak, sampai – samapi saya menghasilkan tulisan ini karena puas menyelesaikan mata kuliah itu.

Dan ini juga tulisan sebelumnya yang saya dedikasikan, untu guru – guru yang menginspirasi saya. Salah satu nya pak Yudi.

3. Blog pak Budi Rahardja

Kalau bapak yang satu ini adalah dosen Teknik Elektro ITB. Saya cuma kenal nama beliau, dari buku – buk IT yang sering saya pakai dikuliah. Pas dilihat – lihat, Page Rank blog ini sudah 5. Waw, subhanallah, beliau orang yang sangat rajin ngeblog. Setiap hari, pasti ada yang diposting, walaupun mengenai foto – foto yang beliau ambil di hari itu.

Bener, keren banget. Walaupun statusnya sebagai orang yang sangat sibuk dengan begitu banyak aktifitas, dosen, sering jadi pembicara juga, menulis buku, tapi ia masih sempat update blog.(how about me..??  :-)  )

Hmm, dan blognya juga tidak serius amat. Selalu menulis dengan bahasa yang ringan dan hangat.

4. Blog pak Rinaldi Munir

Hampir sama dengan pak Budi raharjo, dosen ITB yang satu ini, saya tahu namanya dari buku – buku IT yang ia tulis. Hmm, ternyata oh ternyata ia adalah ‘urang awak’ yang merantau ke Bandung. Dan sekarang, sangat senang mengajar di Teknik Informatika ITB.

Dari baca – baca blognya, dosen yang satu ini juga sangat kreatif. Banyak tulisan yang ia hasilkan dan blognya cukup rame juga.

Itu 4 blog dosen yang saya kunjungi malam ini. Ada banyak pelajaran dan ilmu yang bisa saya ambil dari blog – blog mereka. Saya belajar bahwa

Walau sesibuk apapun, mereka tetap menyempatkan diri untuk berbagi dan menulis.

Dua kata kunci yang saya garis bawahi disini adalah berbagi dan menulis. Tidak menutup kemungkinan, seorang dosen dengan kesibukannya yang seabrek, tetap berbagi di blog. Hal itu terbukti dari blog – blog mereka. yang kedua adalah menulis. Hampir kebanyakan dari mereka adalah penulis buku. Dan, minat itu memang harus terus di latih agar terlatih dan menghasilkan karya – karya besar.

Dan yang terpenting, semoga saya bisa mencontoh hal – hal positif yang bapak dan ibu dosen ini lakukan. Berharap saya juga bisa menginspirasi siswa – siswa saya ‘nantinya’ dengan tulisan – tulisan yang saya buat diblog ini.

 

21 thoughts on “Dosenpun Ikut Ngeblog

  1. senang ya Sil saat menemukan blognya para dosen kita.

    Bundo juga ketemu beberapa, baru ngeh juga belakangan
    ternyata mereka dah pada duluan ngeblog
    xixi, ketinggalan deh :D

  2. Jujur Sil …
    Pada tahap-tahap awal saya nge blog
    Blognya pak Budi Rahardjo itu menjadi acuan saya
    Dan semakin takjub saya … ketika mengetahui bahwa … Beliau juga seroang pemain Band

    Salam saya Sil …

  3. Beberapa dari dosen saya juga ada yang ngeblog. kemaren dah sempet juga buatkan tutorial untuk beberapa dosen yang minta tolong. Mereka yang sibuk saja masih sempat ngeblog, semoga semakin terpacu untuk menulis. :)

Leave a Reply

